3 Contoh Cara Menanyakan Lowongan Kerja Lewat Whatsapp

Contoh cara menanyakan lowongan kerja lewat WhatsApp kadang masih belum dipahami oleh para jobseeker. Sekarang ini, perkembangan dunia digital dan teknologi semakin pesat dan praktis. Peluang kerja melalui chat WA juga dapat dilakukan oleh siapa saja.

Akan tetapi, masih ada etika yang wajib diperhatikan supaya terlihat sopan dan beradab. Jadinya, mengirim pesan singkat melalui WhatsApp bukan bukan berarti bisa lakukan dengan bebas. Pastinya, ada sejumlah tata cara yang bisa Anda terapkan. Berikut ini contoh cara menanyakan lowongan kerja lewat whatsapp, yuk simak!!!

Bolehkah Bertanya Lowongan Pekerjaan lewat WhatsApp?

Iya, dikutip dari Renomind Anda boleh bertanya tentang lowongan pekerjaan lewat whatsapp. Jangan menghubungi nomor WhatsApp secara sembarangan tanpa izin atau informasi kontak yang sah.

Ingatlah untuk selalu menjaga etika komunikasi yang baik dan profesional. Hindari mengirim pesan yang terlalu agresif atau menuntut.

Baca juga: Cara Jualan Online di WA Paling Ampuh Dan Kreatif

Cara Bertanya Lowongan Kerja Lewat WhatsApp

1. Perhatikan Waktu Pengiriman Chat

Sangat penting untuk memperhatikan waktu ketika Anda mengirim pesan. Cobalah untuk mengirim pesan pada jam-jam yang sesuai dengan jam kerja, dan hindari mengirim pesan pada tengah malam atau waktu yang tidak pantas. Ini menunjukkan bahwa Anda menghormati waktu orang yang Anda hubungi.

2. Ucapkan Salam Terlebih Dahulu

Mulailah pesan Anda dengan menyapa secara sopan, seperti “Halo” atau “Selamat pagi/siang/malam.” Hal ini adalah cara yang baik untuk memulai percakapan dengan nada yang positif.



3. Jangan Menggunakan “P” untuk Mengawali Pembicaraan

Hindari mengirim pesan yang hanya berisi huruf “p” atau pesan singkat lainnya yang kurang bermakna. Sebaliknya, mulailah dengan pertanyaan atau pernyataan yang jelas.

4. Hindari Memaksa Dibalas

Jika Anda belum mendapatkan respons dalam beberapa waktu, hindari memaksa atau mengejar terlalu keras. Bersabarlah, dan jika Anda tidak mendapatkan jawaban, Anda bisa mencoba mengirim pesan follow-up setelah beberapa waktu.

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

5. Hindari Menarik Kembali Pesan yang Sudah Dikirim

Sebaiknya hindari menghapus pesan yang sudah Anda kirim, terutama jika pesan tersebut sudah terbaca. Menghapus pesan bisa dianggap kurang etis. Lebih baik berkomunikasi secara terbuka dan jujur.

6. Periksa Tata Bahasa dan Tanda Baca

Pastikan pesan Anda tertulis dengan baik, menggunakan tata bahasa yang benar, dan tanda baca yang sesuai. Pesan yang rapi dan jelas akan memberikan kesan yang lebih profesional.

7. Cantumkan Nama Pengirim pada Bagian Akhir

Sertakan nama Anda pada akhir pesan Anda agar penerima tahu siapa yang mengirim pesan. Ini juga menambah sentuhan personal dalam komunikasi Anda.



8. Sebutkan Sumber Tempatmu Mendapatkan Nomor WhatsApp

Jika Anda memiliki nomor WhatsApp dari sumber tertentu, seperti iklan lowongan pekerjaan, sebutkan sumber tersebut. Ini akan memberikan konteks yang jelas kepada penerima tentang bagaimana Anda mendapatkan nomor tersebut.

9. Tanyakan Syarat Mendapatkan Pekerjaan Secara Lengkap

Jika Anda tertarik dengan lowongan pekerjaan, mintalah informasi lebih lanjut tentang syarat dan tanggung jawab pekerjaan. Anda dapat bertanya tentang persyaratan kualifikasi, lokasi kerja, jenis kontrak, dan detail pekerjaan lainnya.

10. Hindari Menanyakan Gaji

Pertanyaan tentang gaji sebaiknya ditunda hingga tahap yang lebih lanjut dalam proses wawancara atau jika perusahaan menginisiasi pembicaraan tentang hal tersebut. Lebih baik fokus pada pertanyaan tentang pekerjaan itu sendiri terlebih dahulu.

Baca juga: 3 Aplikasi Untuk Mengetahui Nomor Kita Diblokir: Mengungkap Status Diblokir di WhatsApp

Contoh Cara Menanyakan Lowongan Kerja Lewat WhatsApp yang Salah

1. Contoh Menanyakan Lowongan Kerja Lowongan Kerja Digital Marketing Lewat WhatsApp yang Salah

“Eh, Ada lowongan digital marketing?”

2. Contoh Menanyakan Lowongan Kerja Lowongan Kerja Dalam Bahasa Indonesia Lewat WhatsApp yang Salah

“Saya mau kerja di sini. Ada pekerjaan nggak?”

3. Contoh Menanyakan Lowongan Kerja Lowongan Kerja Dalam Bahasa Inggris Lewat WhatsApp yang Salah

“Hey, I want a job right now! Do you have any openings for a digital marketing position? I’m super qualified and need a job ASAP!”

Baca juga: Cara Membuat Stiker WA dengan Mudah Pada Ponsel Android

 Contoh Cara Menanyakan Lowongan Kerja Lewat WhatsApp yang Benar

1. Contoh Menanyakan Lowongan Kerja Lowongan Kerja Digital Marketing Lewat WhatsApp yang Benar

“Halo, saya Aji Darmawan. Saya tertarik dengan lowongan pekerjaan di bidang Digital Marketing yang mungkin ada di perusahaan Anda. Saya memiliki pengalaman sebelumnya dalam manajemen kampanye online dan analisis data. Apakah Anda memiliki informasi lebih lanjut tentang lowongan yang tersedia?”

2. Contoh Menanyakan Lowongan Kerja Lowongan Kerja Dalam Bahasa Indonesia Lewat WhatsApp yang Benar

“Selamat pagi, saya Aji Darmawan. Saya ingin mengetahui apakah ada lowongan pekerjaan yang tersedia di perusahaan Anda, terutama dalam bidang digital marketing. Saya memiliki pengalaman dalam mengelola kampanye digital dan mengoptimalkan kinerja online. Mohon informasinya jika ada lowongan yang sesuai. Terima kasih.”

3. Contoh Menanyakan Lowongan Kerja Lowongan Kerja Dalam Bahasa Inggris Lewat WhatsApp yang Benar

“Hello, I’m Aji Darmawan I’m interested in exploring job opportunities in the field of Digital Marketing at your company. I have previous experience in managing online campaigns and data analysis. Could you please provide more information if there are any relevant openings available? Thank you.”

Reference:


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!