cara jualan di facebook

Cara Jualan di Facebook di Jamin Untung Dan Laris

Facebook, sebagai salah satu dari platform sosial media terbesar saat ini, memiliki lebih dari 116 juta pengguna di Indonesia, menjadikannya yang terbesar ketiga di dunia menurut data dari Databoks. Dengan demikian, keberadaan Facebook dapat dianggap sebagai sebuah potensi bisnis yang sangat menjanjikan. Jika Anda tertarik untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan atau ingin memulai bisnis baru, ada 10Cara Jualan di Facebook yang dapat Anda implementasikan dengan mudah!

Kenapa Harus Jualan di Facebook?

Terdapat beberapa argumen yang menjadikan berjualan di platform Facebook sebagai pilihan yang efisien dan menguntungkan. Beberapa di antaranya adalah:

1. Memanfaatkan Jangkauan Sosial Media Terluas

Kehadiran Facebook dengan pengguna yang beragam membuka pintu bagi bisnis untuk mengembangkan diri. Ini mengartikan bahwa Anda dapat mencapai lebih banyak calon pelanggan, meningkatkan kesadaran merek, dan merancang strategi penjualan yang efektif.

2. Menghemat Biaya Tanpa Perlu Sewa Tempat Fisik

Berjualan secara online melalui Facebook dapat mengurangi biaya modal usaha secara signifikan. Anda tidak perlu lagi menyewa tempat fisik seperti toko atau ruang usaha lainnya. Ini berarti bahwa metode berjualan di Facebook lebih sederhana dan ekonomis.

3. Manfaatkan Fitur ‘Marketplace’ Facebook

Adanya fitur ‘Marketplace’ memungkinkan transaksi pembelian langsung melalui aplikasi dengan tampilan yang lebih menarik. Selain itu, Anda dapat mengakses laporan kinerja produk Anda, yang memungkinkan Anda untuk merancang strategi penjualan yang lebih baik di masa depan.

Selain tiga keunggulan yang telah disebutkan sebelumnya, berita baik lainnya adalah Anda dapat mewujudkan impian Anda untuk meningkatkan keuntungan lebih banyak dengan menggunakan strategi penjualan di Facebook berikut ini. Teknik ini tetap efektif bahkan jika Anda adalah pemula.

Baca juga: Cara jualan di akulaku



Cara Jualan di Facebook Paling Ampuh Dan Bikin Laris

1. Buat Akun Bisnis di Facebook

Metode penjualan di Facebook yang pertama adalah dengan membuat akun bisnis di platform ini. Cara melakukannya cukup sederhana. Pertama-tama, Anda perlu memiliki akun Facebook, kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Masuk ke akun Anda.
  • Di halaman beranda, pilih opsi ‘Halaman’ dan klik ‘Buat Halaman Baru’.
  • Isilah semua informasi yang diminta, termasuk:
    • Nama Halaman (Isi dengan Nama Bisnis atau Toko Anda)
    • Kategori (Pilih Kategori yang Cocok dengan Produk atau Jasa yang Anda Tawarkan)
    • Deskripsi (Jelaskan Apa yang Anda Jual dan Informasi Singkat tentang Bisnis Anda)
  • Periksa kembali informasi yang telah Anda isi, lalu klik ‘Buat Halaman’.
  • Lanjutkan dengan mengedit profil Anda dengan menambahkan foto profil dan foto sampul. Pastikan gambar yang Anda pilih mewakili bisnis Anda. Gunakan gambar dengan resolusi berikut:
    • Foto Profil: 180 X 180 Pixel
    • Foto Sampul: 851 X 315 Pixel
  • Selanjutnya, perbarui halaman bisnis Anda dengan informasi kontak penjual, seperti nomor WhatsApp bisnis, email, website, dan tautan ke toko online Anda.
  • Terakhir, tentukan nama pengguna (username) untuk akun bisnis Facebook Anda. Pilih nama yang singkat, jika memungkinkan gunakan nama merek Anda, misalnya, facebook.com/bajumurah.

