cara jualan online di wa

Cara Jualan Online di WA Paling Ampuh Dan Kreatif

Saat ini, semakin banyak peluang media yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis, termasuk menggunakan WhatsApp sebagai salah satu opsi yang efektif. Memahami strategi penjualan yang optimal di platform ini dapat secara signifikan meningkatkan profitabilitas bisnismu.

Meskipun demikian, tidak banyak yang tahu bagaimana menggunakan WhatsApp sebagai alat penjualan online. Oleh karena itu, kami telah menyusun panduan dan tips sukses berjualan online melalui WhatsApp yang dapat kamu terapkan dalam usahamu.

10 Cara Jualan Online di WA Paling Ampuh Dan Kreatif

1. Strategi Berjualan Online Melalui WhatsApp

Untuk mengoptimalkan penjualan dalam bisnis, perlu dirancang strategi pemasaran yang menarik. Salah satu pendekatannya adalah menggunakan WhatsApp sebagai media. Berikut ini adalah beberapa langkah kunci yang bisa kamu ikuti:

2. Tetapkan Target dan Rencana Bisnis yang Tepat

Landasan yang kuat dan perencanaan yang matang adalah kunci sukses dalam berbisnis. Perencanaan ini membantu menjaga bisnis tetap terarah, terkendali, dan sesuai dengan rencana yang telah dibuat. Jangan lupakan pembuatan target jangka pendek dan panjang yang sesuai dengan kondisi ekonomi saat ini, sehingga bisnismu memiliki tujuan yang realistis dan dapat dicapai. Perencanaan yang matang juga mempersiapkan bisnis untuk menghadapi kemungkinan-kemungkinan yang dapat muncul di masa depan.

Baca juga: Cara jualan di akulaku

3. Manfaatkan WhatsApp Business

WhatsApp Business adalah salah satu platform media sosial yang bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis. Meskipun ada banyak opsi lain untuk memasarkan produk dan layanan, WhatsApp juga dapat diandalkan untuk berbisnis. Pastikan untuk memisahkan urusan pribadi dan bisnis dengan menggunakan fitur yang tersedia di WhatsApp Business. Dalam platform ini, kamu dapat menambahkan deskripsi bisnis, katalog produk, dan informasi lainnya untuk memudahkan pelanggan dalam mengetahui produk dan layanan yang kamu tawarkan.



4. Jalin Kerja Sama dengan Supplier

WhatsApp Business dapat digunakan untuk berbisnis tanpa modal dengan menjalin kerja sama dengan supplier sebagai dropshipper. Ini adalah cara mudah untuk berbisnis tanpa modal karena kamu hanya perlu memasarkan produk kepada calon pelanggan. Semakin banyak produk terjual, semakin besar keuntungan yang dapat kamu peroleh.

5. Kelola Kontak Pelanggan

Komunikasi yang baik dengan pelanggan adalah kunci kesuksesan bisnis. Menyusun dan mengorganisir kontak pelanggan yang potensial adalah langkah penting. Dengan cara ini, kamu dapat dengan mudah menghubungi dan menawarkan produk kepada pelanggan potensial.

Baca juga: Cara jualan di facebook

6. Buat Katalog Bisnis

Menggunakan fitur katalog bisnis di WhatsApp Business adalah cara efektif untuk mempromosikan produk dan layanan. Pastikan untuk mengunggah gambar produk dengan versi terbaru WhatsApp Business dan buat katalog semenarik mungkin untuk menarik minat pelanggan.

7. Gunakan ChatBot WhatsApp

ChatBot WhatsApp adalah fitur yang dapat membantu kamu merespons pesan pelanggan secara otomatis, meningkatkan efisiensi dan pelayanan pelanggan. Namun, pastikan untuk memeriksa pesan yang tidak dapat dijawab oleh ChatBot secara manual.

8. Manfaatkan Broadcast sebagai Media Promosi

Memanfaatkan fitur broadcast untuk promosi adalah langkah cerdas. Pastikan untuk mengirim pesan dengan etika yang baik dan tidak mengganggu pelanggan.



9. Gunakan WhatsApp Stories

Selain broadcast, WhatsApp Stories dapat menjadi media promosi yang efektif. Posting produk atau promosi di WhatsApp Stories dapat menjangkau lebih banyak orang.

10. Sediakan Metode Pembayaran yang Mudah dan Aman

Pastikan menyediakan metode pembayaran yang mudah diakses dan aman untuk pelanggan agar pesanan tidak dibatalkan karena kesulitan pembayaran.

Kelebihan Berjualan Online Melalui WhatsApp

Berjualan melalui WhatsApp Business memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

1. Kemudahan Penggunaan

WhatsApp Business memiliki tampilan sederhana dan mudah digunakan, bahkan bagi pemula.

2. Pesan Otomatis

Fitur pesan otomatis memungkinkan kamu untuk merespons pesan pelanggan secara otomatis, meningkatkan efisiensi.

3. Meningkatkan Brand Awareness

WhatsApp Business memungkinkan kamu menampilkan bisnis dengan cara yang lebih profesional, meningkatkan kepercayaan pelanggan.

4. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

ChatBot dan respons cepat memuaskan pelanggan, meningkatkan kepuasan mereka.

5. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Pelayanan yang baik dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan memicu pembelian berulang.

Dalam mengelola bisnis di WhatsApp, pastikan juga untuk memanfaatkan aplikasi POS seperti majoo untuk membantu pencatatan keuangan dan manajemen bisnis yang lebih efisien. Dengan demikian, bisnismu dapat tumbuh dengan lebih baik dan efektif.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!