contoh surat pengumuman perusahaan

Bentuk Contoh Surat Pengumuman Perusahaan Secara Resmi 

Contoh surat pengumuman perusahaan yang resmi untuk karyawan tidaklah sulit untuk buat. Biasanya dibutuhkan ketika ingin membuat pengumuman resmi agar diketahui banyak atau pihak tertentu. 

Surat pemberitahuan ini merupakan hal resmi, sehingga peraturan tertulis harus diperhatikan. Surat dinas harus dieja dengan benar karena merupakan bentuk komunikasi administrasi tertulis resmi di instansi.

Penulisan contoh surat pengumuman perusahaan tanpa aturan tertulis dapat merusak citra lembaga dan menimbulkan kesalahpahaman saat menerima informasi tertulis. Surat resmi yang tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi resmi kepada entitas lain.

Dibandingkan dengan teguran lisan, teguran lebih efektif dan jelas, sehingga informasi membingungkan tidak dapat dihindari. Saat menulis, gunakan kalimat jelas dan tidak ambigu sehingga mudah dipahami, juga harus konsisten dan lengkap. 

Contoh Surat Pengumuman Perusahaan dengan Penulisan yang Benar

Penulis harus mengoreksi dan mengedit agar terlihat rapi dan tanpa salah ketik seperti gambar di atas. Ketika sebuah organisasi, instansi atau instansi ingin membuat laporan, maka laporan harus dibuat. 

Jika Anda mencari contoh surat pengumuman perusahaan untuk bagian pengantar akan menemukannya dengan mudah. Kami akan menjelaskan secara detail cara menulis pemberitahuan, jadi tidak hanya untuk bagian pengantar saja juga menjelaskan formatnya.

Untuk definisi sendiri tentu Anda sudah mengetahuinya bahwa ini merupakan hal resmi dan formal. Seperti namanya dikirim untuk memberikan informasi spesifik tentang suatu peristiwa di perusahaan, organisasi, lembaga atau lembaga. 

Tentunya tidak boleh diberikan sembarangan. Karena seperti halnya untuk dinas lainnya juga memerlukan persetujuan administrasi serta harus dibubuhi stempel resmi lembaga. Teknologi sekarang sudah sangat lebih maju, biasanya untuk pemberitahuan hanya dicetak begitu saja.

Tetapi sekarang seiring dengan perkembangan teknologi seringkali hanya dibuat dalam format PDF dan kemudian dikirim melalui email ke penerima. Tujuan contoh surat pengumuman perusahaan sebagai informasi penting perlu segera ditindaklanjuti untuk didiskusikan.

Contoh Surat Pengumuman Perusahaan Lengkap dengan Formatnya

Seperti hal resmi lainnya memiliki bentuk format tertulis, pengantar juga memiliki formulir yang harus diisi. Berlaku untuk Arsip dokumen tentang peristiwa, informasi, dan berbagai kegiatan perusahaan, lembaga, lembaga, atau organisasi apa pun.

  1. Pastikan Membuat Kepala Surat Secara Baik

KOP contoh pengumuman perusahaan sudah kami lampirkan di atas bisa Anda lihat secara seksama. Memuat informasi pribadi perusahaan, instansi, lembaga atau organisasi. Identitas ini meliputi nama perusahaan/instansi/fasilitas/organisasi, logo, alamat, nomor kontak website. ‍

  1. Adanya Keterangan Tempat Lokasi Serta Tanggal Pembuatan

Tempat penulisan dan tanggalnya ada di pojok kanan atas di bawah kop. Kantor terdaftar adalah kota/negara bagian tempat perusahaan, lembaga, lembaga atau organisasi tersebut berada.

Baca juga: Cara onboarding karyawan yang kerja remote

  1. Jangan Lupa untuk Menulis Nomor Serta Lampiran dan Perihal

Nomor tertera adalah format nomor sesuai dengan jenisnya. Biasanya, setiap lembaga tentunya memiliki format suratnya masing-masing, sehingga dapat digunakan sesuai kebutuhan. Surat pemberitahuan biasanya tidak memiliki lampiran. 

Namun, jika Anda perlu melampirkan file lain, masukkan saja berapa banyak file yang akan dilampirkan. Topik akan ditentukan dalam pengumuman di bawah nama acara mendatang.

  1. Cantumkan Secara Jelas Alamat yang Akan Menjadi Penerima

Bentuknya pemberitahuan selanjutnya adalah alamat penerima. Alamat ini meliputi seperti nama lengkap penerima, jabatan penerima, asal penerima, kota asal penerima.

Gunakan kalimat sapaan biasanya ditulis dengan kata awalnya adalah ‘Dengan hormat’. Hal ini dikarenakan sapaan ini merupakan sapaan netral yang tidak memihak golongan manapun. Cara penulisannya tidak perlu diberi tanda titik, tetapi diakhiri dengan koma (,). 

Karena sapaan tersebut adalah awalan, nantinya akan dilanjutkan dengan isi. Paragraf pengantar menjadi format pemberitahuan berikutnya, yang memuat tujuan dibuat dan dikirimkannya pemberitahuan tersebut. 

Dengan demikian, penerima dapat dengan mudah mengetahui isi tersebut.‍ Jika contoh surat pengumuman adalah suatu acara atau kegiatan, maka bagian isi dan rincian acara atau kegiatan tersebut dilaksanakan.

Baca juga: Cara membuat sop perusahaan

Paragraf terakhir berisi ucapan terima kasih dan harapan agar penerima dapat hadir dalam acara tersebut. Format ucapan selamat akhir biasanya diletakkan di awal nama pengirim ada kata sapaan yang digunakan ialah ‘Hormat kami’.

Nama lengkap, jabatan dan tanda tangan pengirim adalah pengurus. Jika pemberitahuan biasanya dikeluarkan oleh sekretaris atau otoritas administratif lainnya, tanda tangan nantinya diperlukan untuk menyetujui pemberitahuan tersebut.

Dalam menulis contoh surat pengumuman perusahaan hal di atas ialah beberapa hal yang perlu diperhatikan. Perhatikan penggunaan bahasanya agar tetap pendek dan tidak bertele-tele.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!