Cara Menulis Pengalaman Organisasi di CV

Pengalaman Organisasi di CV: 3 Contoh Berikut Bisa Diikuti

Terdapat beberapa faktor pendukung diterima di perusahaan. Diantaranya adalah pengalaman dan kemampuan. Pengalaman ini bisa berbentuk pengalaman kerja atau organisasi lainnya.

Dilansir dari Kumparan, menulis pengalaman organisasi di CV juga sangat penting untuk dipelajari, lantaran terdapat informasi terbaik untuk dijadikan sebagai referensi.

Menurut Indeed, pengalaman organisasi adalah keterampilan yang memungkinkan Anda menggunakan sumber daya Anda secara efisien dan efektif.

Berikut ini pejelasan dan cara menulis pengalaman organisasi di CV yang wajib Anda ketahui, Yuk Simak!!!

Apakah Penting Untuk Menuliskan Pengalaman Organisasi di CV?

Bagi banyak pencari kerja, terutama para lulusan baru yang belum memiliki banyak pengalaman kerja, pertanyaan tentang apakah penting memasukkan pengalaman organisasi dalam CV seringkali menimbulkan perdebatan.

Menurut sumber terpercaya seperti The Balance Careers dan Pop Sugar, sangat disarankan untuk membuat bagian khusus dalam CV yang dikhusu kan untuk pengalaman organisasi.

Bagian ini dibuat secara terpisah dari bagian lain seperti pengalaman kerja profesional seperti magang atau kegiatan sukarelawan.

Pasalnya jika mencantumkan informasi mengenai pengalaman organisasi di CV. Hal tersebut dapat memberikan dukungan pribadi atas klaim skill atau keterampilan personal yang telah diuraikan, seperti kepemimpinan dan kemampuan bekerja dalam tim.

Bukti keterlibatan dalam organisasi dapat meningkatkan keyakinan perekrut akan kepemimpinan dan kemampuan kolaboratif Anda, yang telah terbentuk dan terasah melalui peran aktif dalam kegiatan organisasi.

Selain itu, mencantumkan pengalaman organisasi di CV juga menjadi strategi efektif untuk membuat kualitas CV bagi Anda yang belum memiliki pengalaman kerja atau menamatkan pendidikan.

Baca Juga : 10 Contoh Deskripsi Diri Dengan Pengalaman Kerja Lengkap Berbagai Profesi

Tips & Cara Menulis Pengalaman Organisasi di CV

Berikut beberapa cara menulis pengalaman organisasi di CV yang bisa Anda praktikan:

1. Menuliskan Nama Organisasi

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah menulis nama organisasi secara resmi. Jangan sampai Anda mencantumkan nama organisasi palsu yang mana tidak pernah mengikuti sama sekali.

Hal tersebut akan terlihat dari cara Anda menyampaikan pengalaman organisasi ketika saat interview berlangsung oleh pihak rekrutmen.

Maka dari itu, jangan jadikan CV ini sebagai bahan candaan atau sekedar mencoba-coba saja. Karena, bisa jadi Anda dimasukan pada black list perusahaan, lantaran telah mempermainkan saat lamaran kerja berlangsung. 

2. Mencantumkan Posisi dan Masa Jabatan Ketika Di Organisasi

Cara menulis pengalaman organisasi di CV berikutnya adalah cantumkan posisi dan masa jabatan ketika di organisasi.

Sebutkan saja dan jangan malu untuk dicantumkan pada CV. Karena, itu semua akan menjadi nilai tambah oleh HRD atau rekrutmen.

Nantinya, Anda akan ditanya oleh pihak rekrutmen mengenai organisasi tersebut. Mulai dari tujuan mengikuti organisasi hingga pencapaian apa saja yang telah dicapai.

Sampaikan saja semuanya, tujuannya untuk memantaskan diri Anda melamar ke perusahaan tersebut.



3. Jelaskan Tanggung Jawab

Cara menulis pengalaman organisasi di CV selanjutnya adalah dengan menjelaskan tanggung jawab posisi Anda selama menjabat pada organisasi tersebut.

Cantumkan secara garis besar saja, seperti ketua bertanggung jawab mengawasi sistem dan anggota organisasi.

4. Jelaskan Pencapaian

Seperti yang diketahui, ketika Anda melampirkan pengalaman organisasi di CV, maka diperlukan juga penjelasan mengenai pencapaian.

Misalnya telah mengadakan acara sekolah hingga membawa nama harus ke tingkat nasional atau hal lainnya. 

Apabila Anda memiliki banyak pencapaian ketika mengikuti organisasi, cantumkan saja pada CV tersebut.

Pastikan juga rangkai kalimat supaya mudah untuk dimengerti saat dibaca oleh siapa saja, terutama HRD atau pihak rekrutmen.

5. Perhatikan Format

Cara menulis pengalaman organisasi di CV berikutnya, perhatikan format penulisan.

Jangan sampai terdapat typo atau kesalahan menggunakan huruf hingga kata. Kemudian, gunakan bahasa yang formal dan sopan.

Karena, pihak rekrutmen bisa membaca kepribadian seorang pelamar hanya dengan melalui CV saja. Oleh karena itu, mulai saat ini selalu periksa kembali ketika sudah menulis CV dengan baik dan benar. 

6. Pastikan Sesuai Dengan Posisi yang Dilamar

Cara menulis pengalaman organisasi di CV terakhir adalah pastikan sesuai dengan posisi yang dilamar.

Apabila perusahaan tersebut sedang memuka posisi sebagai HR atau yang berkaitan dengan pengalaman organisasi Anda.

Hal tersebut akan menjadi nilai tambahan ketika sudah sesuai dengan posisi yang dilamar dengan pelampiran pengalaman organisasi.

Baca juga: Cara Membuat CV di Word Sangat Mudah dan Praktis

Contoh Pengalaman Organisasi di CV

Beberapa contoh pengalaman organisasi di CV berikut dapat memberikan Anda gambaran terkait bagaimana penulisan dan format penulisan pengalaman kerja di CV:



1. Contoh Pengalaman Organisasi di CV SMA

2. Contoh Pengalaman Organisasi di CV Universitas

sumber: Kitalulus

3. Contoh Pengalaman Organisasi di CV Universitas

sumber: Evermos

Tingkatkan peluangmu dalam meraih pekerjaan impian dengan menggali lebih dalam mengenai Pembuatan CV maupun surat lamaran kerja melalui informasi dari Blog Pintarnya.

Temukan beragam tips praktis untuk menulis CV dan surat lamaran, panduan memperoleh surat rekomendasi, serta akses langsung ke berbagai template yang siap digunakan. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi tautan ini.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.