Ratusan HRD sering online dan aktif mencari pegawai!

cara belajar excel untuk pemula

Cara Belajar Excel untuk Pemula, Dijamin Cepat Bisa

Ingin tau bagaimana cara belajar excel untuk pemula dengan cepat? Entah Anda merupakan pengguna komputer lama atau baru, tentunya Anda pasti sudah tau Microsoft Excel. 

Excel sendiri ialah salah satu bagian dari Microsoft Office, seperti PowerPoint, Word dan Access. Banyak sekali hal yang bisa dilakukan di Excel ini. Namun mempelajari Microsoft Excel ini.

Mungkin menjadi hal yang cukup sulit bagi Anda, karena banyak orang menganggap excel memang cukup sulit. Namun tenang, Anda tidak perlu khawatir, artikel ini akan membantu Anda agar cepat bisa.

Tata Cara Belajar Excel untuk Pemula

Banyak orang beranggapan bahwa excel itu merupakan salah satu program yang cukup susah. Di bawah ini beberapa cara mempelajari excel agar cepat bisa, antara lain sebagai berikut :

  1. Perhitungan dasar

Cara Belajar Excel untuk Pemula yang pertama tentunya Anda harus mengetahui dulu perhitungan dasarnya. Microsoft Excel ini memang ditujukan untuk mengolah data berbentuk angka yang dapat Anda diubah.

Ditambah, kurang dan manipulasi sesuai keinginan. Mempelajari cara menghitung di Excel merupakan langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mengerti konsep keseluruhan. Di Excel, untuk menghitung angka dan juga memanipulasi data.

Ada istilahnya sendiri yakni menggunakan “Fungsi”. Fungsi dapat dibilang “rumus” agar angka yang keluar bisa sesuai keinginan. Untuk membuat Fungsi, Anda perlu mengklik kotak yang tersedia di Excel

Setelah itu ketik tanda “=”. Misalkan ingin menghitung 5 + 5. Anda pasti sudah tau jika hasilnya 10, jadi formula lengkapnya adalah “5 + 5 = 10”. 

Di Excel, tanda “=” diketik dahulu, baru diikuti rumusnya. Sehingga untuk menampilkan hasil pertambahan ketiklah “=5+5”. Lalu tekan enter, maka hasil dari penjumlahan tersebut akan keluar.

Baca juga: Rekomendasi kursus digital marketing

  1. Otomasi data sederhana dalam sel

Bila tadi kita belajar memasukkan data ke dalam sel. Cara Belajar Excel untuk Pemula berikutnya, kita akan belajar cara otomasi data. Jadi Anda tidak perlu terus menerus menambah data. 

Anda mempunyai tabel dengan kolom ‘nomor’. Kolom nomor tersebut tentunya berisi nomor dari 1 hingga berapapun jumlah barisnya. Bila Anda mempunyai data yang banyak, apakah harus mengetik semua nomornya? 

Untungnya, Excel mempunyai fitur yang dapat mengatasi masalah tersebut. Sehingga Anda tidak perlu repot-repot mengetik satu persatu nomornya, dengan excel kolom nomor tersebut akan terisi secara otomatis.

  1. Memformat angka

Format angka ini diperlukan bila Anda memasukkan data dengan jenis yang berbeda. Misalkan 100% pastinya berbeda dengan Rp. 100. Meskipun Anda sama-sama mengetik angka 100.

Penggunaannya jadi berbeda. Di Excel, Anda dapat mengubah format angkanya sesuai yang diinginkan. Silahkan blok terlebih dahulu angka yang ingin diubah formatnya. Lalu pada bagian “Number”.

Setelah itu Anda bisa klik menu “General”. Lalu pilih format angka yang diinginkan. Ketika Anda memilih “Currency”, secara otomatis Excel akan mengubah formatnya menjadi format Rupiah.

Baca juga: Cara menjadi seorang digital marketer

  1. Kalkulasi cepat dengan Autosum

Cara Belajar Excel untuk Pemula selanjutnya, kita akan belajar tentang bagaimana cara Kalkulasi cepat dengan Autosum. Autosum ialah fungsi yang dapat digunakan untuk kalkulasi cepat tanpa repot-repot mengetahui rumus perhitungannya.

Misalkan ingin menjumlahkan 12 angka di 12 sel di dalam 1 baris atau kolom. Anda cukup menyeleksi semua sel tersebut dan klik Home > Autosum. 

Maka semua sel tersebut akan dijumlahkan secara otomatis. Selain penjumlahan, Anda juga dapat menggunakan fungsi-fungsi lain pada menu Autosum. Seperti SUM, Average, Count Numbers dan sebagainya.

  1. Membuat table

Cara Belajar Excel untuk Pemula berikutnya adalah cara membuat table. Dengan membuat tabel, data yang diberikan dapat diorganisir di Excel dengan lebih mudah lagi. Jangan beranggapan bahwa.

Dengan mengisi data di sel-sel, data tersebut sudah menjadi Tabel. Anda masih perlu terlebih dahulu memformatnya terlebih dahulu. Silahkan terlebih dahulu blok data tabel Anda. 

Lalu akan ada tombol tambahan di pojok kanan bawah, lalu klik bagian “Tables”, kemudian klik “Table. Dengan data yang tela menggunakan format table. Anda dapat melakukan beberapa hal.

Contohnya saja pada saat Anda klik tanda panah bawah terhadap “Daftar Buku”. Anda dapat menyortirnya berdasarkan huruf dari Z ke A atau sebaliknya, dari A ke Z.

Menggunakan excel bagi sebagian memang cukup sulit, namun Anda kini tidak perlu khawatir. Karena sudah ada beberapa cara belajar excel untuk pemula, dijamin Anda akan langsung paham.

Bagikan Artikel: