Cara membuat CV di word

Cara Membuat CV di Word, Ternyata Sangat Mudah dan Praktis

Cara membuat CV di word merupakan pembahasan yang harus diketahui oleh banyak orang, terutama bagi para pelamar kerja saat ini. Hal ini karena dengan mengetahui hal tersebut dapat mempermudah Anda dalam membuat CV. Menurut Indeed, CV merupakan ringkasan yang membahas sifat pribadi, pengalaman, kualifikasi, dan keinginan Anda untuk bekerja dalam suatu pekerjaan. Sehingga membuat CV sebaik mungkin harus dilakukan. Berikut ini cara membuat CV di word, yuk simak!!!

Cara Buat CV di Word Dengan Template

1. Buka aplikasi Microsoft Word

Pertama-tama, pastikan Anda membuka aplikasi Microsoft Word di komputer atau perangkat lainnya. Anda dapat kliki Disini.

2. Klik opsi “More Templates” atau pilih “Resume and Cover Letters”

Setelah membuka Microsoft Word, cari opsi yang memungkinkan kamu untuk memilih template untuk CV. Pada beberapa versi Word, kamu mungkin akan melihat opsi “More Templates” langsung di layar utama, atau kamu dapat mencarinya dengan mengklik “File” dan kemudian “New”. Selain itu, ada juga pilihan “Resume and Cover Letters” yang dapat kamu klik untuk menelusuri template yang tersedia.

3. Pilih template Word CV yang kamu paling sukai

Setelah kamu masuk ke bagian template, akan ada berbagai pilihan template CV yang berbeda. Pilih salah satu yang sesuai dengan gaya dan preferensi kamu. Template-template ini umumnya sudah memiliki desain dan format yang terstruktur untuk CV.



4. Klik “Create”

Setelah memilih template yang kamu inginkan, klik tombol “Create” atau “Download” (tergantung pada versi Word yang kamu gunakan). Ini akan membuka template CV yang kamu pilih di dokumen baru.

5. Simpan CV Ms Word

Setelah kamu selesai mengisi informasi pribadi, pengalaman kerja, pendidikan, dan bagian lainnya sesuai dengan kebutuhan kamu, pastikan untuk menyimpan dokumen tersebut. Klik “File” dan kemudian “Save As” untuk menyimpan CV di komputer kamu. Berikan nama file yang relevan agar mudah ditemukan nanti.

Baca juga: Website Bikin CV Gratis yang Wajib Anda Coba

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

Cara Membuat CV di Word Tanpa Template

1. Pilih jenis font 

Pertama, pilih jenis font yang sesuai dan profesional untuk CV kamu. Font yang umum digunakan dalam CV antara lain Arial, Calibri, Times New Roman, atau Helvetica. Kamu dapat memilih jenis font yang kamu sukai, tetapi pastikan itu mudah dibaca dan memberikan kesan profesional.

2. Pilih ukuran font

Setelah memilih jenis font, tentukan ukuran font yang cocok untuk isi CV kamu. Ukuran font yang umum digunakan adalah sekitar 10 hingga 12 poin. Bagian judul (seperti nama kamu) dapat menggunakan ukuran yang lebih besar (misalnya, 14 hingga 16 poin) untuk membedakannya dari isi lainnya.



3. Menentukan line spacing (jarak antar baris)

Untuk memastikan CV kamu mudah dibaca, atur jarak antar baris atau line spacing yang tepat. Biasanya, line spacing sekitar 1.0 atau 1.15 adalah pilihan yang baik. Kamu dapat mengatur ini di menu “Paragraph” (Paragraf) di Microsoft Word.

4. Tambahkan garis untuk membatasi bagian-bagian CV

Untuk memisahkan bagian-bagian CV dan memberikan tampilan yang lebih terstruktur, kamu dapat menambahkan garis horizontal. Berikut langkah-langkahnya:

  • Posisikan kursor di tempat kamu ingin menambahkan garis (misalnya, di bawah judul “Pengalaman Kerja”).
  • Klik tab “Insert” (Sisipkan) di menu atas.
  • Pilih “Shapes” (Bentuk) dan pilih “Horizontal Line” (Garis Horizontal). Ini akan mengaktifkan kursor bentuk di dokumen kamu.
  • Tarik kursor bentuk dari kiri ke kanan untuk membuat garis horizontal. Kamu dapat mengubah panjangnya sesuai kebutuhan.
  • Kamu juga dapat mengklik garis yang sudah ada untuk menyesuaikan warna dan ketebalan garis sesuai selera kamu.

Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!