contoh job description general affairs

Contoh Job Description Social Media Specialist, Apa Saja

Kesadaran masyarakat luas akan perusahaan menjadi penting, inilah salah satu contoh job description social media specialist, kenapa pekerja dengan profesi tersebut digaji mahal oleh perusahaan.

Sebab, Mereka mampu mengontrol kehadiran yang kuat di media sosial untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan keterlibatan pelanggan. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lengkap mengenai jobdesk beserta kualifikasinya juga.

Contoh Job Description Social Media Specialist

Contoh Job Description Social Media Specialist

Penting untuk memberikan gambaran umum mengenai hal ini. Sebab ada banyak orang yang menjalani pendidikan dengan fokus ke dalam pekerjaan tersebut atau demi permudah pencapaian.

Specialist social media bertanggung jawab atau memiliki jobdesk untuk mengembangkan strategi media sosial dan meningkatkan keterlibatan pelanggan dengan merek perusahaan

Jadi agar memberikan gambaran lebih jelas, beberapa tugas yang mungkin termasuk dalam contoh job description social media specialist antara lain:

  1. Mengembangkan dan melaksanakan strategi media sosial yang efektif untuk merek perusahaan, jadi semacam sales tapi lebih mengarah ke internet dalam pemasarannya.
  2. Mengelola dan mengoptimalkan platform media sosial perusahaan, seperti Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn bahkan sekarang TikTok juga menjadi salah satu platform yang harus diperhatikan.
  3. Membuat konten berkualitas tinggi, seperti gambar, video, dan teks, untuk memasarkan merek perusahaan, jadi harus jago desain-desain juga.
  4. Mengukur dan menganalisis data kinerja media sosial atau medsos untuk meningkatkan strategi serta kinerja dari perusahaan agar lebih dikenal.
  5. Menjalin hubungan dengan pelanggan serta calon pelanggan melalui platform medsos, tidak hanya itu saja tapi juga merespons pertanyaan dan komentar.
  6. Menyelenggarakan kampanye medsos untuk meningkatkan kesadaran merek, meningkatkan keterlibatan pelanggan, dan mendapatkan pengikut baru, banyak pilihannya dan tentu itu harus dipikirkan oleh Mereka.

Tugas-tugas di atas mungkin termasuk dalam contoh job description social media specialist, namun ada juga tugas tambahan yang mungkin dibutuhkan tergantung pada jenis perusahaan atau industri yang berkaitan.

Baca juga: Contoh Iklan Media Cetak Agar Anda Mengetahui Seluk Beluknya dengan Baik

Kualifikasi Social Media Specialist

Selanjutnya, sesudah paham soal bagaimana jobdesk daripada Social Media Specialist atau SMS, Anda juga harus paham mengenai kualifikasi demi membuat lebih mudah dalam mencapai karir tersebut ke depannya.

Kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjadi seorang SMS bervariasi tergantung pada perusahaan atau industri tempat mereka bekerja. Namun, ada beberapa kualifikasi umum yang sering dicari oleh perusahaan, di antaranya:

1. Pendidikan

Sebagian besar perusahaan mengharapkan kandidat SMS memiliki gelar sarjana dalam bidang seperti komunikasi, pemasaran, atau bisnis. Sebab dengan gelar tersebut tentu saja akan paham teori pada contoh job description social media specialist.

2. Kemampuan komunikasi

SMS harus memiliki kemampuan komunikasi kuat untuk dapat menjalin hubungan dengan pelanggan melalui platform media sosial dan merespons pertanyaan serta komentar. Jadi tidak heran kenapa banyak orang cerewet mengisi SMS.

3. Kemampuan menulis

SMS juga harus dapat membuat konten berkualitas tinggi yang menarik dan memengaruhi audiens. Kemampuan menulis bagus tentu akan berguna sekali dalam menarik perhatian audiens khususnya pada platform sosmed dan lain-lain.

4. Kemampuan analitis

Menulis tanpa adanya analisa tentu tidak akan bisa, jadi Anda juga harus mampu mengukur dan menganalisis data kinerja medsos, demi meningkatkan strategi dan kinerja untuk membuat masyarakat semakin sadar merek.

5. Pengalaman

Terakhir, pengalaman dalam bidang media sosial atau pemasaran digital, baik dari pekerjaan sebelumnya atau dari proyek akademik, dapat menjadi nilai tambah bagi kandidat SMS agar makin mudah diterima.

Selain kualifikasi umum di atas, terdapat juga kualifikasi tambahan yang mungkin dibutuhkan oleh perusahaan atau industri tertentu, sebab sekarang banyak industri baru bermunculan di dunia.

Misalnya, perusahaan e-commerce mungkin mencari kandidat SMS yang memiliki pengetahuan tentang SEO dan juga PPC, sedangkan perusahaan media mungkin mencari karyawan SMS yang memiliki pengalaman dalam mengelola konten visual terbaik.

Dengan peluang kerja lebih luas di masa mendatang dengan banyak kebutuhan akan itu, menjadi pilihan karir paling top untuk dipilih para calon pekerja baru Indonesia.

Baca juga: Contoh Job Description Digital Marketing yang Wajib Anda Tahu

Jadi, setidaknya dengan bekal artikel ini Anda bisa tahu gambaran bagaimana sistem kerja secara luas. Sebab contoh job description social media specialist di atas sudah gambarkan semuanya untuk para pembaca.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!