Contoh job description general affairs

Contoh Job Description General Affairs, Tugas & Kualifikasi

General affairs adalah departemen yang sangat penting di perusahaan, dapat dilihat daripada Contoh job description general affairs sendiri, bagaimana beratnya.

Mereka yang bertanggung jawab atas berbagai hal berkaitan dengan operasi sehari-hari dari perusahaan. Departemen yang memiliki nama singkatan GA meliputi beberapa bidang, seperti keamanan, fasilitas, administrasi, dan bahkan kebersihan. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas contoh jobdesk GA beserta tugas dan kualifikasinya lebih lengkap. Demi memberikan gambaran kepada semua orang yang butuhkannya.

Contoh Job Description General Affairs

Job description divisi GA berbeda-beda tergantung pada jenis perusahaan, ukuran perusahaan, dan struktur organisasi. Namun, beberapa tugas umum yang mungkin termasuk dalam joddesk dari GA antara lain:

  1. Mengelola fasilitas dan peralatan perusahaan, seperti gedung kantor, meja, kursi, dan peralatan IT, intinya secara keseluruhan mengenai inventaris agar lebih bisa terdeteksi.
  2. Menangani perizinan serta peraturan perusahaan, termasuk kepatuhan dengan hukum dan regulasi yang berlaku di wilayah domisili daripada perusahaan tempat bekerja.
  3. Mengelola pengiriman dan penyimpanan barang serta persediaan lebih terperinci, jadi semua hal terkait pengadaan juga akan diatur olehnya juga.
  4. Contoh job description general affairs lainnya yakni menangani keamanan perusahaan, termasuk keamanan fisik dan cyber daripada suatu perusahaan.
  5. Mengelola kebersihan kantor, termasuk jadwal pembersihan dan pengelolaan sampah lebih lanjut. Demi terciptanya lingkungan kantor lebih nyaman untuk digunakan bekerja dan lain lain.
  6. Menangani administrasi karyawan, termasuk data karyawan, cuti, gaji, dan manajemen kinerja juga. Jadi bisa dikatakan tugasnya paling banyak serta umum di antara divisi lainnya.
  7. Menangani travel dan event perusahaan terkait urusan pengadaan barang-barang terkaitnya.

Tugas di atas mungkin tidak lengkap, namun memberikan gambaran umum tentang tugas yang mungkin termasuk dalam contoh jobdesk dari GA, lalu bagaimana dengan kualifikasinya?

Baca juga: Contoh Job Description Social Media Specialist, Apa Saja

Kualifikasi General Affairs, Apakah Ketat?

Kualifikasi yang dibutuhkan untuk mendapatkan posisi pekerjaan GA bervariasi tergantung pada jenis perusahaan serta tugas yang dibutuhkan. Namun, ada beberapa kualifikasi umum yang sering dicari cari oleh perusahaan, di antaranya:

1. Pendidikan

Sebagian besar perusahaan mengharapkan kandidat GA memiliki gelar sarjana dalam bidang seperti manajemen, administrasi bisnis, atau bidang terkait pengadaan barang.

Itu semua demi membuat karyawan memiliki pengetahuan lebih luas seputarnya, jadi akan membuat perusahaan jadi makin proper dalam urusan pengoperasian.

Contoh Job Description General Affairs, Tugas & Kualifikasi

2. Kemampuan komunikasi

GA harus memiliki kemampuan komunikasi yang kuat untuk dapat menjalin hubungan dengan karyawan dan pihak eksternal seperti vendor serta pemerintah.

Sebab semua Contoh job description general affairs membutuhkan hal itu, demi tercapainya tujuan untuk mengatur operasional perusahaan sehari-hari bahkan juga saat ada event spesial juga.

3. Kemampuan analitis

GA juga harus mampu menganalisis masalah dan mencari solusi paling efektif dalam berbagai situasi operasional. Sebab operasional sehari hari tidak akan luput dari namanya masalah.

Jadi, selalu ada jalan keluar yang bisa dicapai semisal ada masalah pada operasional tersebut. Sehingga selalu tercipta operasional lancar meski dengan cara mengakali secara paksa.

4. Pengalaman

Terakhir, ada satu kualifikasi yang akan membuat Contoh job description general affairs terpenuhi secara nyata. Pengalaman menjadi satu jawaban paling pas untuk para calon pelamar.

Pengalaman dalam bidang GA atau administrasi bisnis, baik dari pekerjaan sebelumnya atau dari proyek akademik, dapat menjadi nilai tambah bagi kandidat GA dalam melamar.

Selain kualifikasi umum di atas, terdapat juga kualifikasi tambahan yang mungkin dibutuhkan oleh perusahaan atau industri tertentu, demi memaksimalkan operasional.

Misalnya, industri di sektor manufaktur mungkin mencari kandidat karyawan GA yang memiliki pengetahuan tentang keselamatan dan kesehatan kerja atau K3.

Sedangkan pada sektor industri teknologi mungkin mencari kandidat karyawan GA yang memiliki pengetahuan tentang peraturan dan standar privasi data juga.

Baca juga: Contoh Iklan Media Cetak Agar Anda Mengetahui Seluk Beluknya dengan Baik

Dapat disimpulkan secara keseluruhan, menjadi seorang general affairs membutuhkan keterampilan dan pengetahuan lebih luas untuk mengelola operasi sehari-hari perusahaan terkait.

Kandidat yang memiliki kemampuan dan pengalaman relevan dapat memperoleh kesempatan untuk mengembangkan karir mereka di bidang ini. Sekaligus memainkan peran penting dalam kesuksesan perusahaan sesuai Contoh job description general affairs.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!