cara merekrut karyawan freelance

Cara Merekrut Karyawan Freelance untuk Bisnis Anda

Cara merekrut karyawan freelance terkadang tidak perlu atau tidak mungkin. Meskipun demikian, masih ada pekerjaan yang harus diselesaikan dan kreativitas yang harus dikeluarkan. 

Mengingat hal ini, mayoritas 66% manager perekrutan yang bekerja dengan talenta independen, menyatakan bahwa mereka berniat untuk meningkatkan penggunaan pekerja lepas selama dua tahun ke depan.

Faktanya adalah, bahwa perusahaan tidak dapat menambah staf. Bisnis menggunakan freelancer karena ini adalah cara cepat untuk menemukan karyawan terbaik yang memiliki keahlian khusus yang sangat dicari.

Bagaimana Anda tahu kalau memiliki orang yang tepat? Apakah mereka dapat diandalkan dengan informasi perusahaan? Apakah mereka akan tepat waktu? Ini semua adalah kekhawatiran umum dalam cara merekrut karyawan freelance. 

Inilah Cara Merekrut Freelancer Secara Detail

Sambil mempertahankan akses ke jenis keahlian yang Anda butuhkan, Anda dapat menghemat uang untuk tunjangan kerja dan pajak yang terkait dengan karyawan tetap dan paruh waktu.

Berikut adalah panduan kami tentang cara merekrut karyawan freelance, serta beberapa saran tentang cara membuat pengaturan ini menguntungkan bagi semua yang terlibat:

  1. Tetapkan anggaran

Sebelum memulai pencarian, tetapkan anggaran yang sesuai untuk pekerjaan yang perlu Anda selesaikan. Penting untuk diingat bahwa banyak kontraktor independen menjalankan bisnis mereka sendiri dan bertanggung jawab atas semuanya. 

Karena itu, mereka mungkin memiliki upah per jam yang sedikit lebih tinggi daripada seorang karyawan.

  1. Buat deskripsi posisi

Ketahuilah bahwa mereka tidak hanya memiliki hasrat untuk apa yang mereka lakukan, tetapi semakin baik kinerja mereka, semakin besar kemungkinan mereka akan dipekerjakan untuk lebih banyak pekerjaan.

Anda akan mendapatkan tanggapan yang lebih berkualitas jika Anda lebih spesifik tentang ekspektasi dan hasil kerja Anda sehingga orang dapat memutuskan apakah mereka cocok. 

Baca juga: Cara memilih sdm yang tepat untuk perusahaan atau bisnis

  1. Pilih kontraktor yang ideal

Menemukan profesional independen berkualifikasi yang berlokasi di mana pun tidak pernah semudah ini berkat teknologi. Berikut adalah beberapa teknik yang paling banyak digunakan untuk cara merekrut karyawan freelance yang ideal untuk sebuah proyek:

  1. Membuat posting di media sosial. Ini mungkin merupakan strategi yang berguna untuk menjangkau demografi tertentu dan meningkatkan kumpulan bakat Anda.
  2. Bergabunglah dengan sebuah platform. Dengan bantuan platform, Anda dapat dengan cepat beroperasi sebagai agen kepegawaian Anda sendiri. 
  3. Evaluasi kontraktor

Terlepas dari bakat atau proyeknya, Anda dapat menentukan apakah seseorang cocok hanya dalam dua langkah:

  1. kompilasi daftar pilihan

Anda dapat melihat proposal proyek yang dibuat sebagai hasil dari posting pekerjaan Anda di sini. Tawaran apa pun yang tidak memenuhi daftar permintaan atau membuat tidak terkesan harus ditolak.

Metode lain dari cara merekrut karyawan freelance, tambahkan tes singkat di posting pekerjaan. Selain itu, tes tersebut menunjukkan seberapa efektif individu memperhatikan detail dan mengikuti instruksi.

  1. Lakukan wawancara video

Jika video bukan pilihan, wawancara telepon dapat diterima. Namun, mayoritas pekerja lepas beroperasi dari jarak jauh, jadi ini mungkin satu-satunya kesempatan Anda untuk “bertemu” dengan mereka. 

Baca juga: Cara meningkatkan moral karyawan

Berikut ini adalah beberapa bendera merah wawancara:

  1. Mereka mampu mengerjakan tugas sesuai jadwal. Mereka mungkin sedang mengerjakan proyek untuk klien lain selain milik Anda. Apakah mereka menunjukkan motivasi dan kemampuan untuk mengerjakan banyak bagian?
  2. Apa strategi mereka untuk proyek tersebut, dan bagaimana mereka akan menghadapi masalah yang tidak terduga?
  3. Mereka yang memiliki pengalaman, sudahkah mereka mengerjakan proyek dengan ukuran yang sebanding? Apakah mereka memiliki pengetahuan tentang pasar?
  1. Pekerjakan kontraktor

Tahap terakhir dalam cara merekrut karyawan freelance ialah menemukan kandidat yang tepat. Saatnya untuk mempresentasikan proyek kepada mereka dan mengerjakan detailnya.

Saat mendiskusikan spesifikasi proyek, perlu diingat bahwa Anda berdua sedang menyusun kontrak yang menentukan kapan dapat memulai, apa yang akan mereka berikan, kapan pengiriman jatuh tempo, dan ketentuan pembayaran. 

Tidak seperti karyawan, Anda tidak mengelola atau menginstruksikan pekerja lepas tentang cara menyelesaikan pekerjaan mereka; sebaliknya, mereka bertanggung jawab atas segalanya.

Di wilayah pasar tenaga kerja yang berkembang ini, pekerjaan freelance biasanya dibuat untuk waktu yang singkat atau berdasarkan kebutuhan, dan kondisi kerja biasanya sangat buruk.

Sebagai hasil dari pengetahuan dan kemampuan beradaptasi yang luas, pekerjaan sebagai freelancer menjadi semakin populer. Menemukan pekerja lepas yang ideal bisa jadi menantang, sehingga perlu memperhatikan cara merekrut karyawan freelance.

Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!