10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Cara menuliskan kemampuan bahasa di CV

Cara Menuliskan Kemampuan Bahasa di CV, Pahami Baik-Baik

Tidak sedikit orang yang masih merasa kebingungan mengenai cara menuliskan kemampuan bahasa di CV. Kemampuan bahasa menjadi salah satu hal yang cukup penting untuk ditampilkan pada CV.

Karena biasanya untuk mendukung melakukan pekerjaan tertentu dibutuhkan kemampuan bahasa yang baik baik dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa asing. Ketika Anda menguasai beberapa bahasa sekaligus tentu ini akan memberikan nilai yang lebih.

Oleh karena itu, sepertinya menjadi hal yang cukup penting untuk Anda mencantumkan kemampuan bahasa pada beberapa lowongan pekerjaan. Karena mungkin saja rekruter akan mempertimbangkan menerima Anda jika memiliki kemampuan bahasa yang memadai.

Cara Menuliskan Kemampuan Bahasa di CV

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan ketika ingin meneruskan kemampuan bahasa pada CV. Berikut kami sajikan beberapa tips untuk Anda bisa menuliskan kemampuan bahasa dengan cara yang benar.

  1. Pastikan jika Anda memang benar-benar menguasai bahasa yang dituliskan

Cara menuliskan kemampuan bahasa di CV yang benar yaitu hanya dengan menuliskan bahasa-bahasa yang memang dikuasai dengan baik. Jangan sampai Anda meneruskan bahasa yang mungkin hanya diketahui dari film dan lain sebagainya.

Contohnya saja ketika Anda terbiasa menonton film dari Jepang. Dari film tersebut Anda mengetahui beberapa kata yang ada pada film tersebut. Lalu dari pengetahuan tersebut Anda menuliskan kemampuan berbahasa Jepang di CV.

Tentu hal tersebut sangat tidak disarankan. Karena mungkin saja Anda hanya mengetahui kata-kata yang sangat sedikit dan itu tidak bisa digunakan untuk membantu pekerjaan Anda.

  1. Berikan informasi mengenai tingkatan kemampuan yang Anda miliki

Cara menuliskan kemampuan bahasa di CV selanjutnya yaitu memberikan informasi mengenai keahlian bahasa yang Anda miliki. Beberapa tingkatan yang biasanya digunakan yaitu adalah begginer, intermediate, proficient, hingga native. 

Ini menjadi informasi yang sangat penting untuk diketahui oleh seorang rekruter. Karena mungkin saja perusahaan membutuhkan orang-orang yang ahli dalam bahasa tertentu sehingga mencari orang-orang yang memang memiliki kemampuan diatas intermediate.

Untuk mengukur kemampuan berbahasa Anda maka bisa melakukan serangkaian tes yang tersedia saat ini. Contohnya saja ketika Anda ingin mengukur kemampuan berbahasa Inggris maka bisa menggunakan tes TOEFL atau TOEIC.

Untuk bahasa lain Anda juga bisa menyesuaikan dengan jenis tes yang dilakukan. Dengan begitu nantinya Anda bisa mencantumkan informasi mengenai Tingkat kemampuan bahasa dengan valid sesuai dengan hasil tes.

  1. Pilih format yang tepat untuk menuliskan kemampuan bahasa

Cara menuliskan kemampuan bahasa di CV yang sangat penting untuk diperhatikan yaitu adalah format yang digunakan. Tentu saja ada berbagai macam format penulisan yang bisa Anda gunakan sesuai dengan desain yang ingin dibuat.

Salah satu format yang paling umum digunakan yaitu dengan menggunakan format poin-poin. Ini merupakan format yang bagus karena bisa terlihat dengan jelas. Format ini cocok diaplikasikan jika Anda membuat desain CV yang simple.

  1. Tuliskan pada bagian yang tepat

Cara menuliskan kemampuan bahasa di CV yang terakhir yaitu adalah memasukkan pada bagian yang tepat. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa CV terdiri dari berbagai macam bagian.

Beberapa orang menuliskan kemampuan bahasa pada bagian skill. Walaupun begitu beberapa orang juga lebih suka menempatkannya pada bagian perbedaan karena ini merupakan soft skill yang penting untuk beberapa pekerjaan.

Mungkin salah satu tujuan menempatkan pada bagian yang berbeda supaya bisa menjadi fokus perhatian. Karena mungkin saja ketika diletakkan pada bagian skill, fokus perhatian ke bagian yang lain bukan pada kemampuan berbahasa.

  1. Hindari informasi palsu

Salah Satu hal yang wajib dihindari ketika menulis informasi pada CV yaitu adalah informasi yang tidak sesuai dengan sebenarnya atau bohong. Misalnya saja Anda memiliki kemampuan bahasa Inggris dengan tingkat beginner atau pemula.

Akan tetapi, supaya bisa mendapatkan peluang kelolosan yang tinggi Anda berbohong dengan memasukkan informasi bahwa kemampuan bahasa Inggris Anda fluent.

Sekarang ini kemampuan berbahasa memang sangat dibutuhkan untuk menunjang beberapa pekerjaan. Dengan cara menuliskan kemampuan bahasa di CV yang tepat mungkin saja akan memberikan nilai lebih dari kemampuan soft skill yang Anda miliki.

Bagikan Artikel: