Beberapa Hal Yang Mesti Diperhatikan Saat Membuat Iklan Lowongan Kerja

Beberapa Hal Yang Mesti Diperhatikan Saat Membuat Iklan Lowongan Kerja

Membuat iklan lowongan kerja yang efektif bukanlah tugas yang sepele. Iklan tersebut adalah pintu gerbang pertama untuk menarik calon karyawan yang berkualitas ke dalam organisasi Anda. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan sejumlah aspek penting saat Anda merancang iklan lowongan kerja.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa hal yang mesti diperhatikan secara khusus ketika Anda mempersiapkan iklan pekerjaan. Yuk simak!!!

Ketahui Data Berikut Saat Anda Akan Memasang Iklan Lowongan Kerja

Dilansir dari riset yang dilakukan oleh Linkedin, terdapat beberapa kesimpulan informasi data saat akan memasang iklan lowongan kerja sebagai berikut:

1. Buat Postingan Lowongan Kerja Singkat, Padat dan Jelas

Postingan lowongan kerja yang lebih pendek menerima 8.4% lebih banyak aplikasi per tampilan dibandingkan dengan yang biasa. Calon pelamar biasanya tidak ingin membaca deskripsi panjang ketika mereka mengklik iklan lowongan kerja.

Kebanyakan dari calon pelamar hanya akan menghabiskan sekitar 14 detik untuk memutuskan apakah akan melamar atau tidak. Postingan lowongan yang singkat (1-300 kata) cenderung memberikan hasil yang jauh lebih baik daripada postingan lowongan yang berukuran sedang (301-600 kata) atau yang panjang (601+ kata).

2. Highlight Bagian Terpenting Dari Postingan Lowongan Kerja

61% dari calon pelamar mengatakan bahwa rentang gaji adalah bagian terpenting dari deskripsi pekerjaan postingan lowongan pekerjaan. Postingan yang ringkas membantu agar informasi terpenting selalu diingat oleh kandidat. 

49%  kualifikasi dan detail pekerjaan berada di posisi kedua dalam kategori penting. Namun yang pertama dan terpenting, mereka ingin tahu apakah pekerjaan tersebut akan menghidupi mereka dan keluarga. Pertimbangkan beberapa hal berikut ini untuk menyebutkan rentang gaji dalam iklan yaitu:

  • Tunjangan seperti jaminan kesehatan dan cuti melahirkan akan membuat mereka bertahan di perusahaan selama lebih dari 5 tahun
  • Berikan informasi yang jelas dan berguna mengenai peluang kerja

Beberapa hal diatas memberikan kandidat untuk memiliki tujuan dalam penawaran posisi pekerjaan di iklan lowongan kerja.

3. Kandidat Tidak Begitu Peduli Dengan Budaya Perusahaan

Hanya 28% dari calon pelamar ingin mengetahui tentang budaya perusahaan dalam deskripsi pekerjaan pada postingan lowongan pekerjaan. Sehingga, sebaiknya simpan informasi tentang budaya perusahaan untuk nanti dalam tahapan seleksi berikutnya setelah memosting lowongan kerja saja.

Namun, bukan berarti Anda tidak boleh menyebutkan budaya Anda sama sekali. Alangkah lebih baik jangan terlalu mendetail, cukup jelaskan beberapa hal penting dan percayalah bahwa mereka akan mengunjungi situs web perusahaan Anda dengan sendirinya untuk mengetahui budaya perusahaan.

4. Buat Postingan Lowongan Kerja Sesuai Dengan Budaya Perusahaan

Jika lowongan pekerjaan Anda tidak sesuai dengan budaya perusahaan Anda, peluang pelamar 2-4 kali lebih kecil untuk melamar. Sehingga, saat Akan Memasang Iklan Lowongan Kerja Anda harus sesuai dengan budaya kerja dari perusahaan Anda.

Jika industri bisnis perusahaan Anda cukup ketat dan formal maka iklan lowongan pekerjaan harus profesional. Di sisi lain, jika industri bisnis perusahaan Anda terkesan tidak formal maka iklan lowongan pekerjaan dapat bersifat kreatif, ini dapat memungkinkan Anda untuk mendapat audiens yang lebih reseptif.

Baca juga: Cara Membuat Iklan Lowongan Kerja Yang Efektif

Beberapa Hal Yang Mesti Diperhatikan Saat Membuat Iklan Lowongan Kerja

Berikut ini merupakan beberapa hal wajib yang harus Anda perhatikan saat membuat iklan lowongan kerja yaitu:

1. Cantumkan Profil Singkat Perusahaan Anda

Mulailah postingan dengan memberikan gambaran singkat tentang perusahaan Anda. Ceritakan apa yang membuat perusahaan Anda unik dan menarik. Hal ini membantu calon pelamar memahami konteks dan budaya perusahaan Anda.

2. Sebutkan Posisi Yang Dibutuhkan, Deskripsi Pekerjaan Dan Persyaratan

Jelaskan dengan jelas posisi yang sedang Anda buka. Sertakan deskripsi pekerjaan yang detail, tugas-tugas yang akan dilakukan, serta persyaratan yang diperlukan untuk peran tersebut. Hal ini membantu calon pelamar memutuskan apakah mereka sesuai dengan posisi tersebut.

3. Tentukan Kisaran Gaji Dan Lokasi Penempatan

Sertakan informasi mengenai kisaran gaji yang ditawarkan serta lokasi penempatan pekerjaan. Ini membantu calon pelamar mengukur sejauh mana posisi tersebut sesuai dengan harapan mereka dan memudahkan mereka dalam pengambilan keputusan.

4.  Cantumkan Fasilitas Dan Benefit

Jangan lupakan untuk menyebutkan fasilitas dan manfaat yang ditawarkan oleh perusahaan Anda. Ini bisa mencakup hal seperti asuransi kesehatan, cuti tahunan, program pelatihan, atau bonus kinerja. Informasi ini dapat menjadi daya tarik tambahan bagi calon pelamar.

5. Gunakan Platform Yang Tepat

Pilih platform atau situs memasang lowongan kerja yang tepat untuk mempublikasikan iklan lowongan kerja Anda. Pastikan iklan Anda dapat diakses oleh audiens target Anda. Hal ini dapat mencakup penggunaan situs web perusahaan, platform rekrutmen online atau jejaring sosial yang sesuai.

Baca juga: Berapa Lama Iklan Lowongan Kerja Ditayangkan?

Hal Yang Wajib Ada di Iklan Lowongan Kerja Perusahaan

1. Judul 

Judul iklan lowongan kerja harus jelas dan mengidentifikasi posisi yang tersedia. Ini membantu calon pelamar memahami dengan cepat apa yang ditawarkan oleh iklan tersebut.

Berikut ini contoh judul iklan lowongan kerja yaitu:

Digital Marketing dan Admin Online
PT Ultra Komunindo Makmur Bersama

2. Deskripsi Pekerjaan Dan Kualifikasi

Deskripsi pekerjaan harus menjelaskan tugas dan tanggung jawab yang akan diemban oleh karyawan yang direkrut, sementara kualifikasi harus mencakup persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon pelamar.

Berikut ini contoh deskripsi pekerjaa dan kualifikasi yaitu:

Deskripsi Pekerjaan :
Menghandle Market Place ( Tokopedia, Shopee, Tiktok, Dkk ), seperti membalas chat user, stock barang, update harga, sampai menyiapkan orderan, melalukan quality control, packing orderan dan kirim barang / orderan, dan akan melakukan live streaming di platform ( tiktok, tokopedia, shopee, dkk ), serta memberikan ide / gagasan dalam mengembangkan suatu market place. memiliki kemampuan deduksi.

Kualifikasi :
– Memiliki kemampuan public speaking yang bagus
– Memiliki kreatifitas yang tinggi dan bisa membuat konten yang meningkatkan Engagement Rate Sosmed
– Percaya diri dan bersemangat di depan kamera dan talkactive , serta terbiasa menjadi host / live streaming (Tik Tok, Instagram, Youtube, dan Live Shopee)
– Bisa bekerja sama dengan orang lain dengan baik
– Dapat berbahasa inggris atau mandarin optional ( lebih disukai )

3. Kompensasi Dan Benefit

Menyertakan informasi tentang gaji, bonus, dan manfaat yang ditawarkan membantu calon pelamar menilai nilai pekerjaan. Hal ini juga meningkatkan daya tarik iklan.

Berikut ini contoh kompensasi dan benefit iklan lowongan kerja yaitu:

Benefit :
– BPJS
– THR
– Cuti Tahunan

4. Informasi Perusahaan

Memberikan latar belakang perusahaan, nilai-nilai, dan budaya kerja membantu calon pelamar memahami perusahaan Anda. Ini dapat memotivasi mereka untuk melamar jika perusahaan Anda cocok dengan visi dan nilai mereka.

Berikut ini contoh informasi perusahaan di iklan lowongan pekerjaan yaitu:

PT Ultra Komunindo Makmur Bersama adalah perusahaan distributor Alat-Alat Komunikasi dari berbagai Merk terkenal yang sudah exist cukup lama dan kini sedang mengembangkan diri untuk menjangkau pangsa pasar ke seluruh tanah air.

Website :
https://ucomm.co.id

Alamat :
Jl.Tunjungan No.53B, Surabaya

5. Informasi Pengiriman Aplikasi

Memberikan petunjuk tentang bagaimana calon pelamar harus mengirimkan aplikasi mereka adalah langkah penting. Ini memastikan bahwa Anda menerima aplikasi dengan benar dan efisien.

Contoh memberikan informasi pengiriman aplikasi yaitu:

Kirimkan CV dan surat lamaran Anda ke alamat email recruitment@ucomm.id sebelum 30 November 2023. Cantumkan Digital Marketing dan Admin Online di subjek email Anda.

Referensi:

  • Samantha McLaren. Diakses pada 2023. 6 Stats That Will Change the Way You Write Job Posts.

Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!