10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Cara membuat CV di word

Cara Membuat CV di Word Sangat Mudah dan Praktis

Cara membuat CV di word merupakan pembahasan yang harus diketahui oleh banyak orang, terutama bagi para pelamar kerja saat ini. Maka dari itu, kami akan menjelaskan informasi tersebut supaya bisa menambah wawasan pengetahuan.

Informasi pada saat ini lebih mudah untuk ditemukan dan diketahui, lantaran sudah tersedia fasilitas teknologi digital. Tentunya, Anda harus memanfaatkan hal tersebut untuk dijadikan sebagai kemudahan dalam mengetahui informasi terbaru.

CV merupakan hal paling penting dalam hal melamar pekerjaan. Karena, pihak rekrutmen akan melihat calon pekerja dari sisi CV nya terlebih dahulu. Apabila CV tersebut bisa menarik perhatian HRD, maka Anda akan terpanggil untuk melakukan seleksi karyawan.

Sehingga perlu diperhatikan ketika akan membuat CV yang mana akan digunakan sebagai lamaran pekerjaan. Anda bisa membuatnya secara manual atau menggunakan layanan komputer, seperti melalui aplikasi microsoft word.

Sudah dipastikan, ketika Anda ingin membuat CV melalui word, diperlukan informasi dari kami mengenai cara membuat CV di word. Pastikan membaca artikel ini hingga akhir penjelasan supaya mendapatkan pengetahuan lamaran kerja yang baik dan benar.

Zaman semakin maju pada setiap waktunya, sehingga membuat banyak orang perlu beradaptasi dalam canggihnya teknologi. Hadirnya teknologi tentunya untuk memudahkan kegiatan manusia dalam segala aspek. 

Apabila Anda ingin membuat CV secara mudah dan praktis, silahkan simak pembahasan yang akan kami jelaskan pada artikel ini. Berikut ulasan secara lengkapnya.

Cara Membuat CV Di Word Tanpa Template Secara Lengkap

Sebelum masuk pada cara pembuatan CV melalui word, sebaiknya Anda perlu mengetahui tentang definisinya terlebih dahulu. Pastikan sinyal dan kuota internet stabil supaya server tidak mengalami gangguan.

CV memiliki singkatan yaitu Curriculum Vitae atau resume. Berfungsi untuk menggambarkan diri Anda. Tentunya meliputi dari beberapa aspek. Diantaranya adalah identitas pribadi, kelebihan, pengalaman, dan sebagainya.

Terdapat beberapa cara membuat CV di word, seperti menggunakan template dan tanpa menggunakan template. Tetapi, disini kami akan menjelaskan tentang membuat CV tanpa menggunakan template.

Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah komputer dalam keadaan normal. Biasanya setiap komputer telah dibekali dengan aplikasi microsoft word. Tetapi, ada juga yang tidak disediakan. Berikut penjelasan secara lengkapnya.

1. Download Aplikasi Word di Internet

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, apabila komputer Anda tidak memiliki aplikasi word, silahkan download terlebih dahulu. Caranya sangat mudah, pertama kunjungi situs website download aplikasi word. Selanjutnya tekan tombol download dan tunggu beberapa saat.

Download aplikasi word di internet merupakan salah satu cara membuat CV di word paling penting. Karena, tanpa adanya aplikasi tersebut, maka tidak akan bisa membuat CV.

2. Pasang Aplikasi Word

Langkah berikutnya, silahkan pasang aplikasi word yang sudah tadi diunduh. Tunggu beberapa saat hingga muncul keterangan buka aplikasi.

3. Buka Aplikasi Word

Jika sudah terpasang, silahkan buka aplikasi word dan pastikan juga telah terpasang secara normal. nantinya Anda akan disuguhkan dengan beberapa fitur terbaik, seperti buat dokumen baru.

4. Pilih Dokumen Baru

Selanjutnya, silahkan pilih dokumen baru dan tunggu beberapa saat sampai tampilan kertas ditampilkan. Kemudian, atur margin dengan membuka tab layout dan klik margin. Kami rekomendasikan untuk pilih “1” (margin bawah) dan “0,63” ) margin samping.

5. Atur Bagian Header CV

Cara membuat CV di word berikutnya adalah atur bagian header CV yang meliputi nama pengguna, jabatan saat ini, nomer telepon, email. Pastikan juga nama ditulis dalam ukuran 14 hingga 16 pt. Jangan lupa juga untuk memilih font terbaik yang mana mudah untuk dibaca oleh banyak orang, terutama HRD.

Baca juga: Website Bikin CV Gratis yang Wajib Anda Coba

6. Buat Ringkasan Mengenai Diri Pribadi

Cara buat CV di word selanjutnya, buat ringkasan mengenai diri sendiri. Mulai dari profil singkat, pendidikan, pengalaman, keahlian, dan sebagainya.

7. Masukan Informasi Pribadi

Apabila Anda telah mencantumkan ringkasan mengenai diri pribadi, maka langkah selanjutnya untuk memasukan informasi pribadi. Diantaranya adalah nama lengkap, tanggal lahir dan sebagainya.

8. Atur Penempatan Informasi Pribadi

Perlu diingat, pengaturan penempatan informasi ini merupakan cara membuat CV di word paling penting untuk diperhatikan. Buatkan secara menarik dan simpel tanpa adanya kesalahan. Anda bisa melihat referensinya melalui media internet mengenai penempatan.

9. Periksa Kembali dan Simpan

Apabila berbagai informasi sudah dimasukan pada CV, silahkan periksa kembali. Kemudian, klik simpan. Jangan lupa, buatkan folder khusus untuk lamaran kerja supaya tidak tertukar dengan berkas lainnya.

Dapat disimpulkan, ternyata membuat CV ini sangat mudah dan menyenangkan tanpa adanya kesulitan. Tentunya, itu semua diperlukan informasi dari kami mengenai cara membuat CV di word.

Bagikan Artikel: