Contoh job description data analyst

Contoh Job Description Data Analyst, Tugas dan Kualifikasi

Seiring dengan berkembangnya teknologi dan digitalisasi, profesi data analyst menjadi semakin dibutuhkan, tapi apa sebenarnya contoh job description data analiyst?

Jawaban sementara adalah bertugas untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data kepada perusahaan. Guna memberikan insight dan rekomendasi kepada perusahaan atau organisasi untuk mencapai tujuan bersama.

Namun, tugas dan kualifikasi data analyst dapat bervariasi, tergantung pada jenis perusahaan atau industri tempat Mereka bekerja. Sehingga artikel ini akan membahas contoh jobdesk beserta tugas serta kualifikasi untuk menggelutinya.

Contoh Job Description Data Analyst

Tugas utama data analyst adalah mengumpulkan, menganalisis, serta menginterpretasikan data untuk membantu perusahaan atau organisasi membuat keputusan yang lebih baik.

Berikut adalah beberapa tugas yang mungkin termasuk dalam job desk dari DA tersebut, pahami baik-baik agar mampu melihat gambaran umumnya:

  1. Mengumpulkan data atau informasi dari berbagai sumber, seperti database, aplikasi, dan survei.
  2. Membersihkan serta memproses informasi untuk memastikan kualitasnya demi memudahkan analisis lebih lanjut lagi.
  3. Menganalisis informasi dengan menggunakan perangkat lunak khusus seperti Excel, R, atau Python untuk mengidentifikasi tren serta pola yang terbentuk.
  4. Menyajikan hasil analisis dengan cara yang mudah dipahami oleh orang awam, seperti tabel, grafik, dan visualisasi informasi.
  5. Contoh job description data analyst selanjutnya memberikan insight serta rekomendasi berdasarkan hasil analisis kepada manajemen atau departemen terkait.

Selain tugas-tugas di atas, DA juga bisa memiliki tugas tambahan tergantung pada jenis perusahaan atau industri tempat mereka sedang bekerja.  

Misalnya, DA di perusahaan e-commerce mungkin bertanggung jawab untuk memprediksi permintaan produk atau mengoptimalkan harga. Sementara DA di industri kesehatan mungkin bertanggung jawab untuk memprediksi tren kesehatan masyarakat awam.

Baca juga: Contoh Job Description General Affairs, Tugas & Kualifikasi

Kualifikasi Data Analyst

Sesuai dengan tanggung jawab yang terbilang cukup rumit, adapun kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjadi DA bervariasi tergantung pada perusahaan atau industri tempat mereka sedang bekerja. 

Namun, tetap ada beberapa kualifikasi umum yang sering dicari cari oleh perusahaan populer, di antaranya:

1. Pendidikan

Sebagian besar perusahaan mengharapkan kandidat DA dengan bawaan gelar sarjana atau pascasarjana dalam bidang seperti statistik, matematika, komputer, atau ilmu sosial. Demi memiliki pengetahuan lanjut untuk menganalisa lebih dalam lagi.

2. Kemampuan analitis

DA juga harus memiliki kemampuan analitis yang kuat untuk dapat mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan informasi dengan tepat. Mereka harus bisa menguasai perangkat lunak analisis data seperti Excel, R, atau Python.

3. Kemampuan komunikasi

DA juga harus mampu menyajikan hasil analisis secara jelas dan mudah dipahami oleh orang awam. Mereka juga harus dapat berkomunikasi dengan baik dengan departemen lain dalam perusahaan terkait.

Baca juga: Apa Saja Jenis Tipe Data? Berikut Uraiannya

4. Kemampuan manajemen proyek

Contoh job description data analyst yang rumit, tentu menuntut untuk seseorang harus mampu mengelola proyek mereka sendiri dan memastikan bahwa hasil analisis dapat disampaikan tepat waktu.

5. Pengalaman

Terakhir, pengalaman dalam bidang analisis data, baik dari pekerjaan sebelumnya atau dari proyek akademik, dapat menjadi nilai tambah bagi kandidat. Sehingga jika masih dalam tahapan pendidikan, jangan ragu banyak belajar.

Selain kualifikasi umum di atas, terdapat juga kualifikasi tambahan yang mungkin dibutuhkan oleh perusahaan atau industri tertentu. Demi membuat semua contoh job description data analyst dapat tercapai dengan lebih mudah.

Misalnya, perusahaan teknologi mungkin mencari DA yang memiliki kemampuan dalam machine learning atau data mining, sedangkan perusahaan keuangan mungkin mencari DA yang memiliki pengetahuan tentang pasar keuangan.

Dapat disimpulkan bahwa kebutuhan perusahaan di era digitalisasi akan profesi ini semakin tinggi, sebab proses untuk bisa mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data guna membantu perusahaan membuat keputusan itu sangat sulit.

Baca juga: Contoh Surat Domisili Beserta dengan Persyaratan Pembuatannya

Ini bisa menjadi prospek karir bagus untuk Anda yang memang benar-benar jago dalam dunia IT khususnya analis. Dengan peluang gaji besar serta selalu dibutuhkan oleh perusahaan manapun, bisa dijadikan pegangan.

Bagi yang tertarik untuk menjadi seorang DA, sebaiknya mempelajari perangkat lunak analisis data seperti Excel, R, atau Python, serta mengasah kemampuan analitis dan komunikasi juga.

Selain itu, mencari pengalaman melalui magang atau proyek akademik juga dapat meningkatkan peluang untuk menjadi seorang DA sukses. Beserta memahami contoh job description data analyst yang sudah Kami jelaskan tersebut.

Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!