contoh job description jurnalis

Contoh Job Description Jurnalis serta Skillnya

Di era perkembangan digital seperti sekarang, semakin banyak orang mencari tentang contoh job description jurnalis. Meskipun pada kenyataannya tidak semua berita hanya dimuat pada media sosial, namun juga pada surat kabar.

Meskipun demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa pembaca berita sekarang ini lebih memilih menggunakan perangkat elektronik. Perkembangan zaman, disertai dengan semakin canggihnya teknologi menjadi penyebab utama hal tersebut.

Apalagi belakangan ini, dunia jurnalis memang sedang menarik minat banyak orang, apalagi di kalangan remaja. Meskipun pada kenyataannya minat baca di Indonesia saat ini menurut, tapi pembaca berita tetap meningkat.

Lebih Memahami Tentang Jurnalis dan Skill yang Harus Dimiliki

Sebelum membahas lebih jauh tentang contoh job description jurnalis, ada baiknya Anda memahami pengertiannya terlebih dahulu. Jurnalis (journalist) yaitu seseorang yang meneliti, mengumpulkan dan melaporkan berita.

Berita tersebut nantinya akan dibagikan di berbagai media seperti majalah, surat kabar, radio, televisi dan internet. Berita yang disampaikan kepada publik nantinya dapat berupa teks, audio, dan audio visual.

Sebenarnya kata journalist ini dapat merujuk pada berbagai macam profesi dalam sebuah media, misalnya seorang reporter, editor, fotografer, dan pembaca berita. Tentu saja semua jenis pekerjaan tersebut memiliki tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.

Bahkan, seorang journalist bisa memilih untuk membuat berita di bidang yang disukainya. Misalnya, olahraga, politik, fashion, ekonomi, dan banyak lainnya. Intinya adalah informasi maupun tulisan Anda harus bernilai berita.

Bagi masyarakat awam, banyak yang mengira bahwa seorang journalist sama dengan reporter, padahal keduanya memiliki perbedaan. Umumnya, reporter akan terlibat langsung untuk mengumpulkan fakta dalam penyajian berita, yaitu bertemu langsung dengan narasumber.

Disinilah letak perbedaannya, karena tidak semua journalist terlibat langsung dalam proses tersebut. Contohnya kecilnya adalah seorang editor, editor tidak bertugas mewawancarai narasumber, namun perannya tetap berada di ranah journalist.

Baca juga: Perbedaan Jurnalis dan Wartawan yang Paling Mendasar

Sederhananya, reporter adalah salah satu bagian dari profesi jurnalistik. Sehingga semua reporter adalah journalist, tetapi tidak semua journalist adalah reporter. Sebelum membahas contoh job description jurnalis, Anda juga perlu mengetahui keahlian apa yang harus dimilikinya.

1. Interview

Untuk menceritakan kisah yang akurat namun tetap menarik, tentu saja seorang jurnalis harus memiliki keterampilan dalam wawancara. Tidak hanya bertanya, tapi juga harus mampu meneliti dan aktif mendengarkan saat wawancara agar informasinya berkualitas.

2. Menulis

Keterampilan paling dasar yang harus dimiliki seorang jurnalis adalah kemampuan dalam menulis. Meskipun pada akhirnya berita yang disampaikan dalam bentuk audio visual, Anda tetap perlu mengetahui cara membuat skrip yang ringkas, jelas, dan mudah diikuti.

3. Digital Journalism

Seorang jurnalis harus bisa mengoptimalkan platform digital agar tulisan atau beritanya bisa menjangkau seluruh audiens. Misalnya dengan menggunakan fitur live streaming, mengemas konten berita ke dalam berbagai format untuk diposting di media sosial dan lain sebagainya.

4. Mobile Journalism

Seperti diketahui, saat ini sudah banyak orang memilih membaca berita melalui smartphonenya. Baik itu melalui situs baca berita maupun mengunduh aplikasi untuk membaca berita. Maka dari itu, journalist perlu memiliki kemampuan tentang teknologi.

5. Investigasi

Investigasi berarti suatu proses yang bahkan melampaui pengumpulan informasi. Bekerja sebagai journalist berarti harus menggali lebih dalam mengenai kasus-kasusnya, tujuannya tentu saja untuk menyediakan berita yang sesuai dengan fakta di lapangan.

6. Kemampuan Mengedit

Sebagaimana telah diketahui bahwa dalam dunia jurnalistik ada banyak sekali profesi, salah satunya adalah editor. Jika ingin menjadi seorang editor, tentu saja Anda harus mengasah skill editing.

Baca juga: Cara Menjadi Jurnalis dan Besaran Gajinya yang Perlu Diketahui

Apa Saja Contoh Job Description Jurnalis?

Telah dibahas sebelumnya bahwa dalam dunia jurnalistik ada banyak profesi di dalamnya. Namun, meskipun tugas dan tanggung jawab setia profesi sangat beragam, berikut adalah contoh job description jurnalis secara umum:

  1. Tulis ide atau pesan kepada editor.
  2. Tinjau dan edit pekerjaan agar tersedia untuk editor.
  3. Mengumpulkan, memverifikasi, dan mendeskripsikan temuan data.
  4. Mengolah semua fakta dan hasil informasi agar lebih ringkas, faktual dan mudah dipahami.
  5. Contoh job description jurnalis selanjutnya adalah selalu patuhi etika profesi.
  6. Selalu mengarsipkan semua bukti, seperti catatan, wawancara, dan file audio.
  7. Selalu menjaga hubungan baik dengan saksi dapat dihubungi untuk penelitian selanjutnya.
  8. Tetap up to date dengan perkembangan berita terbaru.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Jurnalistik Ternyata Sangat Baik

Bidang journalist belakangan ini memang cukup menarik minat banyak orang. Sehingga membuat orang-orang merasa penasaran dan ingin mengetahuinya. Begitu pula dengan contoh job description jurnalis.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!