Cara agar Tidak Dighosting HRD

Cara agar Tidak Dighosting HRD, Ini Cara Terbaiknya

Beberapa orang yang pernah merasakan ketidakjelasan saat melamar kerja di sebuah perusahaan selalu ingin mencari tahu cara agar tidak dighosting HRD. Sedangkan, dighosting HRD selalu menimbulkan rasa cemas tersendiri.

Memang hal semacam ini kerap terjadi untuk beberapa orang, sehingga mereka sulit melangkah maju karena harus menunggu apakah dirinya diterima kerja atau justru sebaliknya. Terlebih lagi ketika seorang pelamar tidak hanya menargetkan satu pekerjaan saja.

Tidak bisa disalahkan sepenuhnya kepada pihak HRD karena terlalu banyak pekerjaan dan juga luput memberikan pengumuman kepada banyak pekerjaan yang melamar. Oleh sebab itu, sebagai pelamar, Anda perlu menyiasati hal tersebut dengan cara masing-masing.

Mengambil hati HRD merupakan salah satu hal yang menjadi utama ketika mendaftarkan kerja di dalam perusahaan tertentu. Apabila Anda dapat mengambil hati mereka, maka peluang diterima kerja pasti lebih besar.

Akan tetapi, perlu melewati proses awal apabila ingin mengambil hati pihak rekrutmen tersebut. Sedangkan hal tersebut masih berhubungan dengan cara agar tidak dighosting HRD, sehingga Anda bisa mendapatkan kepastian apakah diterima atau tidak.

Sebenarnya upaya yang perlu dilakukan oleh calon pelamar pekerjaan terkait masalah ini sangat mudah diatasi. Dengan begitu, para pelamar kerja bisa melanjutkan usahanya tersebut agar bisa bekerja di tempat yang layak.

Cara agar Tidak Dighosting HRD, Apa yang Perlu Dilakukan?

Banyak orang terkadang masih merasa bingung ketika lamarannya masih digantung oleh pihak perusahaan. Bahkan dampak dari ghosting tersebut membuat pelamar merasa terlalu banyak menghabiskan waktu, padahal keputusannya belum jelas. Lalu, apa yang harus dilakukan?

  1. Mengubah Format CV

Beberapa perusahaan memang terkadang merasa kesulitan ketika menyeleksi berkas yang berupa CV, surat lamaran, dan lain sebagainya karena banyaknya pelamar. Sedangkan solusi mengatasi kesulitan tersebut biasanya lebih mengandalkan aplikasi.

Ketika sebuah perusahaan menggunakan aplikasi ketika menyeleksi berkas seperti CV, tentu ada algoritma tertentu dari aplikasi yang digunakan. Jadi, beberapa orang terkadang tidak terbaca format yang sudah diajukan kepada HRD.

Cara agar tidak dighosting HRD salah satunya adalah memperbarui format atau mengubahnya agar sesuai dengan aplikasi yang digunakan. Anda bisa mengeceknya juga melalui aplikasi agar dapat mengetahui apakah algoritmanya tepat atau tidak.

Bisa lebih mudah lagi memanfaatkan beberapa platform digital untuk mengambil CV kosong, sehingga dapat diisi sendiri. Anda juga bisa melihat beberapa video tutorial apakah format yang digunakan sudah tepat atau sebaliknya.

Baca juga: Siapa yang berhak membuat surat peringatan kerja

  1. Follow up dari Hasil Interview

Apabila selama 2 minggu Anda kejelasan belum juga didapatkan setelah melamar pekerjaan, maka cara agar tidak dighosting HRD adalah langsung hubungi HRD tersebut. HRD pasti maklum apabila Anda menanyakan status terkait follow up interview tesebut.

Akan tetapi, dalam proses ini ada hal yang perlu diperhatikan. Ketika menanyakan Anda berhasil lolos dalam seleksi atau tidak kepada HRD, maka gunakan bahasa sopan. Dengan begitu, pihak HRD tersebut dapat menanggapi secara baik.

Pada saat melakukan usaha atau cara agar tidak dighosting HRD tersebut, Anda hanya perlu menunggu pesan tersebut dibalas sampai 2 hari. Apabila waktunya sudah lebih dari yang sudah ditentukan, maka Anda berhak mencari tempat kerja lainnya.

  1. Intropeksi ke Diri Sendiri

Cara agar tidak dighosting HRD lainnya yaitu satu hal penting yang perlu Anda lakukan adalah introkpeksi terhadap diri sendiri. Barangkali pada saat melamar pekerjaan sebelumnya terdapat beberapa hal yang salah dilakukan.

Intropeksi diri ini mengarah kepada tahap terakhir dalam proses melamar pekerjaan tersebut, misalnya setelah mengirimkan berkas belum ada panggilan, maka ada kesalahan. Bisa juga berkas Anda memang kurang memenuhi syarat dari perusahaan tersebut.

Apabila Anda tidak kunjung dipanggil setelah melakukan interview, maka ada satu hal yang mengganjal dipihak HRD dari hasil wawancara sebelumnya. Jadi, perlu membangun diri kembali dan masuk lamaran baru ke perusahaan lainnya.

Baca juga: Cara mendapatkan pekerjaan part time

  1. Memulai Langkah Baru

Cara terbaik terkait cara agar tidak dighosting yaitu Anda perlu mengingat lamanya waktu kepada terakhir Anda diharuskan menunggu setelah melakukan lamaran pekerjaan. Biasanya waktu penentuan Anda diterima atau tidak kurang lebih selama 3 minggu.

Apabila sudah selama itu, maka Anda boleh segera memulai langkah baru untuk berusaha melamar pekerjaan ke perusahaan lainnya. Cara ini memang merupakan cara agar tidak dighosting HRD dan memberikan kesempatan untuk lebih cepat diterima bekerja.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.