Baca juga: Cara jualan di tiktok shop

2. Bergabung dalam Grup Facebook

Facebook adalah platform media sosial yang memiliki banyak komunitas atau grup yang berbeda. Bergabung dengan komunitas ini dapat membantu Anda menemukan calon pelanggan.

  • Cara menjual di Facebook melalui grup cukup mudah. Yang penting adalah memilih grup yang berkaitan dengan bisnis Anda, biasanya grup tersebut memiliki nama seperti “Komunitas Jual Beli” dan “Forum Jual Beli”. Berikut langkah-langkahnya:
    • Pada kolom pencarian, ketikkan nama komunitas yang sesuai dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan.
    • Klik ‘Gabung Grup’ dan tunggu hingga permintaan Anda disetujui oleh administrator grup.
    • Setelah Anda bergabung, pastikan untuk membaca dan mengikuti peraturan yang ada di grup.
    • Mulailah memposting produk atau layanan yang Anda tawarkan.
  • Sebagai tip tambahan, untuk meningkatkan visibilitas merek atau bisnis Anda, Anda juga dapat berpartisipasi dalam diskusi yang ada di grup tersebut. Dengan menjadi aktif, orang akan mulai mengenali akun Anda, dan beberapa bahkan mungkin akan mengunjungi halaman Anda. Pastikan akun Facebook Anda tidak terkunci!

3. Manfaatkan Fitur Facebook Marketplace

Metode penjualan di Facebook yang ketiga adalah menggunakan fitur Marketplace. Menurut Laman Resmi Facebook, Fitur ini sangat membantu penjual atau pebisnis dalam memudahkan pembeli untuk menemukan dan membeli produk Anda.

  • Cara menggunakan fitur ini sebagai berikut:
    • Klik ikon tiga garis di bagian atas halaman Facebook Anda.
    • Pilih ‘Marketplace’.
    • Di bagian atas, klik ‘Jual’.
    • Masukkan judul dan harga produk, lalu pilih kategori.
    • Tambahkan foto produk dengan mengklik ‘Tambahkan Foto’.
    • Setelah yakin tidak ada informasi yang terlewatkan, klik ‘Terbitkan’.

4. Manfaatkan Fitur Facebook Ads

Setiap platform umumnya memiliki opsi iklan yang memudahkan para penggunanya, khususnya bagi para pebisnis yang ingin menjangkau lebih banyak pelanggan. Facebook juga menyediakan fitur iklan yang disebut Facebook Ads.

Penggunaan fitur iklan di Facebook ini memiliki berbagai harga, tergantung pada pilihan dan target audiens yang Anda pilih. Biayanya akan bergantung pada CPC (Biaya per Klik), oleh karena itu, jika Anda mempertimbangkan untuk menggunakan cara ini dalam strategi penjualan di Facebook, pastikan Anda memilih target iklan berdasarkan usia, lokasi, minat, dan faktor-faktor lain yang berkaitan dengan produk yang Anda tawarkan.



5. Gunakan Gambar Produk yang Berkualitas

Menggunakan gambar produk yang berkualitas memainkan peran penting dalam bisnis Anda. Gambar yang jelas, memiliki resolusi tinggi, dan menampilkan produk yang sebenarnya akan lebih menarik daripada gambar yang diambil dari internet.

Selain itu, menggunakan gambar produk asli juga dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan. Terutama jika Anda melengkapi dengan video produk yang juga berkualitas baik. Oleh karena itu, salah satu tips dalam strategi penjualan di Facebook adalah menggunakan gambar produk yang berkualitas tinggi:

  • Pastikan gambar produk menampilkan produk dengan jelas.
  • Gunakan gambar dengan resolusi tinggi, jangan sampai gambar pecah atau buram.
  • Gunakan gambar produk asli yang Anda jual, bukan gambar produk serupa yang diambil dari internet.
  • Jika mungkin, tambahkan video produk untuk memberikan kesan yang lebih meyakinkan kepada calon pembeli.

6. Sediakan Informasi Produk/Jasa yang Jelas

Gunakan bahasa yang mudah dimengerti dan jujur dalam memberikan informasi tentang produk atau jasa Anda. Caranya adalah dengan membuat deskripsi atau caption yang menarik dalam postingan Anda, menggunakan teknik copywriting untuk menjelaskan produk Anda dengan lebih baik.

Untuk membuat caption yang menarik, Anda dapat mengikuti beberapa tips berikut:

  • Buatlah caption yang menarik dan membuat orang ingin membacanya. Caption yang menarik bisa berupa pertanyaan, kutipan, atau pernyataan yang bisa memicu rasa penasaran pembaca.
  • Sertakan hashtag yang relevan untuk membantu audiens menemukan konten Anda. Gunakan hashtag yang sesuai dengan konten Anda dan jika mungkin, gunakan juga hashtag populer yang relevan dengan bisnis Anda.
  • Hindari membuat caption terlalu panjang. Caption yang terlalu panjang bisa membuat pembaca kehilangan minat dan tidak membacanya sampai selesai. Buatlah caption yang singkat, padat, dan jelas.
  • Gunakan emoji untuk memberikan elemen visual pada caption Anda. Emoji dapat membuat caption Anda lebih menarik untuk dibaca dan tidak terlalu monoton.
  • Gunakan kalimat aktif dalam penulisan caption. Kalimat aktif membuat caption Anda lebih hidup dan menarik.

7. Tanggapi Pertanyaan Calon Pembeli dengan Cepat

Ketika Anda mulai berjualan di Facebook, akun Anda akan menjadi publik, sehingga semua orang dapat melihatnya. Ini berarti bahwa ada peluang bagi orang-orang untuk mengajukan pertanyaan langsung melalui pesan atau mengomentari postingan Anda.

Usahakan untuk merespons pertanyaan tersebut dengan cepat dan efisien sesuai dengan jam operasional bisnis Anda. Respons yang cepat dan informatif lebih disukai oleh calon pelanggan karena ini memberikan mereka rasa dihargai dan meningkatkan kepercayaan mereka terhadap produk Anda.

8. Terapkan Strategi Pemasaran yang Menarik

Setiap bisnis memerlukan strategi pemasaran, termasuk juga dalam penjualan di Facebook. Anda dapat mencoba beberapa strategi berikut:

  1. Menawarkan diskon khusus untuk produk tertentu atau pembelian dengan jumlah minimum.
  2. Melakukan giveaway produk atau voucher belanja kepada pelanggan.
  3. Membagikan testimoni positif dari pelanggan yang telah membeli produk Anda.

9. Buat Konten yang Bermanfaat

Hanya memposting produk atau layanan Anda mungkin tidak cukup menarik. Cobalah untuk berkontribusi dengan membuat konten yang bermanfaat dan relevan dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Konten ini bisa berupa infografis, video tutorial, atau informasi lain yang dapat memberikan edukasi kepada pembaca Anda.

Dengan cara ini, Anda dapat meningkatkan kunjungan ke profil Anda dan mendapatkan promosi secara alami dari orang-orang yang merasa terbantu oleh konten Anda.

10. Analisis Hasil Penjualan

Langkah terakhir dalam strategi penjualan di Facebook adalah menganalisis hasil penjualan Anda. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa Anda mencapai hasil yang memuaskan dan untuk menghindari kesalahan yang sama di masa depan. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka halaman bisnis Facebook Anda.
  • Klik ‘insight’ di bagian kanan atas.
  • Pilih periode waktu yang ingin Anda analisis.
  • Semua data terkait performa Marketplace Anda akan ditampilkan.
  • Analisis data yang sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti produk yang paling banyak terjual, dan bandingkan dengan tingkat keterlibatan yang Anda dapatkan dari akun Anda di luar Marketplace.

Sekarang Anda memiliki pemahaman yang lebih baik tentang cara berjualan di Facebook. Jika Anda membutuhkan modal tambahan untuk memulai bisnis Anda di Facebook, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengajukan pinjaman modal usaha melalui BFI Finance. Prosesnya cepat, mudah, dan aman. Juga, Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut di BFI Blog yang selalu diperbarui setiap Senin-Jumat.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!