10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Cara Menjawab Test Kepribadian DISC Saat Psikotes

Salah satu persiapan psikotes yang tidak boleh Anda abaikan adalah mengetahui bagaimana cara menjawab test kepribadian DISC. Mungkin sebagian dari Anda masih ada yang belum tahu apa itu test DISC.

Test DISC merupakan salah satu test kepribadian untuk mengukur aspek kemampuan berinteraksi seseorang. Test ini juga dapat membuat Anda memahami diri sendiri dan juga orang lain.

Meski saat ini sudah ada berbagai test kepribadian, namun test DISC masih menjadi preferensi utama sebagian besar masyarakat. Selain pelaksanaannya yang mudah, hasilnya juga lebih relevan untuk dunia kerja.

Untuk menjawab pertanyaan di test ini, ada beberapa cara yang perlu Anda lakukan. Untuk mengetahui apa saja cara tersebut, silahkan simak pembahasannya di bawah ini.

Cara Menjawab Test Kepribadian DISC

Saat melakukan test kepribadian DISC, Anda akan mendapatkan tabel yang berisi macam-macam pernyataan. Pernyataan tersebut berdasarkan kepribadian umum yang dimiliki seseorang.

Untuk menjawab soal di test DISC sebenarnya sangat mudah. Sebab, tidak ada patokan benar atau salah. Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan yang sebenarnya. 

Hanya saja dalam psikotes rekrutmen pekerjaan, tentu Anda ingin lolos dan diterima. Oleh sebab itu, ada beberapa cara khusus untuk mengerjakan test kepribadian ini agar hasilnya lebih baik. Di antaranya adalah:

1. Pahami Aspek Kepribadian di Test DISC

Cara menjawab test kepribadian DISC tentu Anda harus memahami terlebih dahulu aspek kepribadian apa saja yang ada dalam soal. Dalam test DISC ada empat aspek kepribadian yang perlu Anda pahami, yaitu:

  • Kepribadian D atau Dominance: Seseorang dengan kepribadian ini cirinya mandiri, tegas, dan ambisius. Dalam pekerjaan, tipe ini menyukai berurusan dengan orang secara langsung, nyaman dengan konflik, dan terus terang.
  • Kepribadian I atau Influence: Seseorang yang memiliki kepribadian ini menyukai kesenangan, percaya diri, dan mudah bergaul. Dalam dunia kerja, orang ini selalu berusaha membuat jaringan yang luas dan memiliki ide baru.
  • Kepribadian S atau Submission: Karyawan yang memiliki kepribadian ini cenderung lebih pendiam dan berusaha mencari teman dengan karakter sama. Dalam pekerjaan ia memiliki emosi stabil dan sangat baik dalam bekerja sama.
  • Kepribadian C atau Complance: Karyawan yang memiliki kepribadian ini bersifat analitis, terstruktur, dan tertarik pada proses. Biasanya, karyawan berkepribadian ini akan menjadi problem solver dalam sebuah proyek pekerjaan.

Setiap tipe kepribadian tentu ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda perlu pelajari dan sesuaikan dengan posisi yang dilamar agar bisa lolos dengan mudah.

2. Pilih Salah Satu Opsi Paling Sesuai dengan Kepribadian

Cara menjawab test kepribadian DISC, memang harus mengisinya sesuai dengan diri sendiri Anda. Tapi dalam hal melamar pekerjaan, Anda perlu mempertimbangkan jenis pekerjaan dengan kepribadian yang dibutuhkan.

Misalnya Anda melamar untuk menjadi konten kreator. Tentu salah satu aspek penting dalam pekerjaan ini adalah kreativitas dan ide-ide segar. Oleh sebab itu, pastikan Anda harus bisa menunjukkan kepribadian influence.

Meski begitu, Anda juga perlu memiliki kepribadian lainnya yang menunjukkan loyalitas sebagai karyawan perusahaan. Oleh sebab itu, pertimbangkan baik-baik saat menjawab setiap pertanyaan.

3. Konsisten Saat Memilih Opsi

Cara menjawab test kepribadian DISC berikutnya adalah saat mengisi lembar soal, pastikan Anda konsisten pada satu opsi. Boleh berbeda-beda asalkan jangan terlalu acak.

Sebagai tambahan informasi, dalam lembar soal test DISC Anda akan menemukan beberapa opsi yang sama seperti di soal sebelumnya. Bahkan jumlah pengulangannya cukup banyak.

Pastikan jika pada soal awal misalnya Anda memilih opsi X, maka pastikan pilih opsi X pada pertanyaan yang menampilkan opsi tersebut. Hal ini dapat menggambarkan seberapa konsisten Anda.

4. Jangan Terlalu Banyak Coretan

Salah saat mengerjakan soal memang bukan hal yang aneh. Anda juga diberikan keleluasaan untuk memperbaikinya dengan cara mencoretnya. Tapi, dalam cara menjawab test kepribadian DISC pastikan hindari banyak coretan.

Apa lagi sampai membuat lembar jawaban kotor dan tidak enak dilihat. Meski sangat sederhana, ternyata hal ini menjadi salah satu pertimbangan HRD saat menilai kepribadian calon karyawan.

5. Management Waktu

Jumlah test DISC sangat banyak dan Anda harus menyelesaikannya dalam waktu yang sangat terbatas. Oleh sebab itu, management waktu sangat diperlukan untuk menyelesaikan soal ini.

Oleh sebab itu, Anda perlu fokus agar memahami pertanyaan dengan lebih cepat. Selain itu, tinggalkan terlebih dahulu soal yang dianggap sulit agar tidak menyita waktu.Test kepribadian DISC dalam proses rekrutmen memang sering dilakukan oleh perusahaan. Sehingga, Anda perlu tahu cara menjawab test kepribadian DISC dengan tepat.

Bagikan Artikel: