10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

tips menjawab pertanyaan jebakan interview kerja

Tips Menjawab Pertanyaan Jebakan Interview Kerja

Tips menjawab pertanyaan jebakan interview kerja tentunya harus diketahui bagi semua pelamar kerja di sebuah perusahaan yang dituju masing-masing pelamar. Saat baru pertama kali melamar kerja pastinya akan ada perasaan takut atau khawatir.

Sering kali banyak orang yang mengkhawatirkan apakah nantinya kualifikasi kita sesuai atau tidaknya. Dan pasti bagi kita pelamar kerja juga akan memikirkan apa saja nantinya pertanyaan yang muncul dan bagaimana cara menjawab pertanyaan tersebut.

Tips Menjawab Pertanyaan Jebakan Interview Kerja

Pastinya bagi semua pelamar kerja berharap dan juga memiliki keinginan agar bisa lolos saat sesi interview kerja di sebuah perusahaan. Terkadang kebanyakan orang juga takut akan adanya pertanyaan jebakan saat interview kerja.

Dan para pelamar kadang bingung bagaimana cara atau tipsnya agar bisa menjawab berbagai pertanyaan jebakan yang diajukan tersebut. Di bawah ini adalah beberapa tips menjawab pertanyaan jebakan interview kerja yang perlu Anda ketahui.

1. Pilihlah 3 kata yang bisa mendeskripsikan diri Anda sendiri

Tips ini bisa dijalankan apabila seorang HRD atau pewawancara memerintahkan kita untuk bisa menggambarkan diri kita sendiri. Hati-hati saat Anda menerima pertanyaan ini karena pertanyaan ini akan menggambarkan karakter dasar yang Anda miliki.

Tentu silahkan jawab dengan jawaban yang positif karena karakter sesorang pada pekerjaan adalah salah satu aspek penting bagi perusahaan. Bagi perusahaan tentunya akan memilih karyawan atau pekerja yang memiliki karakter positif yang kuat.

Oleh karena itu tips menjawab pertanyaan jebakan interview kerja silahkan memilih 3 kata yang bisa mendeskripsikan diri Anda sendiri. Sesuaikan juga dengan posisi apa yang Anda lamar di perusahaan tersebut. 

Misalnya seperti jujur, pekerja keras, antusias,berkomitmen tinggi, mudah bekerja sama, dan bisa juga mencari ide jawaban lain yang tepat.

2. Pastikan jawaban Anda bisa focus pada sisi positif yang dimiliki perusahaan

Biasanya HRD atau pewawancara akan memberi pertanyaan mengenai apa yang diketahui sang pelamar mengenai perusahaan tersebut. 

Pertanyaan ini biasanya muncul untuk bisa mengetahui tingkat pengenalan calon karyawan terhadap visi misi da nisi perusahaan.

Tips menjawab pertanyaan jebakan interview kerja yang bisa dilakukan adalah jawab pertanyaan dengan berfokus pada sisi positif perusahaan. Jangan sampai Anda membandingkannya dengan perusahaan lain atau perusahaan yang dulu pernah Anda tempati.

Tunjukkanlah bahwa perusahaan yang sedang Anda lamar tersebut memiliki kelebihan yang tentunya bisa membuat Anda tertarik untuk bergabung di perusahaan tersebut. Dengan jawaban seperti itu pasti akan bisa membuat perusahaan tertarik kepada Anda dan memilih Anda sebagai karyawan atau pegawainya.

3. Jawablah pertanyaan apa saja pekerjaan yang telah Anda selesaikan di tempat yang sebelumnya.

Memang cukup menjadi hal yang wajar apabila di dalam suatu perusahaan ingin memiliki calon karyawan yang terbaik dan sudah memiliki pencapaian di dalam kariernya. Oleh sebab itu biasanya perusahaan ingin mengetahui apa saja pencapaian yang Anda miliki saat bekerja di perusahaan yang sebelumnya Anda tempati.

Biasanya si pewawancara akan mengajukan pertanyaan tentang prestasi apa saja yang sudah diraih selama berkarier di dunia kerja. Anda bisa menjawab tips menjawab pertanyaan jebakan interview kerja dengan cara menjelaskan pekerjaan apa saja yang telah Anda selesaikan di pekerjaan yang sebelumnya.

Silahkan berikan juga beberapa contoh keberhasilan yang telah Anda raih di perusahaan atau tempat kerja yang Anda tempati sebelumnya. Buktikan juga bahwa Anda adalah calon karyawan yang memang layak untuk diterima di perusahaan tersebut.

4. Silahkan Uraikan tujuan jangka panjang Anda bekerja di perusahaan tersebut

Tips menjawab pertanyaan jebakan interview kerja yang ke empat ini biasanya cocok untuk pertanyaan mengenai penjelasan rencana apa yang akan dilakukan pelamar dalam waktu kedepannya. 

Jangan sampai jawaban Anda salah dan memberi anggapan bahwa Anda adalah karyawan yang seperti kutu loncat. Maksudnya adalah seperti pegawai yang senang berpindah-pindah tempat kerja atau perusahaan.

Untuk menjawab pertanyaan mengenai rencana jangka panjang, Anda bisa langsung menguraikan dan menjabarkan apa tujuan jangka panjang Anda di perusahaan tersebut. Pastikan rencana yang dibuat wajib melibatkan perusahaan yang akan Anda lamar tersebut. 

Saat interview kerja tentu Anda harus menjawab secara bijak dan juga memikirkan jawaban secara matang-matang, tidak hanya jawaban yang asal-asalan saja. Tips menjawab pertanyaan jebakan interview kerja bisa Anda gunakan agar interview kerja berjalan dengan lancar.

Bagikan Artikel: