10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

man woman laptop office

Trik dan Tips Wawancara Psikologi Agar Tidak Gugup

Tips wawancara psikologi bisa membantu para pelamar untuk mengatasi Kegugupan. Rasa gugup sendiri sering kali dirasakan oleh pelamar pada saat akan di wawancara.

Rasa gugup yang ada pada dalam diri akan membuat Anda kurang percaya diri, tentu saja hal ini tidak baik untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan di perusahaan tersebut.

Agar bisa mengatasinya, mempersiapkan diri adalah salah satu kuncinya. Persiapkan diri Anda dengan mengetahui trik dan tips wawancara psikologi agar bisa menekan rasa gugup yang sering jadi alasan pelamar gagal melewati tahapan ini.

Fungsi Wawancara Psikologi untuk Perusahaan

Wawancara adalah salah satu tahapan penting yang harus dilalui oleh Anda pada saat melamar pekerjaan di perusahaan. Pada tahapan ini biasanya Anda akan dihadapkan dengan penguji.

Penguji tersebut akan mengetahui kepribadian Anda dengan menilai sikap, dan jawaban-jawaban dari pertanyaan yang diberikan. Pada tahap ini biasanya akan banyak menggugurkan banyak pelamar.

Biasanya orang-orang yang memiliki skill komunikasi yang baik, kecakapan dan dapat bersosialisasi dengan mudah akan melewati tahap ini dengan baik. wawancara psikologi dilakukan untuk mendapatkan data dan mencocokkan kriteria pekerja yang diinginkan oleh perusahaan.

Pertanyaan dan jawaban pada tahapan wawancara ini akan menampilkan beberapa aspek yaitu motivasi, kepercayaan, emosi dan informasi. Itu sebabnya banyak pelamar yang mencari trik dan tips wawancara psikologi agar tidak gugup dan bisa menyampaikan jawaban-jawaban dengan baik.

Tips dan trik ini bisa diterapkan untuk mengatasi kegugupan yang biasanya terjadi pada setiap pelamar. Trip ini sangat berguna untuk membuat pelamar menjadi jauh lebih nyaman dan tenang saat diwawancarai oleh penguji dan dapat maksimal menjawab semua pertanyaan yang diberikan.

Trik dan Tips Wawancara Psikologi untuk Atasi Rasa Gugup

Agar bisa masuk ke perusahaan dan mendapatkan pekerjaan biasanya pelamar akan masuk ke dalam tahapan wawancara terlebih dahulu. Pada tahap ini banyak sekali pelamar yang gagal karena berbagai alasan.

Salah satunya adalah rasa gugup yang membuat rasa percaya diri menjadi berkurang. Apalagi sebagai fresh graduate yang belum memiliki pengalaman mumpuni. Untuk mengatasi masalah ini berikut ini trik dan tips wawancara psikologi agar bisa menekan rasa gugup dan otomatis lolos.

  1. Buat tangan menjadi hangat

Sebelum memasuki ruangan Anda wajib untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Dari mulai berpakaian yang pantas, datang tidak telat hingga menciptakan kesan bahwa Anda sudah yakin dan percaya diri.

Salah satu cara agar membuat Anda terasa lebih yakin dan percaya diri adalah membuat tangan menjadi hangat. Pada sesi wawancara sebelum dimulai biasanya pelamar akan berjabat tangan terlebih dahulu dengan para penguji.

Tangan yang dingin akan menimbulkan kesan bahwa Anda terlihat gugup dan tidak terlalu santai dalam menjalani tahap ini. Tetapi jika tangan terasa hangat kesan pertama yang akan ditangkap oleh para penghuni adalah Anda memiliki kepribadian yang ramah dan terbuka.

Untuk bisa membuat tangan menjadi hangat Anda bisa pergi ke toilet sebentar dan menghangatkan tangan menggunakan air hangat.

  1. Menirukan gerakan tubuh pewawancara

Tips wawancara lainnya yang bisa ditiru adalah menirukan gerakan tubuh dari pewawancara. Karena jika seseorang tertarik pada lawan bicaranya salah satu cirinya adalah menirukan gerak geriknya.

Saat lawan bicara menggaruk kepala, Anda juga bisa menggaruk sedikit kepala atau jika lawan bicara mengerutkan dahi, Anda bisa ikut untuk mengerutkan dahi. Menirukan sedikit gerak gerik penguji secara alami akan membuat kesan bahwa Anda tertarik dan menghargai mereka.

  1. Mengambil waktu beberapa detik sebelum menjawab

Jawaban yang dilontarkan oleh pelamar adalah hal yang sangat menentukan Anda akan diterima atau tidak. Oleh karena itu kehati-hatian dalam memilih kata adalah kunci agar bisa lolos tahap ini.

Tips wawancara psikologi untuk bisa mendapatkan jawaban terbaik dengan mengambil waktu beberapa detik terlebih dahulu sebelum menjawab pertanyaan yang diajukan. Menunggu beberapa detik sebelum menjawab juga akan memberikan kesan bahwa Anda memiliki pribadi yang tenang dan percaya diri.

Dibandingkan dengan orang yang langsung menjawab tanpa memikirkan kata-kata yang tepat. Karena seseorang yang sudah yakin dengan jawabannya tidak akan segan untuk membuat lawan bicaranya menunggu beberapa detik.

  1. Selalu berhati-hati dengan bahasa tubuh

Salah satu tips wawancara psikologi paling penting lainnya adalah memerhatikan setiap gerak gerik tubuh. Penguji tidak akan menilai hanya dalam aspek jawaban yang Anda lontarkan saja tetapi juga setiap gerak gerik tubuh Anda. Gerak gerik tubuh ini biasanya akan dilakukan secara alami dan tidak disadari.

Beberapa bahasa tubuh yang lebih baik dihindari saat melakukan wawancara adalah tangan dilipat ke depan dada, bermain-main dengan pulpen, dan masih banyak lagi.Cara-cara sederhana ini cukup efektif untuk mengatasi rasa gugup agar bisa lolos dari tahap wawancara. Tips wawancara psikologi ini bisa ditiru dan diaplikasikan pada saat Anda menjalani tahapan wawancara.

Bagikan Artikel: