10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Cara Kerja Kasir yang Baik Pada Bidang Berbeda

Cara kerja kasir mungkin banyak di antara banyak orang yang masih belum mengetahuinya. Terutama mungkin bagi Anda yang ingin melamar sebagai profesi ini. Kasir sendiri merupakan sebuah profesi yang sudah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia.

Ketika berbelanja, dan ketika akan melakukan pembayaran maka Anda pasti akan menemui kasir. Begitu pula ketika Anda keluar dari toko perbelanjaan, Anda akan menemui petugas  dari tempat parkir.

Sebenarnya, Itu juga merupakan seorang kasir. Walau sama-sama berstatus sebagai petugas kasir, namun tugas dari tiap masing-masing kasir berbeda. Kasir sendiri sebenarnya ada bermacam-macam jenisnya, tentu saja cara kerja menjadi kasir juga berbeda.

Baca juga: Tips dan Cara Menjadi Admin Sosial Media Profesional

Cara Kerja Kasir untuk Pada Segala Jenis Bidang

Sebelum membahas lebih Lanjut mengenai cara kerjanya, apakah Anda tahu apa itu kasir. Kasir sendiri merupakan sebuah profesi yang bertugas dalam melayani serta melakukan transaksi jual beli.

Namun, selain bertugas di mesin kasir seorang kasir juga patut mengerti mengenai berbagai hal. Termasuk product knowledge, agar dapat melakukan penjualan dengan baik. Dan bagi Anda yang ingin terjun dalam profesi ini, wajib mengetahui beberapa hal.

Kasir, ialah orang yang bertugas dalam melayani dan melakukan transaksi. Mesin kasir atau cash register merupakan alat penting dalam peranan seorang kasir, karena dapat menyimpan uang, dan menyediakan bukti transaksi.

Terakhir ialah kassa, kassa merupakan tempat di mana seorang kasir bekerja. Jika Anda telah mengetahui apa itu kasir secara garis besarnya, maka dari itu langsung saja simak pembahasan di bawah mengenai cara kerja kasir yang harus Anda ketahui.

1. Tugas kasir pada Ekspedisi

Kasir pada profesi ini akan Anda jumpai pada saat Anda akan mengantarkan sebuah barang menuju sebuah tempat ekspedisi. Jika Anda bertemu seorang petugas yang menyambut serta mencatat pengiriman barang itu. Maka itulah kasir ekspedisi.

Adapun cara kerja kasir ekspedisi adalah sebagai berikut. Melakukan transaksi biaya pengiriman pada alamat yang menjadi tujuannya, melakukan pengurukan berat dan volume barang yang telah dikirim agar hitungan ongkos kirim tepat.

Selain itu juga menyediakan pelayanan pembayaran ongkos kirim pengiriman barang. Juga melakukan proses cetak resi serta bukti kirim agar dapat diserahkan pada pengirim barang. Dan terakhir melakukan pencatatan list barang dalam proses pick up agar tidak tertukar.

2. Tugas kasir pada Rumah Sakit

Cara kerja kasir pada rumah sakit akan meliputi dari pembayaran, bahkan menghitung dari pengeluaran serta pemasukan rumah sakit. Kasir rumah sakit juga biasanya melakukan komunikasi dengan accounting rumah sakit supaya perhitungannya benar.

Adapun tugas-tugasnya adalah sebagai berikut, menghitung total jumlah pasien yang dirawat hingga pasien rawat jalan. Lalu mengetahui harga jasa dokter dengan baik, membuat rekap pembukuan pasien dari yang harian dan bulanan, serta mengatur arsip data pasien.

3. Tugas kasir di Toko Swalayan

Pada profesi kasir di bidang ini, yang paling banyak ditemui dari kebanyakan kasir lainnya. Setiap akan melakukan pembayaran, pasti kasir tersebut akan menawarkan beberapa produk, baik itu yang sedang diskon, maupun yang best seller.

Itu sebenarnya merupakan teknik yang dapat meningkatkan penjualan, yang bernama Up Selling. Adapun mengenai tugasnya ialah sebagai berikut, melayani pembelian sebuah produk, mengetahui mengenai informasi produk, bertanggung jawab dalam pengemasan.

Selain itu, bertugas membuat perbukuan secara baik. Serta mengoperasikan mesin pembayaran secara benar dan baik dan menyertakan bukti transaksi.

Baca juga: Kapan Pendaftaran Gojek Dibuka Kembali

4. Tugas kasir di kedai Restoran

Petugas kasir restoran juga merupakan salah satu petugas kasir yang sering dijumpai di manapun. Bedanya kasir restoran tidak memiliki product knowledge, hal tersebut menjadi tanggung jawab waiter dan manager yang berinteraksi langsung dengan pelanggan.

Adapun mengenai tugasnya yaitu, memastikan secara pasti menu yang dipesan oleh pelanggan agar tidak terjadi kesalahan harga. Lalu melakukan proses pembayaran di mesin kasir dan mencetak struk sebagai bukti pembayaran.

5. Tugas kasir di Hotel

Cara kerja Kasir pada hotel antar lain, mengetahui secara tepat mengenai tagihan penyewaan setiap tamu kamar. Lalu mendata tagihan tamu secara lengkap, menerima uang ganti rugi kerusakan dan membuat pembukuan kas hotel.

Itulah beberapa tugas yang harus dikerjakan sebagai kasir. Menjadi seorang kasir memang harus dibutuhkan sebuah ketelitian  yang cukup besar. Jika Anda atau bahkan teman Anda  ingin menjadi seorang kasir, Anda bisa melihat cara kerja kasir pada penjelasan kami di atas.

Bagikan Artikel: