man woman laptop office

9 Tips Menghadapi Wawancara Kerja Menggunakan Psikologi Agar Tidak Gugup

Tips wawancara psikologi bisa membantu para pelamar untuk mengatasi Kegugupan. Rasa gugup sendiri sering kali dirasakan oleh pelamar pada saat akan di wawancara. Rasa gugup yang ada pada dalam diri akan membuat Anda kurang percaya diri, tentu saja hal ini tidak baik untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan di perusahaan tersebut. Berikut ini tips menghadapi wawancara kerja menggunakan psikologi agar tidak gugup, yuk simak!!!

Apa Itu Menghadapi Wawancara Kerja Menggunakan Psikologi?

Menurut Indeed, menghadapi wawancara kerja menggunakan psikologi merupakan mempersiapkan wawancara kerja menggunakan trik psikologi agar lebih enjoy dan rilex.

Menghadapi wawancara kerja menggunakan psikologi adalah pendekatan yang melibatkan pemahaman tentang prinsip-prinsip psikologi dan perilaku manusia untuk mempersiapkan diri dengan baik dalam menjalani wawancara pekerjaan.

Baca juga: Tips mengatasi rasa gugup saat interview kerja

Tips Menghadapi Wawancara Kerja Menggunakan Psikologi

1. Gunakan Taktik “Power Priming

Power priming adalah teknik di mana Anda mempersiapkan diri dengan mengingat pengalaman atau situasi di mana Anda merasa kuat dan berkompeten sebelum wawancara. Ini dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri Anda dan memengaruhi cara Anda berbicara dan bertindak selama wawancara.

2. Tersenyum Secukupnya

Senyuman adalah tanda positif dan dapat menciptakan hubungan yang lebih baik antara Anda dan pewawancara. Tetapi, penting untuk menjaga senyuman Anda agar tetap alami dan tulus, bukan senyuman berlebihan yang mungkin terlihat tidak tulus.



3. Gunakan Nama Pewawancara

Menggunakan nama pewawancara sesekali dalam percakapan dapat membantu menciptakan ikatan personal. Namun, jangan berlebihan dalam penggunaan nama mereka.

4. Melatih “Reflective Listening

Ini adalah keterampilan mendengarkan aktif di mana Anda mencerminkan kembali apa yang dikatakan oleh pewawancara untuk memastikan pemahaman yang baik. Ini menunjukkan bahwa Anda peduli dan menghargai pendapat mereka.

5. Pastikan Tangan Anda Hangat dan Kering

Ketika Anda berjabat tangan dengan pewawancara, pastikan tangan Anda hangat dan kering. Tangan dingin atau basah dapat memberikan kesan yang kurang menguntungkan.

6. Tirulah Gerak Gerik Pewawancara, namun Secara Positif

Meniru gerak gerik atau bahasa tubuh seseorang secara alami dapat menciptakan ikatan. Namun, jangan lakukan ini secara berlebihan atau terlihat tidak alami.

7. Perhatikan Bahasa Tubuh Anda

Kesadaran akan bahasa tubuh Anda sangat penting. Pastikan Anda menjaga postur tubuh yang positif, seperti duduk dengan tegak dan menjaga kontak mata, yang dapat mencerminkan rasa percaya diri dan ketertarikan.



8. Gunakan Construal Level Theory (CLT)

CLT adalah teori psikologi yang menyatakan bahwa cara kita memandang masa depan dapat memengaruhi cara kita mengambil keputusan. Saat menjawab pertanyaan tentang visi dan tujuan jangka panjang, Anda dapat menggambarkannya dengan rinci, menunjukkan pemikiran strategis dan keberlanjutan.

9. Hindari Menyanggah atau Memotong Pembicaraan

Saat pewawancara berbicara, beri mereka waktu untuk menyelesaikan pikiran mereka sebelum Anda merespons. Hindari memotong mereka atau menghadang pembicaraan mereka, karena hal ini dapat menciptakan ketegangan.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.