10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

lingkungan kerja seperti apa yang Anda sukai

Cara Menjawab “Lingkungan Kerja Seperti Apa yang Anda Sukai”

Ketika Anda sedang mencari bagaimana cara menjawab “lingkungan kerja seperti apa yang Anda sukai”? Pertanyaan yang umumnya diberikan oleh perekrut kepada para pencari kerja, yaitu lingkungan yang disukai dan yang tidak disukai.

Pertanyaan andalan tersebut sebenarnya tidak sulit. Sebab, Anda dapat memberikan jawaban sesuai dengan yang Anda inginkan. Bagi Anda yang masih bingung dalam menjawab, bisa mengikuti tips berikut ini.

Baca juga: Cara Menjawab “Apa yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan Kami”

5 Cara Menjawab “Lingkungan Kerja Seperti Apa yang Anda Sukai”

Tujuan dari pertanyaan tersebut adalah untuk mengetahui lingkungan kerja yang lebih formal atau dalam lingkungan kantor yang casual. Selain itu apakah Anda juga lebih menyukai pendekatan yang berbasis tim atau lebih menyukai mengerjakan sendiri?

1. Rekan Kerja yang Saling Mendukung

Cara menjawab “lingkungan kerja seperti apa yang Anda sukai”, maka Anda bisa menjawab lingkungan kerja yang memiliki rekan kerja yang saling mendukung. Umumnya lingkungan kerja ini bagi para pencari kerja yang lebih menyukai kerja dengan tim.

Hal ini dikarenakan dengan memiliki lingkungan kerja yang baik dapat mengakomodasi komunikasi dan hubungan pertemanan yang baik antar karyawan. Sebab apabila tidak terdapat lingkungan yang akrab antar karyawan akan menciptakan lingkungan kerja yang nyaman.

2. Adanya Personal Space

Adanya personal space bisa menjadi andalan bagi Anda yang lebih menyukai sistem kerja individu. Cara menjawab “lingkungan kerja seperti apa yang Anda sukai” ini terkesan karyawan merasa lebih penuh ide dan juga motivasi apabila berada di lingkungan kerja yang memiliki personal space.

Adanya personal space ini bukan berarti kantor harus memiliki ruang kerja yang luas. Namun, terdapat sekat dan pembatas antar ruang kerja satu dengan yang lainnya. Dengan demikian dapat menciptakan produktivitas ketika bekerja.

3. Memiliki Manajemen yang Baik

Manajemen merupakan salah satu hal yang dapat mempengaruhi karyawan tersebut betah bekerja atau tidak. Sehingga tidak heran jika cara menjawab “lingkungan kerja seperti apa yang Anda sukai” ketika tahap interview banyak yang mengatakan jika lingkungan kerja yang memiliki manajemen yang baik.

Sebab, manajemen dalam sebuah perusahaan akan menghasilkan turnover rate yang tinggi. karyawan tidak akan betah berlama-lama tinggal pada perusahaan yang memiliki manajemen yang tidak baik dan juga tidak mendukung karyawannya.

Hal ini tentu berbeda dengan perusahaan yang memiliki manajemen yang bagus. Manajemen yang memberi support atau dukungan kepada para karyawan menjadi lebih baik dan produktif, maka akan memberi dampak positif pula bagi para karyawannya untuk mengembangkan perusahaan.

Baca juga: Cara Menjawab “Alasan Melamar Pekerjaan Ini?” Saat Interview

4. Bersih dan Nyaman

Selain dengan beberapa jawaban di atas, cara menjawab “lingkungan kerja seperti apa yang Anda sukai” juga bisa dengan menggunakan lingkungan kerja yang bersih dan nyaman. Lingkungan yang bersih, tidak terdapat sampah, tidak berdebu dan juga tidak ada serangga di dekat area kerja.

Lingkungan kerja yang bersih dan nyaman tentu akan membuat para karyawan dapat berpikir lebih kreatif dan tenang dalam mengerjakan tugas yang diberikan. Sehingga bisa memenuhi target yang diberikan dari perusahaan.

5. Terdapat Akses Air Bersih

Hal penting lainnya yang tidak boleh terlewat adalah adanya akses air bersih yang memadai. Sebab kebutuhan air bersih di lingkungan kerja merupakan hal mutlak yang tidak dapat ditawar. Sebab air yang kotor dapat memicu timbulnya penyakit sehingga dapat menurunkan produktivitas.

Tips Menjawab Lingkungan Kerja Seperti Apa yang Anda Sukai

Setelah mengetahui lingkungan kerja apa saja yang direkomendasikan sebagai jawaban ketika interview. Maka Anda menjawab pertanyaan interview dengan salah satu jawaban di atas atau menyesuaikan dengan lingkungan perusahaan yang Anda inginkan.

Namun, jika perusahaan tempat Anda melamar merupakan perusahaan yang fleksibel, maka Anda bisa menjawab dengan jujur dan lugas. Misal, Anda menyukai tempat kerja yang fleksibel seperti yang Anda lamar sehingga Anda tertarik menjadi bagian dari perusahaan tersebut.

Setelah mengetahui bagaimana jawabnya jangan lupa untuk tetap menjawab dengan cara yang sopan. Sebab, mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan impian merupakan harapan bagi sebagian besar orang. 

Jangan lupa untuk menyiapkan skill dan pengalaman yang sesuai dengan kriteria yang Anda inginkan. Sehingga cara menjawab “lingkungan kerja seperti apa yang Anda sukai” bisa cukup membantu.

Bagikan Artikel: