10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

5 Ide Permainan Kekompakan Team yang Dapat Anda Coba

Sebuah tim dalam perusahaan yang saling mengenal satu sama lain dan erat serta kompak akan bekerja lebih efektif, produktif, dan tentunya jauh lebih sukses dibandingkan tim yang  tidak menikmati kerja bekerja dengan orang-orang di sekitarnya.

Salah satu cara untuk mempererat hubungan anggota tim di perusahaan Anda adalah dengan membuat acara, company outing, atau juga permainan kekompakan team yang tak hanya efektif namun juga menyenangkan!

Mengapa permainan kekompakan team itu penting?

Selain menawarkan sedikit pelepasan stres, team bonding lewat permainan kekompakan memiliki banyak manfaat, baik untuk perusahaan maupun untuk karyawan. Berikut beberapa manfaatnya:

  • Memperbaiki komunikasi antar anggota tim
  • Membangun kepercayaan
  • Mengingatkan bahwa keberlangsungan perusahaan bukan bergantung pada performa individual, namun tim secara keseluruhan
  1. Mencari Harta Karun

Permainan kekompakan team ini dapat dilakukan dalam 1 tim ataupun lintas tim. Sembunyikan petunjuk di berbagai sudut kantor berisikan pertanyaan-pertanyaan mengenai perusahaan serta petunjuk ke pertanyaan setelahnya. Tim yang menjawab pertanyaan paling banyak akan diberikan harta karunnya. Hadiah bisa berupa voucher makan team atau kupon belanja.

  1. Buat Acara Unjuk Bakat

Acara unjuk bakat bisa dilakukan sebulan sekali atau 2 bulan sekali. Dapat dilakukan secara individual lalu dinilai secara tim, ataupun dilakukan langsung secara tim. Hal ini dapat mempererat hubungan anggota sesama tim dan meningkatkan kekreativitasan tim. Selain karena anggota tim akan menyempatkan waktu di luar jam kerja untuk latihan, kesempatan ini juga bermanfaat untuk berkenalan dengan karyawan lintas tim.

  1. Baris Sesuai Urutan dalam Hening

Pisahkan anggota tim menjadi beberapa kelompok. Buat mereka berbaris dalam hitungan 10 detik tanpa berbicara satu sama lain. Berikan instruksi untuk membuat barisan berurutan seperti berikut:

  • Urutkan dari paling muda hingga paling tua
  • Urutkan dari paling jauh rumahnya hingga yang paling dekat ke kantor
  • Urutkan dari yang paling tinggi hingga paling pendek
  • Urutkan dari yang paling lama bekerja hingga yang baru masuk ke perusahaa
  1. Buat Perlombaan Sederhana

Nah, permainan kekompakan team yang satu ini yang paling mudah dipersiapkan. Banyak sekali perlombaan sederhana yang dapat dilakukan, di antaranya:

Best team costume

Infokan ke setiap divisi untuk ke kantor kostum atau dresscode bertema yang unik dan bagikan foto seru ke grup kantor untuk dinilai bersama.

Best team yel-yel

Setiap divisi diminta untuk merekam yel-yel unik yang merepresentasikan tujuan dan keseharian tim di perusahaan. Kirimkan ke grup besar kantor dan biarkan seluruh karyawan lainnya yang menilai.

  1. Sambung Kata/Sambung Gambar

    Permainan kekompakan team yang satu ini bisa dilakukan saat townhall atau pun setelah meeting biasa. Untuk sambung kata, urutannya bisa diatur dari posisi duduk. Caranya? Mudah sekali. Orang pertama akan menyebutkan 1 kata, sebelahnya akan mengulang kata tersebut ditambahkan dengan 1 kata lainnya. Contohnya:

    Karyawan A: Saya

    Karyawan B: Saya makan

    Karyawan C: Saya makan nasi

    Karyawan D: Saya makan nasi uduk

Peraturannya adalah karyawan harus ingat urutan katanya dan membangun kalimat yang masuk akal. Jika karyawan melakukan kesalahan, bisa diberikan hukuman ringan, misalnya tidak boleh duduk selama meeting berlangsung.

    Untuk sambung gambar, dengan konsep yang sama, gunakan 1 lembar kertas dan 1 pensil/pulpen. Setiap karyawan menggambar hanya 1 bentuk dengan 1 kali garis. Kertas akan dioper bergiliran, dan di akhir karyawan, gambarnya harus berbentuk gambar yang jelas. Gambar yang paling bagus akan diberikan hadiah.

Itulah 5 ide permainan kekompakan team yang dapat Anda coba untuk mempererat hubungan karyawan Anda. Jika Anda sedang mencari kandidat baru untuk bergabung di tim perusahaan Anda, jangan ragu untuk memasang loker GRATIS di Pintarnya sekarang!

Bagikan Artikel: