penyebab candidat Candidate Ghosting

Inilah Penyebab Candidat Candidate Ghosting yang Perlu Diantisipasi

Penyebab candidat Candidate Ghosting tentunya perlu mendapatkan perhatian utama dari semua perusahaan yang akan merekrut karyawan. Pertimbangan ini bisa menjadi alasan utama agar mampu memberikan antisipasi lebih awal kepada semua calon karyawan untuk tetap stay dalam perusahaan.

Satu aspek yang perlu dipahami terlebih dahulu adalah bahwa peristiwa candidat ghosting ini seringkali terjadi dalam beberapa perusahaan. Dan tentunya hal tersebut bisa menimbulkan kerugian tersendiri sebab ada beberapa pertimbangan waktu, efisiensi, serta kebutuhan posisi yang seharusnya sudah harus terisi.

Penyebab candidat Candidate Ghosting juga perlu dianalisa lebih awal oleh semua perusahaan agar mampu memberikan kualitas terbaik pada saat akan melakukan inisiasi dan penawaran kerja terbaik. Evaluasi secara konsisten tentunya bisa memberikan mekanisme terbarukan untuk mendapatkan potensi kualitas karyawan maksimal.

Untuk mengulas lebih lanjut berikut ini adalah beberapa aspek penting yang sebelumnya perlu Anda pahami mengenai adanya peristiwa seperti candidat ghosting dan apa saja sebenarnya factor pemicu hal tersebut.

Mengenal Lebih Jauh Candidat Ghosting

Aspek pertama yang tentunya perlu untuk diketahui terlebih dahulu sebelum masuk pada penyebab candidat Candidate Ghosting adalah arti dari istilah tersebut. Dalam dunia kerja dan proses perekrutan istilah candidat ghosting ialah kondisi calon pekerja hilang komunikasi dengan pihak HRD pada saat masa seleksi.

Bahkan aspek yang lebih parah adalah jika calon pekerja telah masuk tahap akhir dan secara klarifikasi telah memenuhi kebutuhan dari pihak HRD akan tetapi calon karyawan tersebut secara mendadak tidak dapat terdeteksi. Hal ini tentunya menjadi bagian penting yang sangat merugikan perusahaan.

Salah satu tahap penting yang biasanya terjadi candidat ghosting ini pada masa tahapan offering. Pada masa ini umumnya candidat akan hilang kontak tanpa kabar, sehingga secara bertahap pihak HRD perlu menyeleksi ulang calon lain serta membutuhkan waktu yang lebih lama lagi.

Penyebab Candidat Candidate Ghosting Bisa Terjadi

Aspek selanjutnya yang perlu untuk semua pahami mengenai penyebab candidat Candidate Ghosting ini bisa saja berasal dari berbagai mekanisme khusus, diantarnya adalah.

  1. Proses Seleksi Terlalu Lama Dan Tidak Konsisten

Penyebab pertama yang tentunya perlu untuk diketahui adalah proses seleksi rekrutmen kerja yang cenderung sangat lama dan tidak konsisten. Hal ini tentunya menjadi penyebab awal serta paling banyak dialami oleh semua calon karyawan untuk memilih hilang dan putus komunikasi dengan pihak HRD.

Satu aspek pendukung mengenai penyebab candidat Candidate Ghosting dari proses yang terlalu lama adalah calon karyawan pastinya menginginkan informasi cepat dan sesegera mungkin mengenai proses seleksi agar bisa langsung bekerja, hal ini tentunya mejadi focus pada semua kandidat.

Selain proses seleksi yang sangat lama, pertimbangan proses seleksi yang tidak konsisten juga menjadi aspek terjadinya hilang kontak dengan pihak HRD. Apalagi jika proses seleksi cenderung terlalu bertele-tele dan tidak menemukan arah yang jelas.

Baca juga: Cara menghitung bonus tahunan karyawan

  1. Proses Komunikasi Buruk Dari HRD

Penyebab selanjutnya yang perlu diketahui dari peristiwa ini adalah sumber komunikasi dari pihak HRD buruk. Komunikasi buruk memang tidak akan menutup kemungkinan terjadinya kiss komunikasi antara calon karyawan dengan pihak HRD perusahaan, sehingga hal tersebut nampaknya perlu diperbaiki.

Dengan mengulas semua akses terpadukan dalam kurun waktu yang cukup lama ini juga maka perlu ada upaya paling strategis mengenai kondisi perbaikan komunikasi HRD lebih baik untuk antisipasi candidat Ghosting.

  1. Lingkungan Kerja Yang Kurang Cocok

Penyebab candidat Candidate Ghosting selanjutnya adalah lingkungan kerja yang mungkin kurang cocok dengan kualifikasi calon karyawan. Sebab tidak bisa dipungkiri lingkungan kerja mendukung akan memberikan efek tersendiri kepada semua calon karyawan untuk berkembang lebih baik.

Begitu juga sebaliknya jika lingkungan kerja tidak mendukung atau bahkan dengan penawaran gaji besar maka tidak menutup kemungkinan terjadinya hilang kontak antara calon karyawan dengan pihak HRD bisa juga terjadi.

Baca juga: Cara menghitung kenaikan gaji karyawan

  1. Menerima Tawaran dari Perusahaan Lain

Hal terakhir yang juga bisa menjadi penyebab utama terjadinya karyawan hilang kontak umumnya juga bisa disebabkan adanya penawaran dari perusahaan lain dengan kualifikasi lebih maksimal. Apalagi dengan mempertimbangkan kualifikasi tempat lain yang memiliki beberapa kelebihan tersendiri dibandingkan perusahaan terkait.

Dengan semua penyebab candidat Candidate Ghosting diatas maka selayaknya pihak perusahaan menyiapkan cara terbaik agar proses seleksi berjalan dengan lancar.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!