jenis loker lulusan SMK

Jenis Loker Lulusan SMK untuk Semua Jurusan Terbaru

Pencarian jenis loker lulusan SMK terbilang sebagai hal yang dikatakan cukup mudah. Apalagi Sekolah Menengah Kejuruan punya keuntungan untuk segera bekerja. Tapi sayangnya terdapat kasus juga kesulitan menemukan pekerjaan.

Terlebih jika harus selalu disesuaikan pada jurusan yang diambil saat Anda sekolah. Tentunya dapat menyebabkan menganggur dan membuang waktu terlalu banyak. Bahkan tidak sedikit kemungkinan kesulitan saat melakukan pekerjaannya.

Jenis Loker Lulusan SMK Bidang Umum untuk Setiap Jurusan

Pada dasarnya mencari pekerjaan tidak mudah kalau belum dilakukan dengan benar. Mencari sesuai dengan bidangnya mungkin sering dijadikan sebagai pilihan. Tapi sebenarnya masih banyak bidang umum dapat diikuti dengan baik.

Dalam artian tidak peduli apapun jurusan tetap bisa melamar dan mencari posisi. Keinginan untuk berkarir tidak akan dihalangi oleh masalah tersebut. Banyak pilihan tentu dapat semakin membuka peluang segera bekerja.

Anda yang ingin melamar perlu memperoleh informasi lengkap mengenai lowongan pekerjaan SMK. Apalagi jika ingin menyesuaikan kompetensi yang sudah diperoleh sebelumnya. Pastinya lulusan tipe sekolah tersebut dapat segera mengikuti.

1. Freelancer

Freelancer dapat dijadikan sebagai pekerjaan bahkan sebelum lulus dari sekolah. Hal ini disebabkan karena bisa dilakukan secara bebas dan fleksibel. Salah satu pekerjaan freelancer terbaik yakni menjadi content writer.

Sebagai jenis loker lulusan SMK, penulis tentunya dapat dilakukan semua orang. Apalagi saat ini orang biasa yang hanya lulusan SMA sederajat dapat melamarnya. Penghasilannya besar walaupun freelancer dinilai cukup bebas.

2. Customer Service

Customer service tetap menjadi salah satu rekomendasi pekerjaan untuk berbagai jurusan. Tugas utamanya adalah menerima setiap keluaran dari pelanggan. Banyak perusahaan atau instansi membutuhkan posisi tersebut.

3. Sales

Sales ternyata tetap dijadikan sebagai rekomendasi jenis loker lulusan SMK terbaik. Belum lagi tidak perlu memiliki jurusan atau lulusan pemasaran. Semua orang dapat melakukannya sehingga peluangnya dapat semakin terbuka.

Apabila ingin menjadi sales, tentunya dibutuhkan kemampuan berbicara yang baik. Termasuk punya skill mengajak setuap calon pelanggan membeli produk/jasa yang ditawarkan. Sebagai sales, tampilan menarik menjadi penawaran lebih.

Baca juga: Temukan Lowongan Kerja Daerah Tanggerang di Pintarnya



4. YouTuber atau Selebgram

YouTuber atau Selebgram telah dijadikan sebagai pekerjaan terbaik dalam era media sosial. Apalagi jika Anda memiliki kemampuan membuat animasi sampai vlog. Tentunya jika menarik dapat mendorong banyak orang menyukainya.

Sebenarnya dapat dijadikan sebagai jenis loker lulusan SMK paling cepat memperoleh banyak uang. Meski begitu proses membangun YouTube sampai Instagram cukup lama. Tapi kalau telah berhasil, menjadi lowongan meyakinkan.

6. Kasir

Kasir tetap dijadikan sebagai pilihan pekerjaan terbaik untuk dilamar oleh lulusan Sekolah Menengah Kejuruan. Apalagi masih tergolong sebagai pekerjaan umum. Tentunya tidak membutuhkan lulusan perguruan tinggi untuk melamar.

Perusahaan selalu membuka jenis loker lulusan SMK sangat sering. Belum lagi umumnya baik lulusan SMA maupun SMK diperbolehkan melamar kasir. Jangan takut untuk bersaing karena semua jurusan bisa menjadi kasir.

Dapatkan Promo Menarik Pintarnya

6. Office Boy/Girl

Office boy/girl selalu dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Apalagi tenaga cleaning service pada dasarnya masih memiliki kebutuhan sangat tinggi. Tidak heran jika kemudian disukai untuk dijadikan pekerjaan pertama setelah lulus.

Lowongan sebagai office boy/girl sebenarnya dibuka untuk lebih banyak pelamar. Pastinya dapat dipakai oleh semua jurusan bahkan setiap SMA/SMK. Kemungkinan diterima begitu mudah dan memiliki pekerjaan yang mudah dikuasai.

7. Kurir

Jenis loker lulusan SMK paling dikenal lainnya adalah kurir. Saat ini terdapat banyak perusahaan telah berkembang dan menyebar ke seluruh wilayah Indonesia. Inilah alasan kenapa lebih banyak dibutuhkan posisi kurir.

Tugas seorang kurir tentunya berusaha mengirimkan barang kiriman dari klien. Umumnya posisi kurir tersebut tidak dilengkapi dengan persyaratan sulit. Meski begitu ada baiknya telah memiliki SIM serta mengenali jalan raya.

8. Admin Media Sosial

Pilihan jenis loker lulusan SMK terbaik lainnya adalah menjadi admin media sosial. Walau terdapat perusahaan harus minimal sarjana komunikasi, boleh hanya SMK. Jika ada kemampuan bahasa Inggris, akan lebih baik.

Setiap posisi tersebut pada dasarnya sangat menarik dijadikan sebagai pilihan untuk karir. Meski baru lulus, biasanya dapat digunakan untuk rekomendasi menarik. Terutama karena mudah sekaligus kebanyakan tidak bermodal banyak.

Tidak menutup kemungkinan Anda berusaha mencari yang bahkan bukan keluar modal sama sekali. Tetap terdapat potensinya sehingga dapat diikuti. Tentu harus memastikan kalau ditekuni sekaligus mengeluarkan setiap potensinya.

Hal ini dapat dilakukan dengan kursus tambahan sebelum melamar. Boleh juga melanjutkan kuliah sesuai dengan bidang yang ingin diambil. Lalu setiap jenis loker lulusan SMK tersebut dapat menjadi karir menjanjikan.

About The Author