cara menjadi seorang digital marketer

Cara Menjadi Seorang Digital Marketer Paling Top di Indonesia

Salah satu cara menjadi seorang digital marketer yaitu bisa melakukan hal-hal yang berhubungan dengan digital marketing (online). Contohnya SEO (Search engine optimization), pemasaran konten, pemasaran email, pemasaran video,dan lainnya. 

Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan pemasaran di perusahaan saat ini yaitu pertumbuhan teknologi dan internet. Jadi, dengan majunya teknologi informasi akan membantu mendukung berbagai perubahan.

Pemasaran adalah proses mempromosikan produk secara online, seperti situs web e-commerce, pemasaran media sosial, pemasaran email atau pemasaran konten. Sehingga pelaksanaannya jauh menjadi lebih mudah.

online marketing memudahkan Anda menjangkau banyak pelanggan secara online. Selain itu, pelanggan dapat melakukan pembelian menggunakan handphone mereka. 

Cara Menjadi Seorang Digital Marketer di Indonesia

Maka dari itu, jangan heran jika banyak orang ingin menjadi marketer. Namun untuk menjadi seseorang yang memiliki kompeten sehingga terkenal dimasyarakat, tentunya da beberapa tips.

Berikut ini merupakan beberapa cara menjadi seorang digital marketer yang lainnya Anda harus memiliki beberapa kemampuan ini. Sehingga asah terus skill dan pengalaman agar lebih kompeten. Simak beberapa cara berikut ini agar memudahkan Anda.

1. Kuasai Teknik Digital Marketing

Jika Anda ingin mempelajari teknik-teknik digital marketing secara efektif, berikut adalah beberapa cara menguasai teknik digital marketing paling efektif yang dapat Anda coba:

  • Menyusun Rencana Pembelajaran

Langkah pertama dalam mempelajari teknik-teknik digital marketing adalah menyusun rencana pembelajaran yang terstruktur. Tentukan tujuan Anda dan identifikasi area digital marketing yang ingin Anda fokuskan, seperti optimasi mesin pencari (SEO), media sosial, konten pemasaran, atau periklanan online. Dengan menyusun rencana yang jelas, Anda dapat fokus pada topik yang relevan dan menghindari kebingungan.

  • Memanfaatkan Sumber Daya Online

Ada banyak sumber daya online yang dapat Anda manfaatkan untuk mempelajari digital marketing. Situs web seperti Google Digital Garage, Coursera, atau HubSpot Academy menawarkan kursus online gratis yang mencakup berbagai topik digital marketing. Anda juga dapat mengikuti webinar, membaca blog, atau mendengarkan podcast tentang digital marketing untuk mendapatkan wawasan lebih lanjut.

  • Bergabung dengan Komunitas Digital Marketing

Bergabung dengan komunitas digital marketing dapat memberikan Anda kesempatan untuk berinteraksi dengan para profesional di bidang ini. Anda dapat mengikuti grup Facebook, LinkedIn, atau forum online yang fokus pada topik digital marketing. Dalam komunitas ini, Anda dapat berdiskusi, bertukar pengalaman, dan belajar dari praktisi digital marketing yang berpengalaman.

  • Praktikkan dengan Proyek Nyata

Mempelajari digital marketing bukan hanya tentang teori, tetapi juga melibatkan praktik langsung. Cobalah untuk menerapkan teknik-teknik yang Anda pelajari dalam proyek nyata. Misalnya, jika Anda belajar tentang SEO, coba optimalkan situs web atau tulisan blog Anda sendiri. Dengan mencoba dan melakukan eksperimen, Anda dapat memperkuat pemahaman Anda tentang digital marketing.

2. Memahami Tools Yang Biasa Digunakan Dalam Dunia Digital Marketing

Dalam dunia digital marketing sendiri, terdapat beberapa tools yang memang kerap digunakan oleh para profesional untuk membantu pekerjaannya sebagai digital marketing. Tools tersebut antara lain:

  • Google Analytics

Merupakan tools dalam digital marketing yang sangat dapat diandalkan dalam memberikan data-data statistik pengunjung sebuah website.

  • Google Ads

Google Ads sendiri merupakan salah satu tools digital marketing yang berguna untuk melakukan tracking dan memantau upaya periklanan yang telah dikerjakan.

  • Ahrefs

Tools digital marketing yang biasanya di Andalkan oleh seorang SEO specialist untuk mengoptimasi konten website agar berada di halaman pertama Google SERP dan melakukan analisis kompetitor

  • Moz

Tool Moz juga merupakan salah satu tools digital marketing yang kerap digunakan SEO Specialist yang berguna meningkatkan visibilitas website pada search engine.

  • Buffer

Tools digital ini biasanya digunakan oleh Social media specialist dalam mengelola berbagai akun media sosial.

  • Hubspot

Software CRM untuk menyimpan data dan informasi dari customer.

  • Canva

Berfungsi untuk mengerjakan berbagai desain, seperti feeds instagram, poster, dan lainnya.

3. Asah Skill Terkait Digital Marketing

Digital marketing adalah bidang yang terus berkembang dengan pesat. Untuk menjadi seorang profesional digital marketing yang sukses, ada beberapa Skill atau keterampilan kunci yang perlu dikuasai. Artikel ini akan menjelaskan beberapa keterampilan penting yang harus dimiliki oleh seorang digital marketer.

  • Pemahaman Mendalam tentang SEO (Search Engine Optimization)

SEO adalah salah satu aspek yang paling penting dalam digital marketing. Untuk mengoptimalkan situs web atau konten Anda agar mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google, pemahaman yang mendalam tentang SEO sangat diperlukan. Anda harus belajar tentang kata kunci, optimisasi konten, backlink, dan faktor-faktor lain yang memengaruhi peringkat dalam hasil pencarian.

  • Kemampuan Menganalisis dan Memahami Data

Digital marketing sangat bergantung pada data. Anda perlu dapat menganalisis data untuk memahami perilaku pengguna, tren pasar, dan keberhasilan kampanye digital Anda. Kemampuan menggunakan alat analitik web seperti Google Analytics akan membantu Anda melacak kinerja situs web dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan.

  • Penguasaan dalam Social Media Marketing

Media sosial adalah platform yang sangat penting dalam strategi digital marketing. Anda perlu menguasai berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn. Anda harus memahami cara membuat strategi konten yang efektif, mengelola iklan berbayar, dan berinteraksi dengan audiens Anda melalui platform ini.

  • Kemampuan Menulis Konten yang Menarik

Konten berkualitas tinggi adalah kunci kesuksesan dalam digital marketing. Anda harus dapat menulis konten yang menarik, informatif, dan relevan untuk audiens Anda. Konten yang baik akan membantu membangun otoritas merek Anda, meningkatkan visibilitas online, dan menghasilkan konversi yang lebih tinggi.

  • Keterampilan dalam Strategi Pemasaran Berbayar

Selain menggunakan strategi pemasaran organik, kemampuan dalam mengelola kampanye pemasaran berbayar seperti Google Ads dan Facebook Ads juga penting. Anda perlu memahami cara membuat iklan yang efektif, menargetkan audiens yang tepat, dan mengoptimalkan anggaran iklan Anda untuk mencapai hasil yang maksimal.

  • Kreativitas dalam Desain Grafis dan Multimedia

Kemampuan untuk membuat desain grafis yang menarik dan konten multimedia yang kreatif akan membantu Anda menonjol di antara persaingan yang ketat dalam digital marketing. Anda perlu memahami dasar-dasar desain grafis, menggunakan alat desain seperti Photoshop atau Canva, dan menghasilkan konten visual yang menarik untuk memikat audiens Anda.

  • Pemahaman tentang Email Marketing

Email marketing tetap menjadi salah satu alat yang efektif dalam digital marketing. Anda perlu memahami bagaimana membuat kampanye email yang menarik, membuat daftar langganan yang berkualitas, dan menganalisis kinerja email Anda. Pemahaman tentang aturan privasi dan kepatuhan email juga penting dalam memastikan kesuksesan kampanye Anda.



