10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

cara melakukan riset perusahaan saat melamar pekerjaan

Cara Melakukan Riset Perusahaan Saat Melamar Pekerjaan

Saat mencari pekerjaan, mereka sering lupa menyelesaikan satu langkah penting, yaitu cara melakukan riset perusahaan saat melamar pekerjaan.

Prosedurnya memang terlihat tidak penting. Faktanya, jika dilakukan dengan benar, penelitian dapat meningkatkan prospek pekerjaan Anda. Selain itu, ada keuntungan lebih lanjut.

Dalam hal ini, kami akan memberikan panduan mengenai kapan harus melamar kerja, apa yang harus dicari, dan bagaimana mempelajari perusahaan sebelum melamar pekerjaan. Mari simak selengkapnya penjelasan ini!

Baca juga: Contoh Cara Menanyakan Lowongan Kerja Lewat Whatsapp

Mengapa Harus Melakukan Riset Perusahaan?

Sebelum mengetahui cara melakukan riset perusahaan saat melamar pekerjaan, Anda harus tahu alasan melakukan riset perusahaan. Tidak bisa dipungkiri, meriset perusahaan sangatlah penting. Dengan melakukan ini, Anda juga bisa mendapatkan manfaatnya seperti:

1. Kesempatan Menyesuaikan CV

Menurut Career Sidekick, resume yang sangat cocok dengan deskripsi pekerjaan memiliki peluang lebih tinggi untuk dipilih oleh perekrut. Karena bisnis tidak selalu memilih kandidat yang paling cerdas atau berprestasi.

Mereka mencari individu yang dapat melakukan jobdesk saat ini sesuai dengan budaya kerja perusahaan tersebut.

Karenanya, baca deskripsi pekerjaan dengan seksama. Langkah ini memungkinkan Anda mempelajari kualitas apa yang dicari perekrut pada kandidat. Kemudian, ubah resume Anda.

2. Memudahkan Proses Interview

Anda bisa menjawab beberapa pertanyaan wawancara jika berhasil melakukan riset perusahaan. Diantaranya seperti:

  • Apa yang kamu ketahui soal perusahaan?

Kandidat dapat memberikan tanggapan umum untuk pertanyaan ini. Misalnya, “PT X adalah bisnis keuangan yang sering digunakan oleh orang Indonesia.”

Sayangnya, tanggapan itu akan menunjukkan bahwa pelamar tidak menyelidiki perusahaan sebelum melamar posisi tersebut.

Jika riset sudah dilakukan, Anda pasti dapat memberikan tanggapan yang lebih jelas. Misalnya, “Jika kita mengacu pada data dari AppAnnie, PT X adalah perusahaan fintech Indonesia dengan konsumen terbanyak.”

  • Apa produk favoritmu?

Dengan cara melakukan riset perusahaan saat melamar pekerjaan, pasti Anda dapat menjawab pertanyaan ini.

Memang mengklaim bahwa yang perlu dilakukan adalah memilih produk yang sesuai. Setelah itu, jelaskan manfaat dari segi operasional perusahaan. Sertakan pernyataan mengenai kebutuhan produk di masyarakat.

  • Apa ada pertanyaan?

Anda bisa bertanya mengenai budaya perusahaan atau hal lain yang tidak dimengerti. Melakukan ini, perekrut dapat mengevaluasi Anda dengan baik. Selain itu, Anda tampak tertarik dengan perusahaan tempat Anda melamar.

  • Apa Saja yang Harus Anda Riset?

Selanjutnya, kita bahas karakteristik perusahaan ketika mencari pekerjaan. Beberapa di antaranya adalah:

  • Skill dan pengalaman yang dianggap penting oleh recruiter
  • Budaya, misi, dan visi perusahaan
  • Berita seputar perusahaan

Cara Melakukan Riset Perusahaan Saat Melamar Pekerjaan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ada beberapa cara untuk meriset perusahaan. Diantaranya adalah:

1. Ketik Namanya di Google

Cara melakukan riset perusahaan saat melamar pekerjaan yaitu dengan memasukkan nama perusahaan di Google terlebih dahulu. Pilih berbagai kata kunci, seperti ini:

2. Nama perusahaan

Gunakan kata kunci ini untuk mencari informasi umum perusahaan.

3. Berita (nama perusahaan)

Anda dapat menemukan berita perusahaan terbaru menggunakan kata kunci ini.

4. (Nama perusahaan) pengalaman kerja

Orang sering menulis di blog pribadi mengenai pengalaman profesional mereka. Semua itu dapat dicari menggunakan kata kunci ini.

5. (Nama perusahaan) pengalaman interview

Kadang-kadang orang menulis mengenai pengalaman mereka selama wawancara perusahaan. Untuk menemukannya, coba gunakan kata kunci ini.

6. Nama rekruter

Mungkin Anda ingin tahu siapa yang akan mewawancarai ? Coba cari namanya di Google.

Cara melakukan riset perusahaan saat melamar pekerjaan yaitu menggunakan nama perekrut atau HRD. Profil LinkedIn mereka biasanya akan muncul. Selain itu, Anda dapat memahami pendidikan dan pengalaman mereka.

7. Tanyakan Teman atau Keluarga

Anda juga dapat berkonsultasi dengan teman atau keluarga ketika melakukan riset perusahaan. Siapa tahu, mereka mungkin sedang melakukan wawancara atau memiliki pengalaman kerja di kantor yang Anda tuju.

8. Cek Website Resmi Perusahaan

Menurut Betterteam, Anda dapat melakukan penelitian di situs web resmi perusahaan ketika melamar kerja. Melalui website, Anda bisa mengamati lingkungan kerja, kebiasaan kerja, dan bahkan personel perusahaan terkait.

9. Lihat Akun Media Sosial Mereka

Cara melakukan riset perusahaan saat melamar pekerjaan selanjutnya yaitu mencari tahu lebih banyak mengenai strategi branding perusahaan, produk baru, atau kampanye. Cari semuanya di media sosial.

10. Coba Produk Mereka

Terakhir, gunakan produk perusahaan yang baru dirilis. Kalau nanti diterima, Anda bisa membayangkan pekerjaanmu. Satu lagi, riset ini juga memudahkan proses menjawab pertanyaan wawancarai “Apa pendapat Anda mengenai produk kami?”.Pastikan selalu teliti memperhatikan perusahaan apa yang ingin Anda lamar. Mulai sekarang, jangan lupakan cara melakukan riset perusahaan saat melamar pekerjaan penting yang satu ini

Bagikan Artikel: