10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

cara menulis riwayat pendidikan di CV

Cara Menulis Riwayat Pendidikan di CV, Perhatikan Hal Ini

Sampai saat ini masih ada cukup banyak orang yang belum mengetahui cara menulis riwayat pendidikan di CV dengan benar. Riwayat pendidikan menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk dicantumkan pada CV.

Akan tetapi, bukan berarti semua jenjang pendidikan yang pernah Anda tempuh harus ada pada CV. Menulis CV adalah sesuatu hal yang biasanya terlihat mudah akan tetapi sebenarnya membutuhkan pengetahuan khusus.

Padahal ini merupakan dokumen yang sangat penting ketika ingin melamar pekerjaan. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda yang mungkin baru lulus dan ingin segera mendapatkan pekerjaan belajar bagaimana caranya untuk menulis CV dengan baik dan benar.

Beberapa Tips Cara Men ulis Riwayat Pendidikan di CV

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa dalam menulis riwayat pendidikan pada CV mungkin perlu memperhatikan beberapa hal. Berikut kami sajikan beberapa tips dalam menulis riwayat pendidikan supaya nantinya resume yang Anda buat bisa terlihat profesional.

  1. Urutkan dari yang terbaru

Tips cara menulis riwayat pendidikan di CV yang pertama yaitu adalah menuliskan dari yang terbaru. Jadi nantinya riwayat pendidikan terakhir Anda terletak pada bagian atas.

Walaupun ini terlihat sangat sederhana akan tetapi ini ini akan membuat para rekruter bisa dengan mudah langsung membaca riwayat pendidikan terakhir. Karena biasanya salah satu hal yang sangat diperhatikan yaitu adalah pendidikan terakhir yang ditempuh.

Perlu Anda ketahui riwayat pendidikan ini ini akan sangat menentukan apakah Anda sesuai dengan kualifikasi yang diinginkan atau tidak. Jadi pastikan Anda menuliskan riwayat pendidikan yang sesuai dengan pekerjaan yang akan dilamar.

  1. Tidak perlu mencantumkan seluruh pendidikan yang pernah ditempuh

Mungkin saja masih ada banyak orang yang menuliskan riwayat pendidikan dari mulai TK sampai dengan pendidikan terakhir, misalnya saja sampai sarjana. Padahal cara menulis riwayat pendidikan di CV yang benar tidak seperti itu.

Contohnya saja ketika Anda ada sudah menempuh pendidikan sampai S1. Sudah cukup bagi Anda untuk mencapai bukan pendidikan S1 dan SMA atau SMK saja.

Supaya lebih detail Anda juga bisa menambahkan mengenai informasi IPK dan jurusan selama duduk di bangku kuliah. Ini juga menjadi informasi yang biasanya sangat penting bagi rekruter.

  1. Pisahkan bagian riwayat pendidikan dengan pencapaian

Sangat disarankan kepada Anda untuk memisahkan bagian riwayat pendidikan dengan pencapaian jika memiliki banyak sekali prestasi ketika menempuh pendidikan. Ini juga merupakan cara menulis riwayat pendidikan di CV yang sederhana akan tetapi akan membuat CV menjadi lebih enak untuk dibaca.

Selain itu, pencapaian-pencapaian yang ingin ditonjolkan pada dokumen ini juga menjadi lebih jelas. Salah satu hal yang penting untuk Anda ketahui yaitu tidak perlu mencantumkan seluruh prestasi atau pencapaian yang pernah didapatkan.

Akan lebih baik jika Anda mencantumkan pencapaian atau prestasi yang relevan dengan pekerjaan yang akan dilamar. Contohnya misalkan saja Anda pernah meraih prestasi lomba desain dan Anda sedang melamar pekerjaan menjadi seorang designer.

  1. Jangan menuliskan riwayat pendidikan yang over kualifikasi

Cara menulis riwayat pendidikan di CV yang benar yaitu dengan menuliskan riwayat pendidikan sesuai dengan kualifikasi yang diinginkan oleh perusahaan. Ini akan menunjukkan jika Anda merupakan orang yang detail dan tepat untuk mengisi posisi tersebut.

Contohnya saja, ketika ada sebuah perusahaan membuka lowongan pekerjaan untuk fresh graduate. Tentu saja ketika Anda menuliskan riwayat pendidikan yang over kualifikasi seperti magister bisa membuat Anda memiliki peluang yang kecil untuk diterima.

Karena mungkin saja perusahaan sudah memiliki kualifikasi tertentu mengapa lebih memilih seorang fresh graduate. Ada banyak detail yang memang harus diperhatikan dengan baik ketika ingin melamar pekerjaan.

Cara untuk menulis riwayat pendidikan di CV mungkin terlihat sederhana akan tetapi sebenarnya ada banyak detail-detail yang harus diperhatikan dengan baik. Apalagi ini merupakan salah satu bagian yang penting pada CV.

Karena ini akan sangat membantu para rekruter untuk mendapatkan orang-orang yang dibutuhkan oleh perusahaan. Perhatikan beberapa tips cara menulis riwayat pendidikan di CV yang kami berikan untuk membuat peluang Anda diterima kerja menjadi lebih besar.

Bagikan Artikel: