10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Apakah Anda Memiliki Pengalaman Organisasi?

Cara Jawab Pertanyaan Interview “Apakah Anda Memiliki Pengalaman Organisasi?”

Cara jawab pertanyaan interview “Apakah Anda Memiliki Pengalaman Organisasi?” merupakan hal yang mudah untuk dilakukan. Seperti yang telah diketahui bahwa pengalaman organisasi menjadi salah satu poin penting dalam interview.

Rekruter menggunakan faktor tersebut sebagai acuan apakah calon tenaga kerja memiliki cukup pengalaman berkegiatan di dalam organisasi. Hal tersebut akan bermanfaat bagi karyawan ketika terjun dalam dunia kerja.

Saat rekruter memberikan pertanyaan berkaitan dengan topik tersebut, maka pelamar perlu menyusun jawaban paling tepat dan meyakinkan. Jawaban yang diberikan juga harus sesuai dengan kenyataan di lapangan.

Tips penting saat menerapkan cara jawab pertanyaan interview “Apakah Anda Memiliki Pengalaman Organisasi?” yaitu mampu menceritakan tiga hal. Pelamar harus bisa menginformasikan ketiganya dengan tepat.

Ketiga hal tersebut yaitu, pelamar perlu menceritakan tanggung jawab yang dimiliki dalam organisasi. Kemudian, pelamar juga harus bisa menceritakan peran apa dan kegiatan yang bisa dilakukan dalam organisasi tersebut.

Poin penting yang dijabarkan tersebut akan membantu rekruter lebih memahami seberapa jauh pengalaman pelamar dalam berorganisasi. Namun, pada kenyataannya masih banyak orang yang kesulitan dalam proses interview tersebut.

Khususnya bagi orang tanpa pengalaman organisasi, tentu pertanyaan tersebut akan sangat sulit untuk dijawab. Akan tetapi, terdapat cara mudah untuk sukses dalam menjawab pertanyaan tersebut, yaitu sebagai berikut.

Cara Jawab Pertanyaan Interview “Apakah Anda Memiliki Pengalaman Organisasi?” dengan Mudah Tanpa Grogi

Selain tips untuk menjabarkan ketiga poin dalam berorganisasi kepada rekruter, pelamar juga bisa mencoba cara lain dan lebih mudah. Berikut cara untuk menjawab wawancara terkait pengalaman organisasi.

  1. Himpunan Mahasiswa

Cara jawab pertanyaan interview “Apakah Anda Memiliki Pengalaman Organisasi?” pertama yaitu memanfaatkan pengalaman pada saat kuliah. Pada jenjang perkuliahan, Anda bisa menemukan berbagai jenis organisasi.

Umumnya, Anda bisa menemukan jenis organisasi seperti himpunan mahasiswa, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), hingga Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Jika pernah mengikuti salah satu di antaranya, maka informasikan hal tersebut pada rekruter.

Sebagai contoh, apabila saat kuliah mengikuti himpunan mahasiswa pada prodi jurusan masing-masing, maka ceritakan peran Anda di himpunan tersebut. Misalnya, apa jabatan dan tanggung jawab yang dipegang.

Kemudian, kegiatan apa saja yang dilaksanakan di himpunan seperti program kerja selama menjabat di dalamnya. Tidak hanya itu, Anda bisa menceritakan keuntungan yang didapatkan dengan mengikuti himpunan tersebut.

Cara jawab pertanyaan interview “Apakah Anda Memiliki Pengalaman Organisasi?” tersebut cocok bagi yang suka mengikuti berbagai organisasi. Hal ini menunjukkan bahwa pelamar memiliki tingkat produktivitas yang tinggi.

Sebaliknya, jika tidak pernah mengikuti kegiatan tambahan saat berkuliah, maka pelamar bisa memanfaatkan pengalaman lain di luar kampus. Secara lebih lanjut, pelamar bisa menggunakan cara kedua berikut ini.

  1. Project atau Event

Metode kedua memanfaatkan pengalaman mengikuti project atau event yang diselenggarakan baik di dalam maupun luar kampus. Biasanya, saat kuliah Anda akan menemukan berbagai jenis event atau project yang bisa diikuti.

Dengan mengikuti kedua acara tersebut, Anda bisa menceritakan pengalaman yang didapatkan kepada rekruter. Sebagai contoh, Anda pernah mengikuti event di luar kampus dan menjadi salah satu panitia acara.

Dengan begitu, Anda bisa menceritakan posisi panitia atau divisi apa yang ditempati. Kemudian, bagaimana Anda menyelesaikan tugas panitia tersebut dan keuntungan apa yang didapatkan dengan mengikuti kegiatan di dalam event.

  1. Pengalaman PKL/Magang

Cara jawab pertanyaan interview “Apakah Anda Memiliki Pengalaman Organisasi?” selanjutnya adalah menjelaskan pengalaman aktivitas PKL atau Magang yang pernah diikuti sebelumnya. Anda tentu pernah mengikuti kedua kegiatan tersebut saat bersekolah.

Pada umumnya, kedua kegiatan tersebut menjadi syarat lulus sarjana bagi mahasiswa. Oleh sebab itu, tentu dapat dipastikan setiap lulusan atau fresh graduate memiliki pengalaman tersebut.

Jika pelamar pernah melakukan PKL/Magang di sebuah perusahaan, maka ceritakan hal tersebut kepada rekruter. Pelamar bisa menjabarkan pemahaman dan keterampilan apa yang dapat diambil dengan mengikuti PKL/Magang.

Hal tersebut cukup menjelaskan bahwa Anda telah bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan dalam sebuah organisasi meskipun masih berstatus mahasiswa. Namun, bagaimana jika seseorang tidak memiliki pengalaman organisasi sama sekali?

Pelamar tidak perlu khawatir jika menemui keadaan tersebut, karena terdapat dua metode yang bisa dilakukan. Pertama yaitu menceritakan pengalaman di luar keahlian yang dimiliki seperti mengikuti Karang Taruna.

Kedua, Anda bisa jujur kepada rekruter jika belum memiliki pengalaman apapun. Namun, perlu diingat, Anda juga harus bisa memberikan inisiatif bahwa ingin dan mampu mempelajari bidang yang dilamar.

Hal tersebut lebih baik dibandingkan menjawab seadanya dan tanpa menunjukkan usaha untuk menunjukkan nilai sebagai karyawan. Cara jawab pertanyaan interview “Apakah Anda Memiliki Pengalaman Organisasi?” tersebut dijamin akan membantu Anda.

Bagikan Artikel: