contoh job description content writer

Template Contoh Job Description Content Writer yang Benar


Notice: Undefined index: titleWrapper in /var/www/html/wp-content/plugins/seo-by-rank-math/includes/modules/schema/blocks/toc/class-block-toc.php on line 103

Anda memiliki rencana untuk mencari Content Writer baru, ketahui contoh job description content writer yang benar agar bisa mendapatkan kriteria pekerja sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan.

Penulis konten atau content writer memiliki peran yang cukup penting untuk menulis artikel informatif dan menarik agar bisa membangun citra produk pada pandangan masyarakat.

Saat akan merilis iklan lowongan pekerjaan, HRD perusahaan harus membuat job description dengan baik  agar menghindarkan perbedaan pengertian, pekerjaan rangkat dan membuat recruiter menjadi lebih spesifik sesuai dengan kualifikasi dan kriteria yang diinginkan.

Tanggung Jawab Seorang Content Writer dalam Perusahaan

Sebelum mengulas contoh job description content writer yang benar, anda harus memahami terlebih dahulu mengenai tugas utama dan tanggung jawab dari content writer. 

Penulis konten adalah orang yang bertanggung jawab dalam memproduksi konten tulisan yang akan dikirim pada media online. Konten yang diciptakan biasanya berbentuk artikel, post di sosial media dan masih bayak lagi.

Selain menciptakan konten tulisan, seorang content writer juga memiliki kewajiban untuk memilih dan memastikan desain, gambar yang digunakan telah selaras.

Tidak jarang seorang content writer juga harus memutar otaknya setiap hari agar bisa menciptakan konten yang diminati oleh masyarakat luas. Lebih jelasnya berikut ini tanggung jawab dari content writer yang biasanya akan dimasukkan pada contoh job description content writer.

1. Mengelola dan mendistribusikan konten

Penulis konten memiliki tanggung jawab untuk menerbitkan, mengatur hingga memastikan kualitas kontennya sesuai dengan standar yang telah ditentukan perusahaan.

2. Melakukan riset dan mengenal SEO

Riset merupakan modal yang sangat penting bagi seorang penulis, jangan sampai konten yang nantinya akan dirilis merupakan hasil plagiat atau informasi yang dicantumkannya tidak benar.

Selain itu penulis konten khususnya pada media online atau web juga sebaiknya mengenal dasar-dasar penulisan dengan teknik SEO.

3. Memiliki kemampuan editorial

Kemampuan editorial ini sangat berguna untuk meningkatkan kualitas tulisan yang diciptakan. Walaupun biasanya junior writer hanya memberikan konten dan senior writer akan bertugas untuk melakukan pengecekan.

Walaupun begitu sebelum masuk ke level senior lebih baik untuk melatih kemampuan editorial untuk meningkatkan kualitas tulisan.

Baca juga: Contoh Job Description Merchandiser dan Segala Hal Di Dalamnya

Manfaat Job Description yang Jelas untuk Content Writer

Penyusunan job description yang jelas untuk content writer sangat penting, iklan lowongan pekerjaan tanpa job description yang jelas akan menimbulkan salah pengertian serta membuat rekruter mengetahui tentang Batasan-batasan tanggung jawab saat mendapatkan pekerjaan tersebut.

Selain itu berikut ini adalah manfaat lainnya menulis job description dengan benar untuk contoh job description content creator bagi organisasi.

1. Bagi Atasan

Dengan contoh job description content writer yang benar bermanfaat bagi atasan agar dapat memaksimalkan peran dan tanggung jawab dari bawahannya dalam melaksanakan tugasnya sebagai content writer.

2. Bagi Perekrut atau HRD

Manfaat job description content writer yang jelas juga dapat membantu proses rekrutmen lebih mudah karena perekrut akan mengetahui kandidat yang tepat dan paling cocok dengan kebutuhan perusahaan.

3. Bagi Content Writer

Job description juga akan membantu seorang content writer atau pemegang jabatan terkait untuk mengetahui panduan dan pedoman kerja yang harus dilakukan pada organisasi atau tempat kerja.

Baca juga: Contoh Job Description Quality Assurance Yang Ada Di Sebuah Perusahaan

Contoh Job Description Content Writer Siap Pakai

Membuat job description atau deskripsi pekerjaan harus tetap menarik agar jumlah pelamar pekerjaan memenuhi kuota yang diharapkan. Selain itu menulis job description dengan benar juga bisa meningkatkan kualitas pelamar untuk perusahaan Anda sebagai content writer.

Agar tidak salah dalam membuat job deskripsi, Anda bisa gunakan beberapa contoh job description berikut ini untuk posisi content writer sebagai referensi.

1. Menjabarkan detail yang biasa dicari oleh pelamar

Anda harus dapat menjabarkan detail pada bagian job description. Informasi detail yang biasanya dicari oleh pelamar antara lain tipe pekerjaan, kriteria pekerjaan, kualifikasi dan juga gaji yang ditawarkan.

Berikut ini contoh job description content writer dengan menjabarkan detail yang biasa dicari oleh pelamar.

2. Pastikan deskripsi pekerjaan mudah dibaca

Poin yang dibahas pada deskripsi pekerjaan akan lebih baik jika bisa memuat informasi yang mudah dibaca. Jangan terlalu bertele-tele saat menjelaskan tanggung jawab harian content writer.

Jika anda berencana untuk menambahkan poin gaji yang ditawarkan bisa jelaskan juga benefit atau keuntungan yang akan didapatkan pelajar kerja di luar gajinya.

Baca juga: Contoh Job Description Jurnalis serta Skillnya

Penulisan job description yang menarik dan efektif sangat membantu terutama bagi perusahaan mudah yang baru merintis atau perusahaan besar yang sedang membuka posisi baru. Contoh job description content writer ini dapat dijadikan gambaran agar jumlah pelamar memenuhi kuota sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan.

Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!