10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

pekerjaan dengan gaji tertinggi di indonesia

Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia Perlu Diketahui

Tidak hanya negeri barat, ternyata ada juga jenis pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia. Bahkan beberapa contohnya sudah bekerjasama dengan pihak asing. Tentu saja penghasilan para karyawannya bernilai Dollar. 

Dalam satu bulan seseorang pegawai biasa dapat mengantongi minimal 10 juta. Bayangkan kalau Anda mampu menduduki jabatan tinggi. Mungkin uang gaji mencapai angka ratusan juta hingga milyaran Rupiah. 

Belum lagi bonus tambahan seperti uang lembur atau keberhasilan suatu proyek. Tentu setiap tim mendapat keuntungan lebih. Adapun sektor-sektor yang dianggap mempunyai pendapatan tinggi seperti pertambangan, keuangan, konstruksi, perminyakan, dsb.

Meskipun bayarannya besar tetapi beban pekerjaannya juga tidak sepele. Setiap karyawan pasti memiliki tugas masing-masing berdasarkan jabatan. Oleh sebab itu kita harus memenuhi tanggungjawab tersebut. 

Baca juga: Pekerjaan dengan Gaji Tinggi untuk Wanita Anti Diskriminasi

5 Jenis Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia 

Lima daftar pekerjaan dengan gaji tertinggi dan paling diminati masyarakat. Untuk masuk ke sana butuh perjuangan besar. Ada seleksi ketat beserta tes-tes sulit, syarat dan kualifikasinya juga tidak main-main. 

Hal ini bertujuan supaya perusahaan tersebut mendapatkan calon pegawai terbaik. Selain itu mereka juga mempunyai sikap pekerja keras, disiplin dan bertanggungjawab. Berikut adalah contoh sektor-sektor yang bisa Anda masuki:

1. Sektor Minyak dan Gas

Kalau ada anak tetangga bekerja di sektor perminyakan, pasti orang sekitar akan terpukau. Mereka hebat karena perkiraan gaji di sana sangatlah besar. Apalagi jika orang tersebut berjabatan tinggi. 

Indonesia merupakan negara subur dan kaya raya. Sumber minyak buminya sangat berlimpah sehingga banyak negara asing mendirikan perusahaan. Pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia dibuka untuk posisi penting seperti Petroleum Engineer atau Ahli Geologi.

Perkiraan gaji fresh graduate mulai 8 sampai 15 juta. Lulusan baru dengan latar belakang pendidikan teknik kimia, pengetahuan alam, Geologi dapat mencoba lowongan tersebut. 

2. Perusahaan Tambang

Sektor pertambangan menawarkan gaji fantastis sampai puluhan juta. Upah minimum bagi karyawan biasa diperkirakan 6 sampai 8 juta Rupiah. Jenjang kariernya juga jelas dengan banyak peluang untuk naik jabatan. 

Ranah pertambangan memiliki beban dan tekanan besar. Anda harus siap jika dipindahkan ke luar pulau seperti Kalimantan. Belum lagi karyawan menghadapi tantangan di lapangan dengan jam kerja tidak beraturan. 

3. Dokter Ahli atau Spesialis

Dokter adalah contoh pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia. Pantas saja jika profesi ini sering dicita-citakan oleh anak-anak sekolah. Selain berpenghasilan besar, seorang dokter juga mengemban tugas mulia. 

Mereka dapat praktek di rumah sakit maupun membuka klinik sendiri. Untuk upah rumah sakit negeri berkisar 10 juta sedangkan 50an juta untuk rumah sakit swasta. 

Pendapatan tambahan didapatkan oleh dokter spesialis melalui praktek mandiri. Biasanya mereka membuka jadwal praktek di rumah masing-masing sepulang dari rumah sakit . Namun menjadi spesialis sangatlah sulit dan saingannya ketat.

4. CEO atau C-Suite

C-Suite adalah jabatan tertinggi sebuah perusahaan. Sama halnya seperti direktur maupun CEO. Bidang pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia ini dibayar sekitar 250 juta per bulan. 

Anda memerlukan skill dan pengalaman bagus kalau ingin mendapatkan posisi tinggi. Tanggungjawab memimpin perusahaan tidaklah mudah. Bahkan upah tersebut semakin besar kalau jenis perusahannya multinasional. 

Pada umumnya seorang C-Suite punya keahlian secara profesional di bidang tertentu. Adapun diantaranya sebagai ahli properti, layanan keuangan, bisnis manufaktur, konstruksi, atau bisnis ritel. 

5. Kepala Keuangan atau Head of Finance

Pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia selanjutnya adalah kepala keuangan. Head of Finance mengantongi gaji bersih sekitar 115 juta Rupiah per bulan. Mereka memimpin perusahaan yang bergerak di sektor keuangan.

Beberapa contoh perusahaan tersebut bergerak di bidang perbankan, investasi, pasar uang, trading atau broker. Tanggungjawabnya seputar mengurus keuangan organisasi, mengawasi anggaran perusahaan, dan membuat manajemen risiko.

Tekanan muncul ketika Anda harus memastikan suatu proyek bisnis dapat menghasilkan keuntungan. Apalagi posisi ini berhubungan langsung dengan anggaran perusahaan. Jika terjadi kerugian maka mereka akan dimintai pertanggungjawaban. 

Semakin besar pendapatan maka lebih besar juga tanggungjawabnya. Jenis pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia memang menggiurkan. Akan tetapi Anda diminta untuk profesional dalam menyelesaikan tugas dan kewajibannya.

Bagikan Artikel: