10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Tips dan Cara Menjadi Admin Sosial Media Profesional

Jika Anda sedang mencari sebuah pekerjaan berhubungan dengan dunia sosial media, maka Anda perlu mengetahui cara menjadi admin sosial media yang kompeten dan tentunya profesional. Tidak perlu khawatir, sebab Anda akan menemukan semua jawabannya di bawah ini.

Di era digital seperti sekarang ini ada banyak sekali pekerjaan baru bermunculan, mulai dari youtuber, gamers profesional, sampai dengan admin sosial media. Apakah Anda sudah mendengar mengenai hal tersebut?

Pekerjaan ini menjadi incaran banyak orang baik fresh graduate maupun sudah berpengalaman sekalipun. Namun untuk bisa menjadi seorang admin sosmed yang sukses ada banyak hal yang perlu Anda ketahui dan tentunya kuasai.

Walaupun terdengar mudah, setiap pekerjaan pastinya membutuhkan kemampuan dan skill mumpuni agar bisa bekerja dengan baik dan menghasilkan untung besar. Dalam kesempatan kali ini akan kami berikan penjelasan lengkap mengenai cara untuk menjadi admin di sosial media.

Baca juga: Mau Pasang Iklan Lowongan Kerja Gratis? Begini Caranya!

Apa Itu Admin Sosial Media?

Sebelum masuk ke pembahasan cara menjadi admin sosial media, lebih baik Anda terlebih dahulu mengetahui pengertian dari pekerjaan ini. Banyak juga yang sering menyebut pekerjaan ini dengan nama social media specialist.

Jadi, social media specialist adalah seseorang yang dipercaya untuk mengelola serta menjalankan segala hal berhubungan dengan platform media sosial, untuk kepentingan promosi maupun penyampaian informasi dari sebuah perusahaan, brand, instansi, dan lain sebagainya kepada seluruh pengguna internet.

Karena cakupannya cukup luas yaitu ke hampir seluruh wilayah di dunia maka banyak perusahaan menggunakan social media specialist untuk membuat promosi produk semenarik mungkin agar banyak diminati oleh konsumen.

Gambaran pekerjaan yang Anda lakukan ketika menjadi social media specialist dan kami bahas dalam cara menjadi admin sosial media ini diantanya adalah dengan selalu melakukan update informasi terbaru mengenai trend, maupun produk keluaran terbaru dari perusahaan tempat Anda bekerja.

Bukan hanya itu saja, seorang admin juga harus bisa menjadi penghubung dari konsumen maupun klien dengan perusahaan. Oleh sebab itu, seorang admin harus memiliki kemampuan berkomunikasi cukup baik agar bisa menciptakan koneksi personal antara klien dengan perusahaan.

Cakupan sosmed yang harus Anda handle tidak hanyalah satu. Sebab pastinya semakin banyak sosmed digunakan maka semakin besar juga kesempatan konsumen untuk melihat dan menyukai produk yang Anda promosikan.

Biasanya perusahaan-perusahaan besar maupun kecil akan menggunakan berbagai macam aplikasi sosmed diantaranya adalah Instagram, Facebook, Twitter, Tiktok, Youtube, Line, dan masih banyak lainnya. Masing-masing harus dimanfaatkan agar bisa mendapatkan engagement rate tinggi guna meningkatkan penjualan produk.

Cara Menjadi Admin Sosial Media yang Profesional

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, untuk menjadi admin sosial media yang profesional Anda harus memiliki skill dan kemampuan mumpuni. Penasaran apa saja? Simak saja pembahasan dari kami di bawah ini.

1. Mengenali profil perusahaan

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengenali profil perusahaan. Sebab, Anda adalah orang pertama yang berkomunikasi langsung dengan konsumen. Oleh karena itu Anda perlu mengetahui dengan baik profil perusahaan tempat Anda bekerja.

Selain itu, mengetahui profil perusahaan juga bisa membantu Anda dalam membuat dan mengembangkan konten-konten kreatif yang akan Anda upload untuk sosmed maupun berkomunikasi dengan konsumen.

2. Pahami produk yang dijual

Selain mengenali profil perusahaan, cara menjadi admin sosial media adalah dengan memahami produk yang dijual oleh perusahaan. Dengan begitu Anda bisa menjawab semua pertanyaan dari konsumen mengenai produk yang Anda jual.

3. Kenali target pasar perusahaan

Setiap produk pastinya memiliki target pasar perusahaannya masing-masing. Tidak mungkin Anda menjual minyak penumbuh jenggot dan menggunakan “Sis” sebagai sapaan kepada para audiece sosmed.

Baca juga: Tips dan Cara Menjadi Admin Sosial Media Profesional

4. Buat sapaan khusus untuk para followers

Untuk lebih memberikan kesan kepada para followers dan juga konsumen, Anda bisa mencoba untuk membuat sapaan khusus kepada mereka. Misalnya saja perusahaan yang bergerak dibidang peralatan outdoor yaitu Eiger yang menyapa followers mereka dengan nama Eigerian.Selain itu Anda juga harus memiliki profesionalitas yang tinggi ketika bekerja, kreatif, responsif, dan juga teliti. Cara menjadi admin sosial media bisa Anda ikuti dan praktikan agar bisa menjadi social media spesialist yang profesional.

Bagikan Artikel: