10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

pencapaian terbesar dalam hidup

Cara Menjawab “Pencapaian Terbesar Dalam Hidup” Saat Wawancara Kerja

Cara menjawab “pencapaian terbesar dalam hidup” ketika sedang melakukan wawancara kerja tidak semudah yang Anda bayangkan. Bahkan, tidak sedikit orang yang merasa bingung ketika ditanyakan mengenai hal tersebut.

Karena merasa bingung, jawaban yang keluar dari mulut menjadi berantakan. Hal tersebut tentu saja akan menentukan apakah Anda diterima atau tidak. Padahal, Anda sudah masuk dalam tahap wawancara. Lalu, bagaimana cara menjawabnya?\

Baca juga: Cara Menjawab “Lingkungan Kerja Seperti Apa yang Anda Sukai”

Cara Menjawab “Pencapaian Terbesar Dalam Hidup” 

Anda Tidak perlu gugup dan cemas ketika sedang melakukan interview untuk mendapatkan sebuah pekerjaan. Cara menjawab “pencapaian terbesar dalam hidup” bisa Anda pelajari terlebih dahulu mulai dari sekarang.

Dengan begitu, Anda tidak akan merasa terlalu cemas saat menjawabnya. Berikut tips yang dapat Anda lakukan ketika menghadapi pertanyaan tersebut.

1. Berikanlah fakta serta angka

Yang dimaksud fakta dan angka adalah karena penerima kerja atau recruiter dalam hal ini akan mengukur pencapaian Anda. Kaitkan pencapaian tersebut dengan angka atau presentase sebagai tolak ukur pencapaian.

Tetapi jika Anda Memang tidak bisa menjawab hal tersebut dengan menggunakan angka, tidak perlu membuat hal yang berlebihan. Bahkan, menjawab dengan sesuatu yang benar-benar tidak pernah Anda lakukan.

2. Menyesuaikan dengan posisi yang akan Anda lamar

Cara menjawab “pencapaian terbesar dalam hidup” selanjutnya adalah menyesuaikan dengan posisi yang akan dilamar. Anda bisa mereview terlebih dahulu deskripsi jawaban yang dibutuhkan serta melakukan research terhadap perusahaan yang akan dilamar.

Hal tersebut akan membantu Anda dalam memilih pencapaian yang menunjukkan keterampilan sesuai yang dicari perusahaan. Contohnya jika Anda akan melamar di bidang marketing dengan lowongan pembuat iklan, contoh pencapaian bisa dikaitkan dengan iklan yang berhasil Anda buat.

3. Hindari melebih-lebihkan jawaban

Seperti yang telah disampaikan pada nomor 1 mengenai cara menjawab “pencapaian terbesar dalam hidup”, melebih-lebihkan jawaban merupakan hal yang sebaiknya Anda hindari. Menjawab dengan jujur dan sesuai dengan fakta yang ada akan mencerminkan kepribadian.

Kemampuan Anda pastinya akan tercermin ketika nantinya Anda mulai bekerja. Terkadang, pihak perusahaan juga akan melakukan pengecekan terhadap background Anda untuk memastikan informasi yang disampaikan memang benar atau tidak.

Baca juga: Cara Menjawab “Apa yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan Kami”

Alasan Perusahaan Menanyakan Pencapaian Terbesar Dalam Hidup

Cara menjawab “pencapaian terbesar dalam hidup” memang perlu dilakukan dari sekarang karena hal ini pastinya akan ditanyakan. Namun, mengapa hal ini selalu ditanyakan oleh pihak recruiter saat melakukan wawancara terhadap pelamar kerja? 

Ternyata, alasannya memang sangat mengesankan. Berikut hal yang membuat recruiter menanyakan pencapaian terbesar kepada pelamar kerja.

1. Mengukur cara pandang Anda terhadap kesuksesan

Dengan menanyakan tentang hal tersebut, penerima kerja akan mengetahui pencapaian yang akan Anda inginkan dalam hidup. Apakah hal tersebut memang berhubungan dengan karir dan pekerjaan Anda atau tidak.

Jika Anda melamar sebagai seorang IT, namun pencapaian yang Anda inginkan adalah memenangkan lomba fotografi, ini tentu saja tidak akan memberikan kontribusi terhadap pekerjaan yang Anda lakukan.

2. Mengukur etos kerja Anda

Hal selanjutnya mengapa seorang recruiter menanyakan pencapaian terbesar dalam hidup Anda adalah mereka ingin Anda mendeskripsikan suatu pencapaian. Mereka ingin Anda mengatakan tentang cara Anda dalam mendapatkan kesuksesan

Dari hal ini akan terlihat ambisi yang Anda miliki. Dengan demikian, mereka juga akan mampu melihat cara kerja Anda di masa yang akan datang.

3. Ilustrasi cara kerja Anda kelak

Dalam hal ini, penerima kerja juga akan mengukur cara kerja yang akan Anda lakukan kelak ketika diterima dalam perusahaan mereka. Mereka bisa mengekspetasikan bagaimana Anda akan melakukan pekerjaan di masa yang akan datang.

Maka, Anda bisa mempersiapkan beberapa narasi untuk nantinya disampaikan kepada pewawancara dalam hal pencapaian terbesar. Jawaban ini tidak perlu dikaitkan dengan pekerjaan yang pernah Anda lakukan sebelumnya.

Dalam hal ini, Anda Bisa menceritakan tentang kehidupan pribadi. Maka, mempersiapkan jawabannya dengan baik adalah hal yang perlu Anda pertimbangkan matang-matang.

Anda bisa membuat daftar pencapaian terbesar mulai dari sekarang. Dengan Demikian, tidak akan merasa bingung ketika mendapatkan jawaban tersebut pada masa yang akan datang.

Setidaknya, siapkan 1 hingga 3 daftar pencapaian yang dapat mewakili karya terbaik Anda sesuai dengan posisi pekerjaan yang dilamar. Cara menjawab “pencapaian terbesar dalam hidup” akan mempengaruhi apakah Anda diterima atau tidak.

Bagikan Artikel: