10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

contoh pertanyaan jebakan interview kerja

Contoh Pertanyaan Jebakan Interview Kerja dan Tips Menjawabnya

Contoh pertanyaan jebakan interview kerja tentu perlu untuk Anda ketahui sebelum melamar pekerjaan di sebuah perusahaan yang Anda inginkan. Karena interview adalah salah satu hal yang harus dilalui pada saat melamar pekerjaan ke sebuah perusahaan.

Momen interview ini tentunya bagi kebanyakan orang akan membuat perasaan menjadi sedikit cemas dan juga bisa merasakan deg-degan. Karena akan berhadapan dengan HRD yang sudah berpengalaman serta akan diberikan beberapa pertanyaan yang mungkin saja banyak pertanyaan menjebak saat interview.

Contoh Pertanyaan Jebakan Interview Kerja

Bagi Anda yang masih belum mengetahui dengan benar apa saja contoh pertanyaan yang bersifat menjebak saat sedang interview. Tentunya diperlukan persiapan juga agar nantinya saat melakukan interview bisa berjalan dengan lancar apabila terdapat pertanyaan jebakan.

Di bawah ini adalah contoh pertanyaan jebakan interview kerja yang perlu diketahui dan dipelajari pada saat akan interview kerja.

1. Pertanyaan coba perkenalkan diri Anda pada kesempatan interview kali ini

Pertanyaan yang pertama ini adalah ‘’Coba tolong Anda perkenalkan diri Anda sendiri di kesempatan interview kai ini’’. Pertanyaan ini menjadi salah satu pertanyaan pembuka, tujuannya yaitu agar si pelamar kerja bisa menjabarkan diri secara lebih profesional dan tidak melebar ke ranah yang lebih pribadi.

Banyak para pelamar kerja yang terkecoh dengan contoh pertanyaan jebakan interview kerja yang pertama ini. Terkadang malah ada juga pelamar yang menjelaskan mengenai topic tidak begitu relevan dengan pertanyaan yang diajukan oleh HRD tersebut.

Namun oleh karena itu, usahakan jangan menceritakan mengenai orang tua, saudara, masalah keluarga, dan masalah yang lainnya. Dan jangan memberikan jawaban interview yang dianggap tidak perlu agar bisa meminimalisir kesalahan jawaban yang ditujukan kepada HRD.

2. Pertanyaan silahkan Anda sebutkan kekurangan yang ada pada diri Anda

Dalam menjawab contoh pertanyaan jebakan interview kerja yang seperti ini ‘’Silahkan Anda sebutkan apa kekurangan yang ada pada diri Anda’’, sebaiknya lebih perhatikan dan pahami lagi diri Anda sendiri. Karena jika kelihatan bingung di depan HRD nanti pewawancara juga malah akan tambah bingung sendiri lagi.

Seringkali hal ini dianggap remeh dan sepele oleh para pelamar kadang justru mereka malah akan secara langsung menjelaskan secara gamblang semua kekurangan yang dimiliki.

Hal tersebut pasti akan memiliki kesan bahwa si pelamar tidak akan mampu mengantisipasi kekurangannya sendiri. Dan bisa saja HRD memiliki anggapan bahwa Anda melamar pekerjaan hanya asal-asal an saja. 

Oleh karena itu berhati-hatilah saat menjawab pertanyaan dari si pewawancara di suatu tempat kerja yang akan Anda lamar.

Baca Juga: Tips Menjawab Pertanyaan Jebakan Interview Kerja

Tips agar Anda bisa Lancar Interview Kerja

Setelah mengetahui apa saja pertanyaan jebakan interview kerja, perlu juga Anda ketahui bagi para pelamar kerja bagaimana tips yang perlu dilakukan agar bisa menjawab pertanyaan dari HRD dengan lancar.

Tentunya tips tersebut tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan saja. Hal yang pertama silahkan Anda lakukan riset tentang industry dan juga perusahaan yang akan Anda lamar tersebut. Pahami bidang yang dimiliki oleh perusahaan tersebut beserta visi, misi, hingga social medianya apabila perlu.

Hal ini dalam contoh pertanyaan jebakan interview kerja bertujuan agar Anda bisa menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan HRD mengenai detail perusahaan yang dipimpinnya. Hal yang kedua silahkan persiapkan jawaban yang tepat pada saat melakukan interview kerja.

Pahami apa saja pertanyaan yang sering diajukan HRD dan perlu disiapkan juga jawaban tepatnya. Saat menjawab pertanyaan juga Anda tidak perlu kaku atau gugup. Silahkan lebih tenang dan percaya diri saja ketika menjawab pertanyaan yang diajukan oleh HRD.

Jika Anda masih gugup saat menjawab pertanyaan interview, maka Anda masih perlu melakukan beberapa kali latihan lagi untuk menjawab pertanyaan interview yang diajukan oleh HRD perusahaan.

Hal yang ketiga wajib Anda lakukan adalah milikilah alasan yang baik mengapa kamu menginginkan pekerjaan atau posisi yang Anda lamar tersebut. Anda bisa menjawab atau menjelaskan hal menarik apa saja yang ada di posisi tersebut.Dan usahakan tunjukkanlah antusias Anda secara terlihat tulus saat menjelaskan mengapa alasan Anda ingin bekerja dan menempati posisi tersebut. Antusiasme dan semangat akan mendorong dan bisa mendukung jawaban Anda dari contoh pertanyaan jebakan interview kerja.

Bagikan Artikel: