10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

crop faceless multiethnic interviewer and job seeker going through interview

Cara Interview Calon Karyawan untuk Proses Rekrutmen yang Maksimal!

Tidak hanya pencarian kandidat, proses wawancara atau interview juga penting dalam proses perekrutan. HRD atau user harus memperhatikan cara interview calon karyawan agar potensi dan kemampuan komunikasi kandidat dapat digali dengan baik dan benar. Pintarnya akan membahas cara interview calon karyawan untuk proses rekrutmen yang maksimal!

Jika wawancara dilakukan secara efektif, tidak hanya mencari tahu kepribadian dari calon karyawan, kemampuan berkomunikasi dan kecocokan kandidat dengan budaya perusahaan akan semakin jelas.

Baca juga: Alasan dan Cara Menjawab Pertanyaan “Apa Pencapaian Terbesar Anda”

Simak cara interview calon karyawan baru di bawah ini:

1. Persiapkan kualifikasi dan pertanyaan

Agar wawancara dapat berlangsung lancar dan efektif, mulai persiapan Anda dengan menentukan pertanyaan-pertanyaan yang relevan untuk kandidat, berangkat dari tanggung jawab lowongan pekerjaan yang kandidat lamar. Hindari pertanyaan yang terkesan ‘menjebak’ dan fokus ke pertanyaan yang berkaitan dengan kualifikasi, kinerja, dan kecocokan kandidat terhadap budaya perusahaan.

2. Hindari berbincang dengan terlalu kaku

Dalam menginterview kandidat, jangan lupa untuk cairkan suasana agar kandidat lebih rileks dan nyaman. Jika suasananya lebih nyaman, kandidat akan dengan lebih mudah dan lebih lancar dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang Anda lontarkan. Hasil akhir dari wawancara pun akan semakin maksimal.

3. Berikan waktu untuk kandidat menjawab/bertanya

Jangan terburu-buru dalam melakukan wawancara dengan calon kandidat Anda. Selain memastikan untuk menyediakan waktu wawancara paling tidak 30 menit hingga 1 jam, berikan waktu untuk kandidat berpikir sejenak sebelum menjawab pertanyaan Anda dengan tenang. Hal ini akan menciptakan 1st impression yang baik juga terhadap perusahaan. Ingat, dalam sebuah wawancara, Anda sedang mewakili perusahaan/bisnis Anda.

Baca juga: Cara Menjawab Alasan Resign Saat Interview Kerja Paling Ampuh

4. Pastikan pengalaman kerja sesuai dengan CV

Nah, untuk memastikan bahwa kandidat tidak memalsukan informasi terkait pengalaman kerja yang dicantumkan di CV, Anda dapat menanyakan kandidat seputar kondisi, flow, atau tanggung jawab harian kandidat di setiap tempat di mana mereka pernah bekerja. Jika kandidat menjawab dengan rinci dan tanpa terbata-bata, Anda dapat memastikan pengalaman kerja mereka.

Jika Anda mencari cara wawancara calon karyawan yang lebih lancar dan efektif, ada baiknya juga untuk memberikan tes penilaian atau assessment test sebelum memasuki tahap wawancara. 

Pintarnya menawarkan berbagai katalog tes sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut beberapa tes penilaian yang Pintarnya miliki:

  • Customer Service
  • Warehouse Picker
  • Computer Literacy
  • Hospitality
  • Ms. Excel
  • Matematika Dasar
  • Komunikasi, serta
  • Ketelitian & Akurasi

Temukan layanan rekrutmen menyeluruh dan berkualitas bersama Pintarnya for Employers. Bergabung sekarang dan nikmati kemudahannya!

Bagikan Artikel: