contoh job description merchandiser

Contoh Job Description Merchandiser dan Segala Hal Di Dalamnya

Banyak orang yang masih belum mengetahui bagaimana contoh job description merchandiser. Hal ini dikarenakan tidak semua orang memiliki informasinya, padahal jenis pekerjaan tersebut sangat akrab bahkan sering ditemukan sehari-hari.

Sebagai contohnya yang paling sederhana adalah ketika sedang berbenlaja disebuah supermarket untuk membeli sesuatu. Lalu ada keinginan untuk membeli beberapa barang yang dipajang didepan kasir, itu adalah strategi dari merchandiser sebenarnya.

Dari hal tersebut bisa disimpulkan bahwa sebenarnya jenis pekerjaan ini sangat akrab dan sering di dengar dikehidupan sehari-hari. Namun tidak semua orang menyadari keberadaannya.

Mengenal Merchandiser

Sebelum membahas lebih dalam mengenal contoh job description merchandiser akan lebih baik jika mengenal pengertiannya terlebih dahulu. Pertama yakni pengertian ddari merchandiser itu sendiri.

Merchandiser adalah pekerjaan seseorang yang memiliki tugas untuk menciptakan lingkungan agar menarik secara visual. Jadi ketika seseorang pelanggan datang belanja itu ada ketertarikan untuk melakukan pembelian.

Jadi secara tidak langsung seorang merchandiser itu memiliki tanggung jawab yang besar terhadap suatu produk tertentu. Mulai dari awal produk dikirim menuju toko, hingga memastikan ada pelanggan yang mengambilnya dari rak.

Para merchandiser juga memilki peranan untuk memastikan produk tiba tepat waktu. Selain itu juga mereka yang mengatur tata letak produk agar dibeli oleh pelanggan yang berkunjung di toko tertentu.

Baca juga: Contoh Job Description Quality Assurance Yang Ada Di Sebuah Perusahaan

Skill yang Dibutuhkan

Apabila Anda ada ketertarikan untuk memulai peruntungan dengan menjadi merchandiser. Namun sebelum itu pastikan dulu bahwa telah memahami contoh job description merchandiser agar tidak salah dalam mengartikan jenis pekerjaannya.

Selain itu, hal lainnya yang tidak kalah penting harus dimiliki bagi Anda yang ingin memulai jenis pekerjaan ini adalah memastikan memiliki skill. Tentu saja jenis pekerjaan ini juga membutuhkan skill yang cukup agar bisa bekerja dengan baik.

Ada beberapa skill yang kiranya harus dimiliki oleh mereka yang akan bekerja menjadi merchandiser. Agar tidak salah pengertian, berikut beberapa skill yang dibutuhkan tersebut:

  1. Pastikan selalu melakukan analisis data dan juga tren
  2. Memiliki kreativitas yang tinggi
  3. Memiliki penguasaan yang baik mengenai bagaimana display produk
  4. Memiliki ketelitian yang tinggi

Dengan memiliki beberapa skill tersebut, maka itu akan membantu ketika hendak terjun dalam dunia ini. Jangan khawatir karena skill tersebut bisa dipelajari perlahan-lahan sebagai pemula pasti bisa menerapkannya dengan baik.

Baca juga: Contoh Job Description Staff Keuangan Yang Perlu Diketahui

Contoh Job Description Merchandiser

Setelah penjelasan mengenai pengertian juga mengenai skill yang sekiranya harus dimiliki bagi mereka yang ingin memulai peruntungan memilih jenis pekerjaan ini. Hal lainnya yang harus dilakukan yakni mengetahui contoh job description merchandiser.

Contoh job yang harus dilakukan oleh para merchandiser ini tidak boleh dianggap sebelah mata. Karena setiap jenis pekerjaan itu sudah pasti ada tanggung jawab yang harus dilakukan, berikut beberapa contoh jobnya.

1. Pemeriksaan Produk

Contoh job merchandise yang pertama tentu saja mengenai pemeriksaan produk. Langkah ini sangat penting dilakukan bagi mereka yang bekerja dibidang ini, karena untuk memastikan kalau barang yang hendak dipasarkan tersebut layak.

Maka dari itu untuk memeriksa kelayakan atau tidaknya itu dibutuhkan adanya pemeriksaan produk. Melakukan pemeriksaan ini juga harus dilakukan dengan teliti, untuk memastikan tidak adanya kesalahan.

2. Mengatur Tata Letak

Selain itu hal lainnya yang menjadi contoh job description merchandiser adalah pengaturan tata letak barang. Ini juga bagian dari contoh job yang harus dilakukan oleh mereka yang mengambil jenis pekerjaan ini.

Jadi setiap merchandiser juga perlu melakukan pengaturan tata letak barang. Tidak hanya asal meletakkan saja, namun juga difikirkan bagaimana tata letak yang cocok dan bagus untuk dipandang mata. 

3. Melakukan Strategi Promosi

Selain itu mereka juga harus bisa memastikan bagaimana strategi promosi yang akan dilakukan. Dengan begitu artinya setiap barang yang diletakkan itu harus sesuai dengan strategi yang telah dibentuk sebelumnya.

4. Melakukan Analisis Tren Produk

Hal terakhir yang bisa disebut sebagai contoh job description merchandiser adalah melakukan analisis tren. Tentu saja hal ini juga merupakan bagian dari jenis job yang harus dilakukan.

Baca juga: Contoh Job Description Jurnalis serta Skillnya

Alasan mengapa perlu melakukan hal ini agar produk yang dipasarkan nantinya tidak ketinggalan zaman dan tetap bisa bersaing. Selain itu dengan dilakukan analisis juga bisa membantu dalam peletakan barang yang seharusnya dilakukan.

Apabila melakukan segala hal yang telah dijelaskan tadi, maka bisa dipastikan bahwa Anda yang ingin bekerja dibidang ini menjadi lebih mudah. Terlebih jika sudah bisa memahami bagaimana contoh job description merchandiser.

Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!