10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

p

7 Tips Membuat CV yang Pasti Lolos Seleksi Perusahaan

Tips membuat CV saat ini banyak dicari oleh para pencari kerja. Hal ini dikarenakan kebutuhan kerja yang meningkat, banyak masyarakat berusaha mendapatkan kerja dengan memberikan yang terbaik agar dilirik oleh HRD sebuah perusahaan.

Seiring perkembangan jaman dan kebutuhan sumber daya manusia terbaik, perusahaan juga semakin selektif dalam memilih calon karyawannya. Oleh sebab itu sebagai pencari kerja, sudah seharusnya berusaha untuk memberikan berkas terbaik agar bisa lolos seleksi.

Maka dari itu dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai pembuatan CV menarik, agar bisa dilirik oleh perusahaan. Tentunya hal ini akan sangat berguna bagi Anda yang ingin mendapatkan kesempatan bekerja di perusahaan impian.

7 Tips Membuat CV Agar Lolos Seleksi Berkas

Tiap-tiap perusahaan menetapkan kebijakan yang berbeda dalam tahapan rekrutmennya. Namun hal paling umum biasanya terdiri dari seleksi berkas, rangkaian tes baik teori sampai dengan tahapan interview HRD. Oleh sebab itu pastikan untuk persiapkan dengan matang.

Langkah pertama yang harus Anda siapkan agar berhasil lolos pada tahapan rekrutmen dalam membuat berkas administrasi terbaik. Salah satu caranya yaitu dengan melihat tips membuat CV, yang telah kami siapkan di bawah ini:

  1. Tuliskan Kelebihan di Awal

Hal pertama untuk dilakukan dalam membuat curriculum vitae terbaik adalah menempatkan kelebihan Anda pada bagian awal. Hal ini berisi ringkasan dan data kekuatan yang dimiliki agar HRD bisa melihat prestasi pelamar ketika pertama kali membuka berkas.

Hal ini juga bisa dilakukan dengan membuat profil diri dengan rapi dan ringkas. Usahakan untuk menampilkan pribadi Anda secara baik dan mencerminkan diri yang sebenarnya. Sesuaikan dengan kondisi diri dan jangan dilebih-lebihkan.

  1. Tunjukkan Pencapaian yang Sudah Dilakukan

Daftar riwayat hidup sebelumnya banyak berisi data tanggung jawab pelamar pada posisi sebelumnya. Namun justru hal itu kurang diminati oleh HRD atau petugas rekrutmen untuk saat ini. Maka dari itu pastikan untuk memperbaikinya sekarang juga.

Tips membuat CV terbaik yang harus Anda tekankan adalah memberikan data terkait pencapaian, yang sudah pernah Anda lakukan ketika memiliki tanggung jawab dalam posisi tersebut. Pastinya hal ini akan membuat berkas lamaran menjadi lebih baik lagi.

  1. Pahami Posisi yang Dilamar

Selanjutnya adalah memahami posisi yang ingin dimasuki, baik dari segi tanggung jawab pekerjaan maupun pengalaman kerja pelamar yang relevan dengan posisi tersebut. Hal ini akan membantu HRD dalam melihat kinerja Anda dalam posisi tersebut.

Pastinya saat melihat lamaran pekerjaan, akan terdapat informasi mengenai lowongan tersebut. Tidak jarang perusahaan juga memberikan kualifikasi untuk menjaring tenaga kerja dengan kemampuan terbaik untuk posisi tersedia.

  1. Perlihatkan Perkembangan Diri

Dalam tips membuat CV, pastikan untuk memberitahukan perkembangan diri pribadi dengan lebih baik. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan gambaran singkat perubahan dan perkembangan diri ketika menjalankan peran dalam posisi tersebut di perusahaan.

Hal tersebut juga mampu menggambarkan tentang pribadi Anda, yang mau belajar dan upgrade diri sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Tips ini menjadi salah satu langkah terbaik dan jangan sampai dilewatkan.

  1. Tunjukkan Banyaknya Relasi yang Dimiliki

Bukan rahasia umum lagi bahwa relasi memegang peranan penting dalam dunia kerja, sehingga poin ini juga tidak bisa untuk ditinggalkan. Dalam hal ini relasi bukan berarti orang dalam untuk memudahkan proses rekrutmen pelamar.

Namun relasi juga bisa berarti koneksi pelamar dari berbagai kalangan, yang bisa diperoleh ketika menjalani organisasi atau komunitas. Hal ini bisa memberikan nilai positif dan menunjukkan kemampuan berkomunikasi secara baik dengan orang lain.

  1. Tunjukkan Pengetahuan Terkait Industri

Tips membuat CV selanjutnya adalah silahkan untuk memberikan pengetahuan terbaik Anda terkait industri tersebut. Wawasan ini bisa menunjukkan keseriusan dan ilmu terkait bidang kerja perusahaan tersebut.

  1. Gunakan Kata-Kata Profesional

Pastinya dalam menuliskan curriculum vitae, wajib menggunakan bahasa yang kuat dan formal. Hal bisa menunjukkan profesionalitas Anda dalam bidang pekerjaan. Selain itu poin ini juga menjadi dasar dalam pembuatan CV terbaik.

Hal yang Harus Dihindari dalam Membuat CV

Selain tips di atas, juga terdapat beberapa hal untuk dihindari ketika membuat CV. Hal ini bisa berdampak negatif ketika diterapkan dalam pembuatan dokumen lamaran kerja. Pastikan untuk menghindarinya agar bisa lolos seleksi perusahaan.

Pertama adalah silahkan untuk memakai template pada aplikasi atau website. Jangan memberikan informasi palsu berupa kemampuan maupun nilai akademis. Terakhir adalah pastikan CV tidak lebih dari 2 halaman.Salah satu dokumen lamaran kerja penting untuk diketahui calon pelamar adalah curriculum vitae. Oleh sebab itu penting bagi semua pelamar kerja untuk mengetahui tips membuat CV agar bisa lolos pada tahapan seleksi perusahaan impian.

Bagikan Artikel: