cara mendapatkan pekerjaan part time

5 Cara Mendapatkan Pekerjaan Part Time bagi Mahasiswa

Bagaimana cara mendapatkan pekerjaan part time terutama untuk mahasiswa selalu dicari. Selain karena alasan finansial, ternyata bekerja part-time juga bisa memberikan pelajaran tentang betapa berharganya waktu dan juga mengelola keuangan.  Kerja part time adalah salah satu pekerjaan yang banyak dicari oleh mahasiswa, pelajar, atau siapa saja yang membutuhkan uang tambahan. Berikut ini cara mendapatkan pekerjaan part time bagi mahasiswa, yuk simak!!!

Apa Itu Pekerjaan Part Time?

Pekerjaan part time adalah jenis pekerjaan yang melibatkan jam kerja yang lebih singkat daripada pekerjaan full-time. Biasanya, pekerja part time bekerja kurang dari 40 jam per minggu, tetapi jam kerja mereka dapat bervariasi tergantung pada perusahaan dan kesepakatan antara pekerja dan perusahaan.

Menurut The Balance, pekerjaan part time merupakan pekerjaan yang tidak penuh waktu dimana pekerjaan part time bergantung pada kebijakan dan praktik perusahaan dalam menentukan karyawan serta jam kerja yang diperlukan untuk dianggap tidak penuh waktu.

Baca juga: Apakah cuti sakit memotong cuti tahunan

Cara Mendapatkan Pekerjaan Part Time 

1. Cari Pekerjaan Dari Berbagai Sumber

Pencarian pekerjaan part-time dapat dimulai dengan mencari dari berbagai sumber. Anda dapat mengunjungi situs web pengiklanan pekerjaan seperti Indeed, LinkedIn, Glassdoor atau Pintarnya yang menyediakan daftar pekerjaan di daerah Anda. Selain itu, perusahaan seringkali memasang papan informasi pekerjaan di toko fisik mereka atau mengiklankan pekerjaan melalui media lokal.

2. Mulai Lebih Awal

Jika Anda merencanakan pekerjaan part-time sebagai bagian dari rencana Anda, mulailah mencari sebelum Anda benar-benar membutuhkannya. Proses perekrutan bisa memakan waktu, dan dengan memulai lebih awal, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.



3. Perhatikan CV

Pastikan bahwa CV Anda mencerminkan keterampilan dan pengalaman yang relevan untuk pekerjaan part-time yang Anda cari. Bahkan jika Anda belum memiliki pengalaman kerja sebelumnya, Anda dapat mencantumkan pendidikan, kursus, atau proyek yang relevan yang telah Anda selesaikan. CV yang baik dapat membantu Anda menonjol di antara pelamar lainnya.

4. Perhatikan Akun Media Sosialmu

Perusahaan dapat mencari informasi tentang Anda di media sosial sebelum mempekerjakan Anda. Pastikan akun-akun media sosial Anda bersih dari konten yang kontroversial atau tidak pantas. Sebaliknya, Anda juga dapat menggunakan media sosial Anda untuk memperlihatkan minat dan keterampilan yang relevan dengan pekerjaan yang Anda incar.

5. Freelance Bisa Menjadi Alternatif

Selain mencari pekerjaan part-time dengan status karyawan, Anda juga dapat mencari pekerjaan freelance. Pekerjaan freelance biasanya bersifat proyek-proyek tertentu yang dibayar berdasarkan proyek yang diselesaikan dan Anda dapat bekerja secara independen. Situs web seperti Pntarnya, Upwork, Freelancer atau Fiverr adalah tempat yang baik untuk mencari pekerjaan freelance.

Temukan pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan kemampuan Anda dengan mudah lewat Pintarnya, Ada begitu banyak lowongan kerja yang tersedia untuk Anda yang telah melalui proses vefirikasi
sehingga dipastikan Aman dan bukan penipuang. Tunggu apalagi? Mulai karirmu segera dengan download Aplikasi pintarnya Atau Kungjungi Website Pintarnya.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.