crop faceless multiethnic interviewer and job seeker going through interview

Cara Interview Calon Karyawan untuk Proses Rekrutmen yang Maksimal!

Tidak hanya pencarian kandidat, proses wawancara juga penting dalam proses perekrutan. HRD harus memperhatikan cara interview calon karyawan agar potensi dan kemampuan komunikasi kandidat dapat digali dengan baik dan benar. Pintarnya akan membahas cara interview calon karyawan untuk proses rekrutmen yang maksimal!!!

Apa Itu Interview?

Menurut Indeed, interview merupakan diskusi antara perusahaan dan calon karyawan. Interview kerja dalah proses komunikasi formal antara dua pihak atau lebih, di mana satu pihak, yang disebut pewawancara, mengajukan pertanyaan kepada pihak lain, yang disebut kandidat, dengan tujuan untuk mendapatkan informasi atau evaluasi mengenai subjek tertentu.

Baca juga: 10 Tips Lolos Interview Kerja

Tujuan Interview Calon Karyawan

1. Screening

Interview pertama seringkali berfungsi sebagai tahap penyaringan awal. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi calon yang memiliki potensi dan kualifikasi yang sesuai dengan posisi yang sedang diisi. Dalam tahap ini, pewawancara mencari tanda-tanda kualifikasi yang mendasar, seperti pendidikan, pengalaman, dan kemampuan dasar.

2. Untuk validasi kualifikasi

Interview dapat digunakan untuk memvalidasi kualifikasi yang tercantum dalam resume atau aplikasi calon karyawan. Pewawancara dapat mengajukan pertanyaan lebih rinci untuk mengkonfirmasi keahlian teknis, pengalaman kerja, dan latar belakang pendidikan calon.

3.  Mengetahui etos kerja dan profesionalitas

Selain kualifikasi teknis, interview juga membantu dalam menilai etos kerja dan profesionalitas calon. Pewawancara dapat menanyakan pertanyaan terkait sikap, integritas, komitmen terhadap pekerjaan, dan kemampuan untuk beradaptasi dengan budaya perusahaan.

4. Mengetahui kecocokan calon karyawan

Interview memungkinkan pewawancara untuk menilai apakah calon karyawan tersebut cocok dengan budaya perusahaan, nilai-nilai perusahaan, dan tim kerja yang ada. Ini penting karena calon yang cocok dengan budaya perusahaan cenderung lebih sukses dan puas dalam jangka panjang.

5. Mengenali kepribadian calon karyawan

Selain kualifikasi teknis, interview juga dapat digunakan untuk mengenali kepribadian calon. Ini termasuk kemampuan interpersonal, kemampuan berkomunikasi, kepemimpinan, dan kemampuan untuk bekerja dalam tim. Hal ini dapat membantu dalam memastikan bahwa calon tidak hanya memiliki kualifikasi teknis, tetapi juga memiliki kemampuan soft skill yang dibutuhkan untuk sukses dalam posisi tersebut.

Baca juga: Alasan dan Cara Menjawab Pertanyaan “Apa Pencapaian Terbesar Anda”

Cara Interview Calon Karyawan

1. Catat jawaban

Selama wawancara, sangat penting untuk mencatat jawaban calon karyawan. Ini dapat dilakukan dengan pena dan kertas atau dengan menggunakan perangkat lunak catatan. Pencatatan jawaban membantu Anda mengingat informasi penting dan memungkinkan Anda untuk membandingkan calon karyawan satu sama lain setelah wawancara selesai.

2. Pertanyaan detail dan spesifik

Ajukan pertanyaan yang detail dan spesifik untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang calon karyawan. Hindari pertanyaan yang terlalu umum atau dapat dijawab dengan “ya” atau “tidak.” Cobalah untuk mengeksplorasi pengalaman, pengetahuan, dan keterampilan mereka dengan pertanyaan terperinci.

3. Perhatikan bahasa tubuh

Bahasa tubuh calon karyawan dapat memberikan wawasan tambahan tentang sikap, kenyamanan, dan kejujuran mereka. Perhatikan ekspresi wajah, gerakan tangan, dan sikap tubuh saat mereka menjawab pertanyaan. Ini dapat membantu Anda memahami lebih baik bagaimana mereka merespons situasi dan tekanan.

4. Berikan poin penilaian

Selama atau setelah wawancara, berikan poin penilaian untuk setiap calon karyawan. Ini membantu dalam membuat perbandingan objektif antara kandidat yang berbeda. Gunakan kriteria yang telah Anda tetapkan sebelumnya, seperti kualifikasi teknis, kemampuan interpersonal, atau penyesuaian dengan budaya perusahaan.

5. Kenali ekspektasi calon karyawan

Selama wawancara, cobalah untuk memahami ekspektasi calon karyawan terhadap pekerjaan dan organisasi. Tanyakan tentang tujuan karier mereka, apa yang mereka cari dalam posisi tersebut, dan bagaimana mereka melihat diri mereka berkontribusi. Ini dapat membantu Anda menilai sejauh mana visi dan ekspektasi mereka sejalan dengan kebutuhan perusahaan.

Baca juga: Cara Menjawab Alasan Resign Saat Interview Kerja Paling Ampuh

Apa yang Harus Ditanyakan Saat Interview Karyawan Baru?

1. Pencapaian terbaik yang pernah diraih

Pertanyaan ini membantu Anda memahami pencapaian terbesar atau proyek signifikan yang pernah dicapai oleh calon karyawan dalam karier mereka sebelumnya. Ini dapat memberikan wawasan tentang kemampuan mereka dan seberapa efektif mereka dalam mencapai tujuan.

2. Lingkungan kerja yang diinginkan

Tanyakan kepada calon karyawan tentang jenis lingkungan kerja yang mereka cari. Apakah mereka lebih suka bekerja secara mandiri atau dalam tim? Bagaimana mereka merespons tekanan? Ini membantu Anda memastikan bahwa calon karyawan akan merasa nyaman dan produktif dalam lingkungan perusahaan Anda.

3. Hubungan dengan atasan

Pertanyaan ini dapat memberikan gambaran tentang bagaimana calon karyawan berinteraksi dengan atasan atau pemimpin. Tanyakan tentang pengalaman mereka dalam berkolaborasi dengan atasan, mendapatkan umpan balik, dan mengatasi perbedaan pendapat.

4. Kontribusi untuk perusahaan

Tanyakan kepada calon karyawan tentang bagaimana mereka berencana untuk berkontribusi pada perusahaan Anda. Apa yang mereka lihat sebagai potensi kontribusi mereka dalam peran yang mereka lamar? Ini dapat membantu Anda menilai sejauh mana visi dan tujuan mereka sejalan dengan kebutuhan perusahaan.

5. Motivasi melamar kerja

Pertanyaan ini membantu Anda memahami apa yang mendorong calon karyawan untuk melamar posisi yang sedang ditawarkan. Apakah mereka tertarik dengan produk atau layanan perusahaan? Apakah mereka ingin mengembangkan keterampilan tertentu? Apa yang membuat mereka ingin bekerja di perusahaan Anda?.

6. Jalan keluar dalam masalah

Hal Ini adalah pertanyaan penting yang mengungkapkan bagaimana calon karyawan akan menangani masalah atau konflik dalam pekerjaan. Tanyakan kepada mereka bagaimana mereka biasanya mengatasi masalah atau ketidaksepakatan dengan rekan kerja atau atasan. Ini membantu Anda menilai keterampilan konflik dan penyelesaian masalah mereka.

Baca juga: 15 Contoh Pertanyaan Jebakan Interview Kerja

Hal-Hal yang Perlu Disiapkan untuk Mewawancarai Calon Karyawan

1. Siapkan deskripsi pekerjaan dan jabatan

Pastikan Anda memiliki deskripsi pekerjaan dan jabatan yang jelas dan terperinci. Deskripsi ini harus mencakup tanggung jawab, kualifikasi, keterampilan yang dibutuhkan, dan ekspektasi pekerjaan. Ini akan menjadi panduan untuk Anda dalam menilai kesesuaian calon karyawan dengan posisi yang sedang diisi.

2. Review CV

Teliti CV calon karyawan dengan cermat sebelum wawancara. Pahami pengalaman, pendidikan, keterampilan, dan pencapaian mereka yang tercantum. Ini membantu Anda menyusun pertanyaan yang relevan dan mengevaluasi sejauh mana calon tersebut memenuhi kriteria pekerjaan.

3. Siapkan daftar pertanyaan

Buat daftar pertanyaan yang relevan dan berfokus pada kualifikasi, keterampilan, pengalaman, serta kepribadian calon karyawan. Pertanyaan harus dirancang untuk memberikan wawasan tentang apakah mereka cocok untuk peran tersebut. Cobalah untuk menghindari pertanyaan yang dapat dijawab dengan “ya” atau “tidak,” dan lebih suka pertanyaan terbuka yang memungkinkan calon karyawan menjelaskan lebih rinci.

4. Ketahui tujuan interview kerja

Anda harus memiliki pemahaman yang jelas tentang tujuan interview kerja. Apakah Anda mencari seseorang yang memiliki keterampilan teknis tertentu? Atau apakah Anda ingin memahami bagaimana calon karyawan berkolaborasi dalam tim? Mengetahui tujuan akan membantu Anda menyusun pertanyaan yang tepat dan memberikan penilaian yang lebih akurat.

Pintarnya menawarkan berbagai katalog tes sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut beberapa tes penilaian yang Pintarnya miliki:

  • Customer Service
  • Warehouse Picker
  • Computer Literacy
  • Hospitality
  • Ms. Excel
  • Matematika Dasar
  • Komunikasi, serta
  • Ketelitian & Akurasi

Temukan layanan rekrutmen menyeluruh dan berkualitas bersama Pintarnya for Employers. Bergabung sekarang dan nikmati kemudahannya!


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!