job description product manager

Contoh Job Description Product Manager Paling Dasar dan Wajib Ada

Contoh job description product manager merupakan hal penting yang wajib untuk diperhatikan oleh anda jika hendak mendapatkan posisi tersebut. Pasalnya posisi ini memiliki beberapa tugas dan tanggung jawab penting dalam merealisasikan semua target yang diberikan.

Pertimbangan untuk menjadi seorang product manager tersebut nampaknya memang banyak sekali diminati. Apalagi dengan berbagai akses layanan yang dibutuhkan oleh semua bidang perusahaan, maka tentunya keberadaan posisi ini akan jauh lebih bermanfaat dan sangat dibutuhkan secara berkala.

Pemahaman mengenai Contoh job description product manager tersebut secara tidak langsung juga berada pada posisi terbaik bagi semua perusahaan. Semakin banyak pihak yang paham mengenai apa pekerjaan seorang product manager maka semakin besar juga kemungkinan untuk bisa berkembang.

Seorang product manager sejak awal memang akan sangat berhubungan erat dengan suatu product. Apalagi jika perusahaan terkait memag memproduksi segala jenis produk maka tentu akan ada manager khusus yang bertanggung jawab untuk memastikan kualitas serta kapasitas produk itu sendiri.

Disinilah tugas dari seorang product manager tersebut akan diuji sejauh mana mampu melakukan berbagai manuver terbaik untuk produk yang telah di produksi oleh perusahaan. 

Contoh Job Description Product Manager dalam Hal Visi Product

Contoh job description product manager yang pertama adalah bertanggung jawab untuk menentukan Visi dan roadmap dari produk itu sendiri. Pertimbangan untuk menentukan arah isi tersebut merupakan salah satu peran penting yang perlu untuk didasari pertama kali sebagai salah satu landasan utama dalam evaluasi kualitas layanan di dalam produk.

Sebagai bentuk pertimbangan untuk menjadikan salah satu visi misi ini maka satu target utama di dalam proses produk tersebut berkembang merupakan hal yang sangat perlu untuk dianalisa secara luas oleh semua product Manager. Analisa tersebut bisa dilakukan dengan berbagai hal sesuai dengan kualitas yang dibutuhkan oleh setiap orang.

Untuk menganalisis hal tersebut maka seorang product Manager butuh untuk memberikan beberapa riset tertentu mengenai timbal balik yang telah dilakukan oleh pihak customer terhadap produk yang telah diberikan. Jika produk tersebut memiliki nilai tambah cukup luas kepada pihak customer maka secara tidak langsung ada beberapa visi khusus yang wajib untuk direalisasikan dalam bentuk panjang perjalanan produk.

Namun jika beberapa kendala ditemukan dalam proses untuk menentukan visi misi dari produk itu tersebut maka kesempatan untuk menganalisa lebih dalam wajib untuk dilakukan demi mencapai kualitas visi terbaik dan tentunya popular. Lihat gambar 181.1

Contoh Job Description Product Manager dalam Menganalisis Kebutuhan Semua Customer

Contoh job description product manager yang pertama adalah adalah menganalisis semua kebutuhan dari customer. Hal ini menjadi salah satu pertimbangan penting yang perlu untuk dilakukan secara maksimal karena menganalisa kebutuhan pasar merupakan hal yang paling susah untuk di terapkan.

Beberapa aspek mengenai kualitas untuk menganalisis kebijakan standar ini memiliki beberapa tujuan utama yakni untuk membangun stabilitas penjualan produk. Setidaknya ada beberapa cara utama yang biasa dilakukan untuk melakukan analisa terkait kebutuhan customer tersebut.

  1. Melakukan Wawancara Langsung

Cara yang pertama agar bisa menemukan dan menganalisa secara maksimal Apa saja kebutuhan dari customer tersebut adalah melakukan wawancara secara langsung. Untuk melakukan wawancara secara langsung ini memang menjadi salah satu cara paling opsional bagi semua product manager untuk mengetahui mengenai kualitas produk yang telah dipasarkan.

Dengan cara melakukan wawancara tersebut maka pihak product Manager juga bisa menggali lebih dalam mengenai informasi informasi tambahan atau bahkan masukkan terkait produk yang telah diproduksi tersebut.

Baca juga: Contoh job description graphic designer

  1. Melihat Perkembangan Media Sosial

cara selanjutnya yang bisa menjadi salah satu alat utama dalam menganalisa kebutuhan dari customer juga bisa dipertimbangkan untuk proses menggunakan sosial media. Umumnya saat ini semua produk yang dipasarkan tidak akan lepas dari perkembangan media sosial sebagai salah satu alat distribusi dan pemasaran terpusat.

Melalui sosial media tersebut maka setiap produk Manager bisa menganalisa mana produk yang sangat memiliki efektivitas cukup tinggi dan atau tidak sama sekali.

Sehingga bisa menjadi salah satu alat pertimbangan utama untuk dijadikan salah satu alternatif dalam memahami Contoh job description product manager.

Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!