10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Contoh Cara Menanyakan Lowongan Kerja Lewat Whatsapp

Contoh cara menanyakan lowongan kerja lewat WhatsApp kadang masih belum dipahami oleh para jobseeker. Sekarang ini, perkembangan dunia digital dan teknologi semakin pesat dan praktis. Peluang kerja melalui chat WA juga dapat dilakukan oleh siapa saja.

Akan tetapi, masih ada etika yang wajib diperhatikan supaya terlihat sopan dan beradab. Jadinya, mengirim pesan singkat melalui WhatsApp bukan bukan berarti bisa lakukan dengan bebas. Pastinya, ada sejumlah tata cara yang bisa Anda terapkan.

Mungkin Anda pernah menanyakan lowongan pekerjaan melalui WA kepada teman dan menjadi hal biasa saja. Sebab, Anda tidak perlu gunakan bahasa formal. Namun, berbeda halnya bila Anda ingin bertanya lowongan kerja kepada HRD ataupun mereka yang memiliki jabatan lebih tinggi, tentu harus memiliki etika dan adab.

Cara Bertanya Lowongan Kerja Lewat WhatsApp, Etika yang Perlu Diperhatikan

Contoh cara menanyakan lowongan kerja lewat WhatsApp mungkin sedikit berbeda dengan bertanya melalui langsung. Kadang, ada beberapa aturan yang berhubungan dengan cara penulisan hingga etika bertanya sangat penting.

Usahakan untuk tidak sembarangan bertanya, sehingga meninggalkan kesan buruk kepada pihak penerima pesan WA. Supaya tidak bingung, berikut ini cara bertanya lowongan pekerjaan lewat WhatsApp dengan sopan dan beretika, seperti :

1. Lihat waktu selama pengiriman pesan chat WA

Contoh cara menanyakan lowongan kerja lewat WhatsApp yang sesuai dan beretika ialah perhatikan waktu atau jamnya. Usahakan Anda tidak mengirimkan seputar lowongan kerja di atas jam 7 malam, ataupun di luar dari jam dan hari kerja.

Hal ini tampak sederhana sekali namun mampu menunjukkan kesopanan Anda dan juga dapat terhindari dari persepsi negatif. Mungkin bisa saja pihak HRD akan membalas pesan pribadi, tetapi memperhatikan waktu pengiriman pesan ini akan memberikan image profesional bagi para jobseeker.

2. Dahulukan mengucapkan salam

Mengucapkan sapaan atau salam sebelum bertanya seputar lowongan kerja kepada HRD melalui pesan WhatsApp bisa Anda coba. Seperti halnya menggunakan salam ‘’Assalamualaikum’’, atau bisa juga dengan sapaan yang lebih umum ‘’Selamat Pagi’’ dan lainnya.

3. Hindari penggunaan ‘’p’’ saat memulai pembicaraan

Tidak bisa dipungkiri bila kebiasaan mengirim pesan gunakan ‘’p’’ bertujuan agar segera direspons, namun sayangnya hal ini bisa terbawa hingga ke dunia kerja. Perlu diingat, bahwa selama bertanya seputar lowongan pekerjaan kepada pihak perusahaan harus dilakukan dengan sopan. Bila Anda gunakan ‘’p’’ saat mengirim pesan, maka kesan sopan bisa hilang.

4. Hindari pemaksaan agar pesan dibalas

Kadang, kita ingin pesan yang dikirimkan seputar pekerjaan langsung direspon dengan cepat. Ditambah lagi bila Anda sedang membutuhkannya. Namun, perlu diperhatikan etika tersebut tampak tidak sopan yang memberikan kesan negatif kepada jobseeker. Pastikan untuk Anda bersabar menunggu dan tidak gegabah supaya pesan segera dibalas.

5. Cantumkan nama dan sumber Anda dapatkan kontak WA HRD

Terakhir, contoh cara menanyakan lowongan kerja lewat WhatsApp Anda bisa cantumkan nama pada bagian akhir saat bertanya lowongan pekerjaan. Hal tersebut bertujuan agar pihak HRD bisa mengenal Anda.

Tidak lupa juga, Anda bisa beritahu kepada pihak perusahaan darimana mendapatkan informasi kontak WhatsApp tersebut. Bisa saja dari iklan sosial media maupun rekan kerja dan teman.

Begini Contoh Cara Menanyakan Lowongan Kerja Lewat WhatsApp yang Benar

Mungkin Anda masih bingung bagaimana contoh menanyakan lowongan kerja lewat WhatsApp yang benar dan beretika seperti penjelasan diatas. Tidak perlu bingung, di bawah ini sudah kami sediakan contohnya cara bertanya lewat WA yang benar, mesti Anda perhatikan dengan baik.

Contoh cara menanyakan lowongan kerja lewat WhatsApp yang benar dan beretika, seperti berikut ini :

‘’Selamat Pagi, Perkenalkan nama saya ….. mendapatkan kontak Anda dari ….. Saya bermaksud untuk bertanya seputar informasi lowongan pekerjaan di perusahaan ini sebagai posisi staff, apakah masih tersedia? Sekian dan terima kasih (nama Anda).’’

‘’Selamat Siang, Perkenalkan nama saya …. mendapatkan kontak WhatsApp Anda dari iklan lowongan pekerjaan di Instagram sebagai posisi staff pada perusahaan tersebut. Apakah dapat diinformasikan lebih lanjut lagi seputar tata cara pengiriman lowongan yang dimaksud? Sekian dan terima kasih (nama Anda).

Contoh cara menanyakan lowongan kerja lewat WhatsApp yang benar dan beretika penting diperhatikan agar memiliki kesan positif kepada pihak perusahaan yang dituju.

Bagikan Artikel: