Perbedaan jurnalis dan wartawan

Perbedaan Jurnalis dan Wartawan yang Paling Mendasar

Perbedaan jurnalis dan wartawan pasti membuat Anda bertanya tanya setelah Anda mendengar istilah “jurnalis” dan “reporter” digunakan secara bergantian. Jadi mari selami dan lihat lebih dekat perbedaan antara jurnalis dan reporter. 

Meskipun kedua profesi melibatkan pengumpulan dan penyebaran informasi kepada publik, peran dan tanggung jawab jurnalis dan reporter ternyata sangat berbeda. Maka dari itu penting untuk mengetahui dan memahami keahlian yang dibutuhkan setiap peran. 

Dalam artikel ini, Kami akan mengeksplorasi Perbedaan jurnalis dan wartawan dan semoga dapat membantu Anda menentukan karier yang tepat. Baik minat Anda dalam jurnalisme cetak, televisi, daring, atau radio. Setelah ini Anda harus dapat membedakan keduanya.

Perbedaan Jurnalis dan Wartawan Menurut Definisi

Untuk mengetahui perbedaan antara Jurnalis dan Wartawan Anda terlebih dahulu harus mengetahui definisi dari jurnalis dan wartawan agar perbedaannya dapat terlihat. Berikut definisi jurnalis dan wartawan yang telah Kami rangkum.

Definisi Jurnalis

Jurnalis ialah orang yang tugasnya menulis berita di surat kabar dan mengumpulkan informasi yang ada. Jurnalis juga bisa didefinisikan sebagai seorang profesional yang mengumpulkan, menulis, dan mendistribusikan berita dan informasi kepada publik. 

Termasuk menulis artikel, memproduksi acara radio atau televisi, atau membuat konten untuk platform berita online.

Jurnalis dapat bekerja untuk berbagai media termasuk surat kabar atau situs berita online. Tugas utama seorang jurnalis adalah menginformasikan kepada publik tentang peristiwa, isu, dan tren penting serta melaporkannya secara adil dan akurat.

Oleh karena itu, jurnalis harus mampu meneliti dan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber, dan juga harus mampu menulis artikel atau siaran yang jelas, ringkas, dan menarik yang secara akurat menyampaikan informasi tersebut kepada publik. 

Definisi Wartawan

Sedangkan wartawan sendiri merupakan mereka yang tugasnya menyusun berita untuk dimuat. Nantinya ada berbagai media yang bisa digunakan mulai dari surat kabar, majalah, radio, dan televisi. 

Meskipun wartawan sejenis jurnalis, tapi wartawan berspesialisasi dalam mengumpulkan dengan mendatangi tempat kejadian atau biasa disebut liputan dan melaporkan berita. 

Mereka biasanya bekerja di organisasi berita di mana mereka bertanggung jawab untuk mengumpulkan informasi tentang topik atau peristiwa tertentu dan membuat artikel atau program untuk membagikan informasi tersebut kepada publik.

Wartawan dapat mengerjakan berbagai berita, mulai dari berita terkini hingga investigasi mendalam. Mereka mungkin juga bertanggung jawab untuk meliput ketukan tertentu, seperti politik, olahraga, atau hiburan.

Untuk melakukan tugasnya secara efektif, jurnalis harus meneliti dan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber dan menulis konten atau program yang menyampaikan informasi tersebut kepada khalayak.

Baca juga: Cara menjadi jurnalis dan besaran gajinya

Berikut Perbedaan Antara Jurnalis dan Wartawan

Sementara wartawan dan jurnalis memiliki banyak kesamaan, mereka memiliki beberapa perbedaan utama yang membedakan mereka. Beberapa perbedaan tersebut adalah:



1. Ruang lingkup pekerjaan

Perbedaan jurnalis dan wartawan jika dilihat dari lingkup pekerjaannya tentu berbeda. Jurnalis sering kali meliput berbagai berita dan bekerja di berbagai format media, sementara wartawan cenderung lebih fokus pada pengumpulan dan penyebaran berita.

2. Spesialisasi

Perbedaan jurnalis dan wartawan yang kedua adalah jurnalis dapat berspesialisasi dalam bidang tertentu seperti jurnalisme bisnis atau jurnalisme budaya, sementara jurnalis umumnya berspesialisasi dalam pengumpulan dan pelaporan berita.

3. Tanggung jawab

Perbedaan jurnalis dan wartawan jika dilihat dari tanggung jawabnya yaitu Jurnalis dapat memiliki tanggung jawab yang lebih luas daripada wartawan, seperti Menulis artikel, memproduksi program radio atau televisi atau membuat konten untuk platform online. 

Sedangkan wartawan, lebih terfokus pada pengumpulan berita, isu atau peristiwa dengan cara meliput dan melakukan penyebaran informasi lewat media.

4. Akuisisi

Perbedaan jurnalis dan wartawan yang selanjutnya adalah akuisisi jurnalis membutuhkan keterampilan penelitian dan penulisan yang kuat, serta kemampuan untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi dari berbagai sumber.

Namun, tergantung pada jenis media tempat mereka bekerja. Mungkin jurnalis juga memerlukan keterampilan tambahan seperti mempunyai keterampilan produksi video untuk jurnalis televisi atau keterampilan mendesain web untuk jurnalis daring.

Perbedaan antara jurnalis dan wartawan singkatnya begini, jurnalis ialah tokoh penting di media. Sementara wartawan bertanggung jawab untuk mengumpulkan, menulis, dan menyebarkan berita dan informasi tentang peristiwa dan isu terkini kepada publik.

Terlepas dari perbedaan mereka, baik jurnalis maupun wartawan sangat penting untuk fungsi masyarakat yang terinformasi. Dengan mengetahui Perbedaan jurnalis dan wartawan Anda jadi tahu bagaimana cara membedakan untuk terjun di dalamnya.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.

 

Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!