Prospek Kerja Jurusan Kuliah Bisnis

Prospek Kerja Jurusan Kuliah Bisnis, Calon Entrepreneur Wajib Tahu!

Prospek kerja jurusan kuliah bisnis atau business management sering menjadi pertanyaan banyak orang, terlebih jika Anda memutuskan untuk melanjutkan studi perguruan tinggi disini karena banyak orang tidak bisa membedakan. Baik antara manajemen bisnis, dengan ilmu manajemen lainnya.

Hal tersebut dikarenakan ilmu manajemen kerap dikaitkan dengan sebuah ilmu yang berfokus untuk membahas dan mempelajari bagaimana cara mengembangkan perusahaan supaya tetap bisa bertahan. Namun didalamnya dibedakan menjadi beberapa konsentrasi berbeda.

Salah satu konsentrasi manajemen yang pada saat ini dijadikan sebuah bidang tersendiri adalah bisnis, dimana Anda akan berfokus untuk mempelajari cara mengembangkan bisnis perusahaan. Sehingga lulusannya banyak dicari oleh beberapa perusahaan besar Indonesia.

Prospek Kerja Jurusan Kuliah Bisnis

Sebagai salah satu jurusan kuliah yang dilirik oleh banyak orang, masih banyak calon mahasiswa yang merasa bingung bagaimana prospek kerja di masa depan setelah lulus. Terlebih jika Anda merupakan mahasiswa yang belum memiliki bisnis sendiri untuk dikembangkan.

Namun jika Anda memutuskan mengambil jurusan supaya dapat berkuliah disini tidak perlu merasa khawatir, karena walaupun tidak memiliki usaha sendiri masih terdapat banyak sekali prospek kerja jurusan kuliah bisnis. Sehingga memiliki peluang cukup besar untuk bekerja.

Hal tersebut dikarenakan untuk mengembangkan sebuah perusahaan, harus memahami bagaimana dunia perbisnisan bekerja. Sehingga banyak perusahaan lebih berminat untuk menarik karyawan baru yang sudah memahami ilmunya, walau fresh graduate sekalipun.

1. Business Development

Prospek kerja jurusan kuliah bisnis pertama yang bisa Anda coba adalah menjadi seorang business developer, dimana tugas utama menjadi business development adalah membantu perusahaan dalam mengembangkan bisnisnya. Sehingga menjadi lebih besar dan sukses.

Jika Anda memilih bekerja dalam profesi ini,fungsi utama dari profesi ini adalah mampu untuk menciptakan sebuah proses jangka panjang bagi perusahaan. Baik melalui konsumen, riset pasar, hingga relasi sehingga perusahaan mampu berkembang lebih baik dari sebelumnya.

Beberapa tanggung jawab yang perlu dilakukan dalam salah satu prospek kerja jurusan kuliah bisnis tersebut diantaranya adalah melakukan riset pasar, selain itu Anda juga perlu mencari peluang konsumen baru. Sehingga mampu menjaga relasi antara konsumen dengan klien.

2. Marketing Executive

Selain dapat bekerja menjadi seorang business development, lulusan dari jurusan tersebut juga bisa bekerja didalam bidang marketing. Khususnya lulusan mahasiswa akan bekerja sebagai seorang marketing executive, dimana sangat berkaitan dengan penjualan perusahaan.

Prospek kerja jurusan kuliah bisnis sebagai marketing executive sangat besar, dimana profesi tersebut dianggap sebagai induk dari semua kegiatan berbisnis didalam perusahaan. Karena tanpa adanya penjualan, sebuah perusahaan tidak dapat menjalankan kegiatan bisnisnya.

Baca juga: Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi untuk Wanita

Didalam profesi tersebut Anda harus bisa memaksimalkan keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan dengan menggunakan modal seminimal mungkin, untuk mewujudkannya nanti akan dibuat beberapa strategi. Sehingga perusahaan dapat meraih keuntungan cukup besar.

3. Risk Manager

Prospek kerja jurusan kuliah bisnis lain yang dapat Anda coba untuk bekerja adalah dengan menjadi seorang risk manager, dimana pekerjaan dalam profesi ini cukup beda dibanding dengan menjadi manajer pada umumnya. Karena berkaitan erat dengan risiko perusahaan.

Risiko disini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana prospek perusahaan saat ingin melakukan investasi di masa depan, apakah dengan melakukan investasi tersebut dapat mendapat banyak keuntungan. Atau investasi tersebut hanya menimbulkan kerugian saja.

Oleh sebab itu risk manager berperan supaya dapat mengurangi risiko dari investasi tersebut, sehingga perusahaan tidak mendapat kerugian dari investasi yang telah dilakukan. Sehingga prospek kerja jurusan kuliah bisnis ini diincar oleh banyak perusahaan, baik swasta atau BUMN.



4. Project Manager

Selain risk manager, terdapat profesi manager lain yang memiliki peranan cukup besar dalam kesuksesan sebuah perusahaan. Yaitu adalah dengan menjadi seorang project manager, dimana Anda akan bertanggung jawab dalam proses perencanaan dan penyelesaian sebuah proyek.

Banyak orang menganggap project manager sebagai sebuah prospek kerja jurusan kuliah bisnis paling menjanjikan kedepannya, karena semakin banyak perusahaan yang memiliki proyek untuk mengembangkan bisnisnya. Sehingga dibutuhkan manajer yang kompeten.

Terlebih jika Anda mampu menyesuaikannya dengan skill yang berkaitan dengan perkembangan informasi dan teknologi, hal tersebut akan membuat banyak perusahaan berminat untuk merekrut Anda sebagai karyawan project manager miliknya.

Baca juga: Ini Dia Gaji Business Development dan Prospek Kariernya

Kegiatan berbisnis tidak akan pernah berhenti baik dari masa lalu hingga saat ini, oleh sebab itu prospek kerja jurusan kuliah bisnis tidak terbatas.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.

 

Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!