4. Ikut Course Atau Boothcamp Digital Marketing

Berikut adalah beberapa rekomendasi kursus digital marketing yang dapat membantu Anda meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Anda dalam bidang ini:

  • Google Digital Garage

Kursus ini disediakan oleh Google dan menawarkan pembelajaran yang komprehensif tentang berbagai aspek pemasaran digital. Anda akan mempelajari tentang SEO (Search Engine Optimization), iklan Google Ads, media sosial, analitik, dan masih banyak lagi. Google Digital Garage menyediakan materi yang mudah dipahami dan terstruktur dengan baik.

  • Coursera

Coursera adalah platform pembelajaran online yang menawarkan berbagai kursus digital marketing dari universitas dan lembaga terkemuka di seluruh dunia. Anda dapat mengakses kursus-kursus populer seperti “The Complete Digital Marketing Course” atau “Digital Marketing Specialization.” Coursera menyediakan materi yang dikemas dengan baik dan tugas-tugas yang dapat membantu Anda menerapkan pengetahuan yang telah Anda pelajari.

  • Udemy

Udemy adalah platform pembelajaran online lainnya yang menawarkan banyak kursus digital marketing yang diajarkan oleh praktisi industri. Anda dapat memilih kursus yang sesuai dengan kebutuhan dan minat Anda, seperti “Digital Marketing Masterclass” atau “Facebook Ads & Facebook Marketing Mastery.” Udemy menawarkan video pembelajaran yang interaktif dan mendalam.

  • Skillshare

Skillshare adalah platform pembelajaran yang fokus pada keterampilan kreatif, termasuk pemasaran digital. Anda dapat mengakses kursus-kursus seperti “Digital Marketing: Social Media Marketing for Business Growth” atau “Instagram Marketing for Beginners.” Skillshare menawarkan pembelajaran yang interaktif dengan proyek-proyek praktis yang dapat Anda terapkan langsung.

  • DigitalMarketer

DigitalMarketer adalah perusahaan yang mengkhususkan diri dalam pendidikan dan pelatihan pemasaran digital. Mereka menawarkan kursus-kursus yang mendalam tentang topik-topik seperti pemasaran email, pemasaran konten, dan konversi penjualan. DigitalMarketer menyediakan materi yang rinci dan strategi yang terbukti efektif.

5. Mendalami Salah Satu Bidang Digital Marketing Yang Paling Diminati

Terdapat berbagai bidang dalam digital marketing yang perlu diperhatikan agar usaha Anda dapat berkembang dengan baik. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa bidang digital marketing yang perlu Anda ketahui.

  • Search Engine Optimization (SEO)

SEO adalah teknik untuk meningkatkan visibilitas situs web Anda di mesin pencari seperti Google. Dengan mengoptimalkan situs web Anda, Anda dapat meningkatkan peringkatnya di halaman hasil pencarian. Penting untuk melakukan riset kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda dan menggunakannya secara strategis dalam konten Anda. Selain itu, memperbaiki struktur situs web, meningkatkan kecepatan, dan mendapatkan tautan balik berkualitas juga merupakan bagian penting dari SEO.

  • Social Media Marketing

Sosial media merupakan platform yang populer untuk berinteraksi dengan audiens Anda. Mempromosikan bisnis Anda melalui platform sosial media seperti Facebook, Instagram, dan Twitter dapat membantu Anda meningkatkan kesadaran merek, membangun hubungan dengan pelanggan, dan mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda. Penting untuk mengenal target audiens Anda dan memilih platform yang sesuai dengan profil mereka. Selain itu, konten yang menarik dan berbagi secara konsisten juga merupakan kunci sukses dalam pemasaran melalui sosial media.

  • Content Marketing

Content marketing berkaitan dengan menciptakan dan mendistribusikan konten yang bernilai untuk menarik dan mempertahankan audiens. Ini meliputi pembuatan artikel blog, video, infografis, dan konten visual lainnya yang relevan dengan bisnis Anda. Konten yang bermanfaat dan informatif dapat membantu Anda membangun kepercayaan dengan audiens Anda dan membawa mereka kembali ke situs web Anda. Juga penting untuk mengoptimalkan konten Anda dengan kata kunci yang relevan dan mempromosikannya melalui saluran pemasaran yang tepat.

  • Email Marketing

Email marketing tetap menjadi alat yang efektif dalam berkomunikasi dengan pelanggan Anda. Dengan mengumpulkan alamat email dari pengunjung situs web atau pelanggan Anda, Anda dapat mengirimkan konten yang relevan, penawaran khusus, dan pembaruan tentang bisnis Anda. Pastikan untuk membuat judul yang menarik dan konten yang relevan, serta menghindari spamming agar email Anda diterima dengan baik oleh pelanggan.

  • Pay-Per-Click (PPC) Advertising

PPC advertising adalah model pemasaran di mana Anda membayar setiap kali iklan Anda diklik oleh pengguna. Salah satu bentuk paling umum dari PPC adalah iklan Google AdWords. Dengan melakukan riset kata kunci yang tepat dan menyusun kampanye yang baik, Anda dapat menargetkan audiens yang relevan dan meningkatkan visibilitas bisnis Anda secara instan.

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

6. Mempunyai Analisis yang Baik 

Analisis merupakan salah satu keterampilan terpenting harus ada pada seorang marketer. Kemampuan ini diperlukan saat menganalisis berbagai hal yang ingin dilakukan, seperti menganalisis audiens target, strategi pemasaran online serta menentukan media online yang tepat untuk bisnis tertentu. 

Kemudian, kemampuan Analisa pun dipakai untuk menganalisis aktivitas apapun dilakukan termasuk aktivitas pemasaran. Ini memiliki tujuan agar upaya pemasaran Anda meningkat dari waktu ke waktu sehingga Anda dapat meningkatkan pendapatan bisnis Anda. 

Baca juga: Rekomendasi sertifikasi online untuk upgrade karir

7. Keahlian Mengolah dan Memvisualisasikan Data dengan Benar 

Informasi dibutuhkan sebagai hal dapat diperhitungkan dalam pengambilan keputusan. Bahwa setiap aktivitas atau tindakan marketing online harus berdasarkan data valid. 

Contohnya, data pelanggan bermanfaat untuk membuat rencana pemasaran digital atau email pelanggan diperlukan untuk pemasaran email berisi informasi. 

Maka dari itu, sebagai pemasar online, Anda harus memiliki kemampuan mengolah dan memvisualisasikan data penting untuk menerapkan pemasaran online. 

8. Keterampilan Teknis yang Kuat 

Kemudian cara menjadi seorang digital marketer selanjutnya, ketika Anda bekerja dalam tim, seperti tim pengembangan web, Anda harus dapat mengetahui teknik dasar yang dilakukan oleh tim lain. 

Misalnya, mengetahui teknik dasar pengembangan web. Mengetahui teknik dasar ini dapat membuat komunikasi dengan pengembang web berjalan dengan baik. Anda dapat dengan mudah mengobrol dan bertukar pikiran dengan mereka. 



9. Mampu untuk Membuat Bermacam-Macam Jenis Konten 

Konten bersal dari berbagai jenis, termasuk animasi, artikel, e-book atau e-magazine, video, infografis.

Dalam pemasaran digital, Anda menggunakan berbagai jenis konten. Maka dari itu, untuk menjadi digital marketer yang hAndal, Anda harus bisa membuat berbagai jenis konten. 

Baca juga: Tugas admin produksi

10. Dapat Berkomunikasi dengan Bagus

Cara menjadi seorang digital marketer kelima Anda harus mamiliki kemampuan komunikasi yang bagus. Komunikasi adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki seorang pemasar digital. Seorang pemasar online, Anda pasti bertemu dan berbicara dengan orang banyak. 

Memperkenalkan ide, proses pemasaran online, atau strategi yang dapat diterapkan akan berdampak signifikan pada kesuksesan Anda sebagai pemasar online. 

Jadi pastikan Anda mempunyai kemampuan komunikasi yang baik, agar ketika Anda bertemu dengan klien, mereka mengerti apa yang Anda bicarakan. 


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!