Cara Menjadi Jurnalis dan Besaran Gajinya

Cara Menjadi Jurnalis dan Besaran Gajinya yang Perlu Diketahui

Belakangan ini cukup populer pencarian tentang cara menjadi jurnalis dan besaran gajinya. Bersamaan dengan banyaknya rekrutmen kerjaan di bidang media dan komunikasi. 

Secara umum, dengan perkembangan teknologi dan media sosial, media online semakin populer dan berkembang pesat di Indonesia. Hal ini berdampak pada permintaan tenaga kerja di bidang jurnalistik yang mampu menulis dan memproduksi konten multimedia untuk platform online.

Dalam beberapa tahun terakhir, tren untuk menjadi jurnalis “multifungsi” juga semakin meningkat. Hal ini berarti jurnalis tidak hanya menulis artikel, tetapi juga melakukan penelitian, pengambilan gambar, penyuntingan video, dan produksi konten multimedia lainnya.

Dalam artikel kali ini, Kami akan membahas tuntas seputar tata cara menjadi jurnalis dan besaran gajinya yang akan Anda peroleh. Simak seluruhnya sampai akhir. 

Cara Menjadi Jurnalis dan Besaran Gajinya 

Menjadi seorang jurnalis adalah profesi yang menarik dan menantang. Seorang jurnalis bertugas untuk mencari, mengumpulkan, dan menyampaikan informasi melalui berbagai media.

Seperti koran, majalah, televisi, radio, dan media online. Namun, untuk menjadi jurnalis yang sukses, diperlukan keahlian khusus dan kemampuan untuk menulis yang baik. Berikut ini penjelasan tentang cara menjadi jurnalis dan besaran gajinya. 

1. Langkah-langkah untuk Menjadi Seorang Jurnalis

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menjadi seorang jurnalis:

  • Latar Belakang Pendidikan

Anda bisa mengambil jurusan jurnalistik atau komunikasi massa di universitas atau perguruan tinggi. Selain itu, mengambil kursus singkat atau magang di media massa juga bisa membantu meningkatkan kemampuan Anda dalam bidang jurnalistik.

  • Miliki Pengalaman Kerja

Pengalaman kerja di bidang jurnalistik juga sangat penting. Anda bisa memulai karir Anda dengan menjadi kontributor di media lokal atau melamar pekerjaan di media nasional.

Jika Anda ingin melamar pekerjaan jurnalis tanpa pengalaman sebelumnya. Pastikan untuk menunjukkan minat dan semangat Anda terhadap bidang jurnalistik dalam surat lamaran dan wawancara kerja.

Anda juga dapat membangun portofolio Anda dengan menulis artikel atau membuat konten multimedia dan mempublikasikannya di platform online.

Selain itu, Anda juga dapat mencari kesempatan magang atau kerja sukarela di media lokal atau organisasi media independen untuk memperoleh pengalaman kerja di bidang jurnalistik. 

  • Meningkatkan Kemampuan Menulis

Menulis adalah kemampuan utama yang harus dimiliki oleh seorang jurnalis. Untuk meningkatkan kemampuan menulis, Anda bisa membaca buku atau artikel dari penulis terkenal atau mengikuti kursus menulis.

  • Miliki Kemampuan Wawancara

Seorang jurnalis harus mampu melakukan wawancara dengan baik. Kemampuan ini dapat dilatih dengan sering mempraktekannya dan melihat contoh wawancara dari jurnalis yang sudah berpengalaman.

Itulah empat cara menjadi jurnalis dan besaran gajinya, telah kami rangkum selengkapnya, di bawah ini. 

Baca juga: Percakapan resepsionis hotel dengan tamu dalam bahasa indonesia

Besaran Gaji Seorang Jurnalis 

Setelah menjadi seorang jurnalis, gaji yang diterima tergantung pada pengalaman dan kualitas kerja. Berikut adalah estimasi besaran gaji jurnalis di Indonesia:

  • Kontributor di media lokal: Rp. 1 – 3 juta per bulan
  • Jurnalis di media nasional: Rp. 5 – 15 juta per bulan
  • Jurnalis senior atau editor: Rp. 20 juta atau lebih per bulan

Namun, besaran gaji ini bisa berbeda-beda tergantung pada perusahaan media, daerah tempat bekerja. Selain itu besaran gaji akan berbeda pula berdasarkan spesialisasi dalam bidang jurnalistik seperti politik, bisnis, atau olahraga.

Berdasarkan data dari JobStreet, rata-rata gaji seorang jurnalis di Indonesia adalah sekitar 5-10 juta rupiah per bulan. Namun gaji tersebut dapat lebih tinggi bagi jurnalis senior atau yang memiliki spesialisasi tertentu seperti jurnalis investigasi atau wartawan olahraga. 

Selain itu, gaji juga dapat dipengaruhi oleh lokasi kerja dan tingkat persaingan di setiap kota. Meski begitu, sebagai seorang jurnalis, gaji mungkin bukanlah faktor utama. 

Namun lebih pada kepuasan dan tanggung jawab moral sebagai seorang informan. Dimana harus menjalankan tugasnya secara profesional dan bertanggung jawab.

Baca juga: Percakapan resepsionis hotel dengan tamu dalam bahasa inggris

Ini Rekomendasi Rekrutmen Kerja Jurnalis 

Setelah mengetahui cara menjadi jurnalis dan besaran gajinya, Anda bisa mengetahui, bahwa memang memerlukan banyak kerja keras. Tetapi juga menawarkan pengalaman yang sangat berharga dan mengasyikkan. 

Jika Anda tertarik untuk menjadi Jurnalis, Anda bisa mencoba melamar pada rekrutmen kerja yang tersedia di berbagai platform pencarian kerja. Seperti jobstreet.co.id, kitalulus.com, atau jobs.id. 

Tersedia berbagai lowongan pekerjaan yang bisa Anda coba. Untuk posisi jurnalis sendiri, lebih banyak permintaan sebagai content creator untuk bekerja di bidang media online. 

Sebagai seorang jurnalis, Anda bisa mengejar berbagai macam topik menarik dalam membuat konten. Bisa bertemu dengan orang-orang yang berbeda, dan membawa informasi terbaru kepada masyarakat. 

Jangan ragu untuk melamar pada rekrutmen pekerjaan menjadi seorang jurnalis. Jika Anda memang memiliki minat dan kemampuan di bidang jurnalistik. Pelajari cara menjadi jurnalis dan besaran gajinya, sebelum melamar kerja!


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.

 

Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!