contoh CV operator produksi

Contoh CV Operator Produksi Beserta Tips Pembuatannya

Operator produksi merupakan seseorang yang mengoperasikan mesin, contoh CV operator produksi harus dipahami dengan benar. Jika Anda berminat untuk melamar pekerjaan di bidang tersebut. Mesin yang dioperasikan adalah pengelolaan bahan baju menjadi siap dikirim. 

Agar dapat membantu proses pengelolaannya, maka hal-hal yang dikerjakan seorang operator produksi dapat sangat beragam, tergantung dengan bagian mana Anda ditempatkan. Perlu menjadi perhatian bahwa seluruh tugas seorang operator produksi adalah mengawsi kerja. 

Bukan hanya mengawasi kerja tapi juga mengawasi berbagai mesin, serta mengecek jika terdapat ketidaknormalan pada alat. Operator mempunyai tanggung jawab terhadap hal tersebut dengan memastikan kualitas bahan baku serta hasil barang yang sudah diproduksi. 

Jika Anda berminat pada bidang tersebut dan berniat untuk melamar di bidang itu, maka sangat penting untuk membuat curriculum vitae sesuai dengan contoh CV operator produksi. Tujuannya agar HRD akan lebih mudah melirik dan memahami CV yang Anda buat. 

Perlu menjadi catatan, perhatikan berbagai syarat dan ketentuan yang diminta oleh perusahaan. Jika dapat memenuhi semua kualifikasinya, maka akan menjadi nilai plus untuk Anda saat akan melamar pekerjaan. Maka dari itu, wajib untuk memahami banyak hal penting.

Baca juga: Contoh cv marketing

Format Isi Dalam Contoh CV Operator Produksi yang Wajib Dipahami

Pada contoh CV operator produksi sendiri, perlu menjadi perhatian. Hal tersebut dikarenakan terdapat bagian penting yang harus diisi secara detail. Biasanya bagian tersebutlah yang akan dijadikan bahan pertimbangan untuk seseorang yang melamar pekerjaan.

1. Deskripsi Diri

Mulai dari deskripsi diri. Pada umumnya, deskripsi cukup ditulis menggunakan satu paragraph yang memuat 2-3 kalimat sebagai suatu bentuk perkenalan singkat dari para calon karyawan. Deskripsi sebaikanya menjelaskan siapa diri Anda dan apa yang bisa Anda lakukan. 

2. Data Diri

Lanjut pada data diri. Saat hendak membuat CV, bisa menjadikan contoh CV operator produksi sebagai acuan untuk membuatnya. Perlu menjadi perhatian, pada bagian data diri, Anda bisa mengiri informasi penting yang berhubungan dengan tujuan curriculum vitae tersebut dibuat. 

Informasi penting yang dapat ditulis adalah Nama lengkap, email, nomer telpon yang aktif, domosili ( tidak perlu menulis alamat lengkap, cukup cantumkan kota dan Negara), serta akun media sosial, seperti instagram dan juga Linkedln. 

3. Skill dan Keterampilan

Skill dan keterampilan menjadi salah satu hal yang sangat penting. Biasanya para HRD juga menganggap hal ini sebagai bahan pertimbangan untuk bisa memenuhi kualifikasi perusahaan atau tidak. Anda bisa menuliskan beberapa skill yang relevan dengan posisi operator produksi. 

Contoh penulisan skill dan keterampilan dalam contoh CV operator produksi adalah:

Hard skill:

  • Mengoperasikan mesin
  • Melakukan berbagai kendali mutu atau quality control
  • Memahami aturan keselamatan dan kesehatan kerja

Soft Skill:

  • Inisiatif
  • Bertanggung jawab
  • Disiplin
  • Managemen Wakktu

Baca juga: Contoh cv programmer



4. Pengalaman Kerja

Jangan Sampai ketinggalan mengenai pengalaman kerja yang harus ditulisnya. Jika Anda belum mepunyai pengalaman kerja, bagian tersebut bisa diisi dengan kualifikasi pengalaman organisasi yang Anda ikuti. Penulisan harus dengan detail sehingga dapat dibaca dengan jelas. 

Perlu menjadi perhatian, bahwa pelamar kerja pada bidang operator produksi yang mempunyai pengalaman kerja pada bagian gudang, pabrik maupn ware house akan menjadi nilai tambah yang akan dilirik oleh para HRD berpengalaman. 

5. Riwayat Pendidikan

Salah satu format penulisan dalam CV operator produksi yang tak kalah penting adalah Riwayat pendidikan. Dengan riwayat pendidikan ini, Anda hanya cukup menuliskan nama institusi tempat Anda menempuh pendidikan tersebut, lama studi dari tahun masuk hingga lulus, jurusan yang diambil, serta nilai akhir atau IPK keseluruhan.

Untuk membuat tampilan CV Operator produksi yang Anda buat tetap nyaman dibaca, Anda tidak perlu mencantumkan riwayat pendidikan yang Anda tempuh mulai dari pendidikan hingga pendidikan terakhir yang Anda tempuh. Anda hanya perlu menuliskan 1-2 tingkat pendidikan tertinggi yang terbaru yang berhasil Anda tamatkan. Tambahkan pencapaian dan penghargaan, dengan begitu prestasi kamu akan terlihat lebih menonjol serta mudah ditemukan oleh recruiter.

Tips Membuat CV Operator Produksi

Terdapat beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat curriculum vitae makin bagus dan berkelas.

1. Buat CV Operatos Produksi Yang ATS Friendly

Buatlah CV yang ATS Friendly atau applicant tracking system. Hal tersebut akan sangat membantu para rekruter dalam proses screening CV. 

2. Cantumkan Beberapa Keyword Yang Terkait Operator Produksi

masukkan beberapa keyword yang menjadi relevant dengan pekerjaan yang sedang dilamar. Biasanya para HRD akan memposting lowongan pekerjaan dan menampilkan syarat yang penting. Perhatikan beberapa hal tersebut, agar bisa melirik hati HRD. 



3. Lampirkan CV Dengan Surat Lamaran Kerja

Lanjut dengan melampirkan surat lamaran kerja beserta CV yang sudah dibuat. Surat lamaran kerja atau cover letter merupakan faktor penting untuk bisa diterima dalam suatu pekerjaan. Anda bisa membuatnya terlebih dahulu untuk menjadi data pelengkap. 

Beberapa hal yang ada di dalam CV operator produksi diatas wajib menjadi perhatian. Jangan menyepelekan hal kecil agar contoh CV operator produksi Anda bisa diterima oleh perusahaan.

Contoh CV Operator Produksi Yang Baik Dan Benar

Berikut beberapa contoh CV operator produksi yang dapat Anda jadikan sebagai referensi:

Contoh CV Operator Produksi Magang

Contoh CV Operator Produksi Magang

Contoh CV Operator Produksi Bahasa Indonesia

Contoh CV Operator Produksi Bahasa Indonesia

Contoh CV Operator Produksi Bahasa Inggris

Contoh CV Operator Produksi Bahasa Inggris

Contoh CV Operator Produksi ATS Friendly

Contoh CV Operator Produksi ATS Friendly

Contoh CV Operator Produksi Fresh Graduate

Contoh CV Operator Produksi Fresh Graduate


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.