contoh job description

Contoh Job Description Serta Bagan Susunan yang Benar

Sebelum membuat contoh job description, Anda harus tahu bagaimana cara menyusunnya. Elemen apa yang ada di sebuah job description yang akan disebarkan nanti, agar para calon pelamar memahami kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Jika Anda belum tahu job description itu ada di dalam sebuah pengumuman lowongan pekerjaan. Saat ini, mencari lowongan kerja, tidak perlu membeli koran karena Anda dengan mudah menemukannya di media sosial dan platform pencarian kerja.

Tentu Anda yang sedang mencari pekerjaan, tahu apa yang dimaksud deskripsi pekerjaan itu apa. Jika ada yang belum paham, kami di sini akan memberitahu bagaimana contoh job description dengan susunan benar.

Baca juga: Contoh Job Description Product Manager Paling Dasar dan Wajib Ada

Ketahui Pengertian Job Description Lebih Jauh

Bagi para fresh graduate dan para pencari kerja lainnya, tentu sangat paham gambaran dari contoh job description itu bagaimana. Karena ini adalah hal yang penting dalam pengumuman lowongan pekerjaan.

Lowongan pekerjaan itu harus mencantumkan job description untuk memberitahu kepada calon pelamar, mengenai kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Jika Anda belum tahu, pengertian dari job description atau deskripsi pekerjaan adalah berisi catatan mengenai tugas dan tanggung jawab pada suatu pekerjaan atau posisi yang dibuka lowongannya.

Untuk itulah, penting dicantumkan pada pengumuman lowongan pekerjaan. Dengan begitu, calon pelamar bisa mempertimbangkan apakah dirinya masuk ke kriterias atau tidak.

Pada umumnya, pada sebuah contoh job description itu berisi nama pekerjaan atau posisi yang dibutuhkan , rincian tugas dan tanggung jawab dari posisi pekerjaan itu, kondisi dan lokasi kerja, hingga resiko dari pekerjaan tersebut.

Nanti, ketika pengumuman itu tersebar, calon pelamar bisa mempertimbangkan mau mengajukan lamaran tersebut atau tidak.

Jika job description jelas, maka calon pelamar bisa langsung mengumpulkan dokumen yang diperlukan untuk melamar.

Para calon pelamar juga memiliki petunjuk atau gambaran yang akan terjadi ketika mereka diterima pada pekerjaan tersebut, sehingga nantinya tidak kaget dengan tugas dan tanggung jawab yang harus mereka emban.

Susunan Contoh Job Description yang Baik dan Benar

Adanya contoh job description bisa memberikan petunjuk mengenai pekerjaan tersebut seperti apa. Sehingga calon pelamar tidak bingung, dan memantaskan diri agar memenuhi kualifikasi.

Maka dari itu, dalam penyusunan job description ini memang harus benar dan tidak boleh salah. Karena ini sangat penting untuk kebutuhan para calon pelamar.

Ada beberapa elemen yang penting untuk dimasukkan ke dalam job description ketika membuatnya, seperti :

  1. Nama Pekerjaan

Jika Anda ingin membuat job description, hal pertama yang harus ada adalah nanma pekerjaannya.

Tulis nama pekerjaan secara spesifik dan bisa dicari pada search engine, sehingga pelamar juga akan mudah menemukannya di internet. Tetapkan judul pekerjaan secara spesifik dan akurat.

  1. Deskripsi/Ringkasan Pekerjaan

Jangan lupa masukkan ringkasan dari nama pekerjaan yang sedang dibuka lowongannya.

Berikan ringkasan secara umum atas pekerjaan tersebut dan harapan bagi perusahaan berdasarkan posisi dari pekerjaan itu.

Jangan lupa untuk mengaitkan tentang keunikan dari perusahaan serta alasannya kenapa unik. Serta yakinkan kandidat bahwa mereka akan senang setelah bekerja di perusahaan Anda.

Baca juga: Contoh Job Description Data Analyst, Tugas dan Kualifikasi

  1. Tanggung Jawab dan Syarat Posisi Pekerjaan

Deskripsi dan ringkasan dari pekerjaan memang tidak akan cukup. Harus ada rincian mengenai tanggung jawab dari pekerjaan itu, serta syarat untuk masuk pada posisi tersebut.

Susunlah tugas dan tanggung jawab dari pekerjaan tersebut secara rinci, singkat, dan padat. Tujuannya agar memberikan gambaran tugas-tugasnya nanti apa setelah diterima.

Berdasarkan tugas dan tanggung jawab tersebut, berikan pula rincian syarat untuk kandidat pelamar yang dibutuhkan.

  1. Gambaran Tentang Perusahaan

Di dalam contoh job description juga harus deskripsikan mengenai perusahaan dengan ringkasan yang bagus, agar meyakinkan pelamar, bahwa perusahaan Anda bagus, resmi, dan juga memiliki keunikan tersendiri.

  1. Lokasi Perusahaan

Dan terakhir, jangan lupa letakkan alamat perusahaan. Jika lamaran bisa diajukan melalui e-mail, silakan juga cantumkan email perusahaan agar para kandidat bisa mengirimkan lamarannya melalui email.

Berdasarkan penjelasan yang ada di atas, kami yakin bahwa Anda sudah ada gambaran tentang contoh job description. Kini, bagi para pelamar kerja, jangan sampai tertipu lagi. Lamaran kerja resmi, pasti memiliki job description lengkap seperti di atas.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!