10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

waktu paling tepat mengirimkan lamaran kerja lewat email

Kapan Waktu Paling Tepat Mengirimkan Lamaran Kerja Lewat Email

Semua orang khususnya fresh graduate harus tahu waktu paling tepat mengirimkan lamaran kerja lewat email. Walaupun bisa kapan saja, namun belum tentu email Anda langsung dibaca oleh atasan atau HRD. 

Apalagi jika yang menjadi kandidat tersebut sangat banyak, maka saingannya juga banyak mengirim email. Bahkan jika terlalu menumpuk, tentu minim dibaca dan menjadi sia-sia. Sehingga pilih waktu yang sesuai.

Anda harus tahu cara yang benar dalam penulisannya sekaligus hari, jam yang sesuai supaya cepat dibaca oleh HRD. Sehingga lamaran Anda nanti tidak akan sia-sia. 

Karena itu perhatikan dengan baik supaya lamaran tidak sia-sia. Karena waktu paling tepat mengirimkan lamaran kerja lewat email harus diketahui. Jangan lupa untuk menyiapkan semua berkas yang akan dikirimkan nantinya.

Baca juga: Kapan Sebaiknya Melakukan Follow Up Interview yang Tepat?

Ketahui Waktu Paling Tepat Mengirimkan Lamaran Kerja Lewat Email

Walaupun kapan saja, namun harus menentukan waktu yang tepat mengirimkan lamaran kerja lewat email. Hal pertama adalah mengetahui hari terbaiknya. Maka jangan lupa untuk melihat kapan job tersebut di posting.

Semakin baru job atau lowongan kerja tersebut maka kemungkinan besar masih sedikit kandidat yang mengirim lamaran ke email. Misalnya 1 hari hingga untuk satu minggu pertama, bisa dilakukan.

Kemudian berdasarkan hasil riset tahun 2013 hari yang sesuai dan populer bagi recruiter ataupun pelamar kerja yaitu selasa. Selain hari selasa, terkadang juga memakai akhir pekan dan hindari senin.

Adanya proses transisi dari akhir pekan dan hari kerja, maka senin menjadi hari untuk mengerjakan tugas dan beradaptasi. Maka dari itu, terkadang atau mayoritas proses hiring jatuh di hari selasa.

Waktu paling tepat mengirimkan lamaran kerja lewat email juga harus ditentukan jam-jam yang memang dianjurkan. Waktu terbaik untuk mengirimkan email kerja adalah jam 6 hingga 10 pagi.

Karena jam 06.00-10.00 merupakan jam yang masih longgar dan masih minim sibuk. Kemudian diatas jam itu adalah jam sibuk, kemudian tidak boleh sampai jam 4 sore. 

Hal ini juga dilakukan supaya Anda menjadi orang pertama untuk dilihat lamaran pada hiring manajer perusahaannya. Jam tersebut bisa memundurkan beberapa kerumunan yang mungkin sudah mengirim email dahulu.

Usaha itu tidak akan menjadi sia-sia. Sedangkan apabila lebih dari pukul 16.00 sudah sibuk atau sudah selesai pekerjaan. Jika takut lupa, maka gunakan fitur di gmail.

Anda juga bisa merangkai emailnya dan berkas dahulu pada malam hari, kemudian waktu paling tepat mengirimkan lamaran kerja lewat email dijadwalkan pukul 06.00. Sehingga bisa mempermudah pelamar diterima di perusahaan yang diinginkan tersebut.

Penting untuk Mengetahui Waktu Paling Tepat Kirim Email Lamaran Kerja

Alasan utama dalam memilih waktu paling tepat mengirimkan lamaran kerja lewat email yaitu supaya meningkatkan supaya terpanggil tes interview. Bahkan pelamar juga bisa diterima pada perusahaan tersebut.

Apalagi sebagai fresh graduate tentu akan semangat mencari pekerjaan, yang mungkin dikirim pada hari senin. Karena biasanya orang yang lama bekerja akan beradaptasi dari hari libur ke hari pertama kerja.

Tentunya email yang sudah Anda buat dengan baik dan rapi, tetapi tidak dilihat oleh recuiter karena waktunya salah. Sehingga menentukan hari dan jam sesuai, supaya cepat dilihat dan diterima recruiter.

Karena apabila mengirim pada malam hari, kemungkinan besar email akan tertumpuk di perusahaan/ selain itu, Anda juga akan terlihat kurang professional. Maka kirimkan pada saat jam kerja.

Selain waktu Anda saat mengirimkan email tersebut maka perhatikan subject yang biasanya ada dijelaskan pada lowongan. Sehingga jangan asal kirim atau tidak memiliki subject. Karena banyak pelamar yang mengabaikannya.

Karena lowongan kerja diiklankan di berbagai media maka dari itu aka nada banyak orang yang bisa melamar. Sehingga biasanya akan di filter oleh perusahaan berdasarkan subjectnya. 

Apabila subjectnya tidak ada atau tidak sesuai maka lamaran Anda akan sia-sia dan masuk ke filter tersebut. Bahkan bisa jadi email tidak dilihat atau dihapus HRD karena sudah dianggap spam.

Walaupun pada lowongan tidak dicantumkan subject, namun sebaiknya pelamar tulis sendiri karena memang harus ada subjectnya. Misalnya posisi yang dilamar beserta nama pelamar di perusahaan tersebut.Karena itu, jangan lupa menuliskan subject pada emailnya nanti. Kemudian Anda harus memilih waktu paling tepat mengirimkan lamaran kerja lewat email hari dan jam diperhatikan.

Bagikan Artikel: