contoh job description public relations

Pengertian, Skill dan Contoh Job Description Public Relations

Akan membuka posisi public relations pada perusahaan, berikut ini contoh job description public relations yang bisa dijadikan referensi untuk Anda saat akan merilis iklan lowongan pekerjaan perusahaan.

Kebutuhan terhadap public relations semakin meningkat di setiap perusahaan. Public relations biasanya hanya dianggap sebagai wajah perusahaan untuk pihak luar. 

Tetapi sebenarnya Public Relations memiliki tugas dan tanggung jawab yang bermanfaat untuk membantu perusahaan mencapai tujuannya. Berikut ini penjelasan mengenai peran Public relations pada perusahaan, skill yang dibutuhkan dan contoh deskripsi pekerjaan untuk Anda.

Pentingnya Public Relations pada Perusahaan

Public Relations bukan pekerjaan milik satu orang saja melainkan satu tim yang bertugas mengurus segala hal yang berhubungan dengan hubungan antar perusahaan dan pihak lainnya.

Mengetahui pentingnya Peran Public Relations banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan untuk posisi tersebut. Selain mendapatkan referensi dari contoh job description public relations, Mengetahui pentingnya peran dari Public Relations akan membantu Anda saat membantu dalam menggambarkan deskripsi pekerjaan saat akan menerima orang baru.

Mengapa peran public relations sangat penting bagi perusahaan, alasannya karena tujuan dari adanya pekerjaan ini adalah membantu perusahaan untuk menjalin kerja sama, meminimalisir konflik dan juga menjaga nama baik perusahaan di mata pihak luar.

Selain itu Public relations juga memiliki tugas untuk melakukan pendekatan kepada masyarakat dan memahami apa yang harus dilakukan perusahaan untuk menjaga hubungan dengan masyarakat.

Bisa dibilang Public Relations berperan sebagai jembatan antara perusahaan dan pihak luar dari mulai masyarakat dan pihak lainnya. Biasanya dilakukan dengan berbagai cara dari mulai face to face, melalui sosial media, siaran pers dan masih banyak lagi sehingga meningkatkan reputasi perusahaan.

Baca juga: Template Contoh Job Description Content Writer yang Benar

Skill yang Dibutuhkan untuk Mengisi Peran Public Relations Pada Perusahaan

Memutuskan untuk mencari kandidat ideal mengisi peran sebagai public relations pada perusahaan, Anda harus tahu terlebih dahulu skill apa saja yang harus dikuasai seorang public relations agar bisa dapatkan kandidat terbaik.

Beberapa skill yang dibutuhkan ini bisa Anda cantumkan pada contoh job description public relations untuk membantu dalam memilih kandidat paling tepat.

1. Komunikasi verbal

Komunikasi adalah skill yang paling penting dikuasai oleh public relations untuk menyampaikan informasi dan juga meyakinkan baik pada pihak luar atau pihak internal perusahaan.

Komunikasi yang baik juga akan membantu Perusahaan mendapatkan sponsor atau investor baru agar bisa menentukan arah perusahaan.

2. Memiliki kemampuan untuk gunakan teknologi terkini

PR atau Public Relations harus mampu menggunakan teknologi terkini untuk membantu perusahaan berhubungan dengan masyarakat luas menjadi mudah.

Selain itu latar belakang dari calon PR juga bisa Anda cantumkan sesuai dengan contoh job description public relations yang dibutuhkan oleh perusahaan. Mulai dari latar belakang Pendidikan mendukung dari mulai sarjana ilmu komunikasi, manajemen bisnis, hubungan internasional dan lainnya.

Latar belakang berorganisasi, mempunyai portofolio pada bidang public speaking, lebih bagus jika menguasai lebih dari satu Bahasa dan yang lainnya sesuai dengan perusahaan butuhkan pada industri masing-masing.

Baca juga: Contoh Job Description Merchandiser dan Segala Hal Di Dalamnya

Contoh Job Description Public Relations dalam Perusahaan di Indonesia

Ingin membuat iklan lowongan pekerjaan public relations pada perusahaan Anda di Indonesia. Anda bisa menggunakan beberapa template contoh jobdesk public relations yang benar untuk membantu anda dalam melakukan seleksi para pelamar.

1. Deskripsi singkat untuk posisi yang dibutuhkan

Pada bagian atas anda bisa menuliskan deskripsi singkat mengenai posisi yang dibutuhkan pada perusahaan. Deskripsi singkat ini akan membantu pelamar mengetahui tentang pekerjaan yang akan dilamarnya.

Berikut ini contoh job description public relations dalam perusahaan pada bagian paling atas.

Atau Anda juga bisa mengisi bagian awal dengan nama posisi, nama perusahaan dan jenis pekerjaan full time atau part time saja seperti contoh berikut ini.

2. Job Description

Pada bagian kedua anda bisa memasukan tentang deskripsi pekerjaan atau gambaran mengenai tugas dan tanggung jawab Public Relations yang dibutuhkan oleh perusahaan. Semakin jelas deskripsi pekerjaannya akan semakin membantu anda dalam menemukan rekruter sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan.

Berikut ini contoh job description public relations yang tepat dan bisa anda ikuti.

Atau bisa menggunakan job description public relations dalam versi singkat dan tetap jelas seperti ini.

Anda juga bisa menambahkan kriteria dan gambaran lainnya sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan.

3. Kualifikasi

Kualifikasi ini berhubungan dengan latar belakang dan persyaratan umum serta tambahan yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk mengisis posisi public relations. Berikut ini contoh yang bisa anda gunakan saat membuka iklan lowongan pekerjaan public relations.

Tambahan Anda juga bisa menambahkan beberapa detail mengenai pekerjaan mengenai jumlah posisi yang dibutuhkan, tingkat posisi yang dibuka, latar belakang Pendidikan minimal, dan lainnya seperti pada contoh berikut ini.

Baca juga: Mengenal Cara Menjadi Public Relation untuk Dipraktikkan

Usahakan saat membuka lowongan pekerjaan anda mencantumkan deskripsi pekerjaan, kualifikasi dan persyaratan yang jelas seperti contoh job description public relations berikut untuk mendapatkan kandidat yang sesuai dengan jenis pekerjaan yang dibutuhkan.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!