cara meningkatkan moral karyawan

Cara Meningkatkan Moral Karyawan dalam Bekerja

Cara meningkatkan moral karyawan dapat dilakukan dengan memiliki hubungan emosional antar pekerja berdasarkan risiko, kebijakan, dan manajemen. Dapat juga diukur dengan kepuasan kerja dan sejauh mana individu memperoleh kepuasan.

Karyawan dengan semangat kerja tinggi merasa puas dengan pekerjaannya dan memiliki sikap positif dalam bekerja. Lingkungan yang positif mendorong orang untuk bekerja lebih keras dan berkonsentrasi pada tanggung jawab mereka. 

Moral karyawan, di sisi lain, dianggap buruk atau negatif ketika pekerja menunjukkan sikap negatif dan tidak puas dengan pekerjaan mereka. 

Apatis untuk bisnis dan kliennya, konflik internal, ketidakpercayaan, kecemburuan di antara karyawan, dan perilaku tidak patuh terhadap manajemen. Efek merugikan dari moral yang buruk berdampak pada kualitas output dan produktivitas.

Jika manajemen yang lebih tinggi menyetujui, cara meningkatkan moral karyawan dengan skema penghargaan berbasis kinerja dapat diterapkan, dan manajer harus memotivasi staf untuk berusaha mendapatkan penghargaan tersebut.

Selain itu, manajer harus berkolaborasi dengan pekerja yang tidak terampil dan kurang memenuhi syarat untuk mengajari mereka. Karyawan akan merasa lebih dipahami dan memiliki motivasi kembali.

7 Cara Meningkatkan Moral Karyawan di Kehidupan Kerja 

Berikut adalah delapan cara untuk meningkatkan moral pada kehidupan kerja karyawan, beserta efeknya bagi mereka sendiri terlebih perusahaan :

  1. Sadarilah bahwa tidak ada kehidupan kerja yang sempurna

Ketika Anda mendengar ungkapan “keseimbangan kerja-kehidupan”, Anda mungkin membayangkan diri Anda bekerja sangat keras dan pulang lebih awal untuk menghabiskan hari bersama orang-orang terkasih. 

Terlepas dari betapa indahnya kelihatannya, itu tidak selalu memungkinkan. Alih-alih mengincar jadwal yang ideal, buatlah jadwal yang realistis. Tidak setiap hari, tetapi seiring waktu, keseimbangan tercapai.

  1. Carilah karir yang Anda sukai

Meskipun bekerja adalah harapan masyarakat, pekerjaan Anda seharusnya tidak membatasi. Sederhananya, pekerjaan tidak harus sempurna, tetapi harus mampu membuat Anda bangun dari tempat tidur di pagi hari.

Baca juga: Cara menegur karyawan

  1. Utamakan kesehatan Anda

Prioritas utama Anda haruslah kesejahteraan fisik, emosional, dan mental secara umum. Jangan takut untuk mengaku sakit saat Anda mengalami hari yang buruk atau ketika menghadapi penyakit kronis. 

Mengutamakan kesehatan tidak harus memerlukan tindakan radikal atau keras. Mungkin dapat dilakukan semudah olahraga teratur atau sebatas meditasi.

  1. Istirahat

Anda dapat meredakan ketegangan mingguan dengan sesekali memutuskan hubungan dengan dunia luar, yang juga menciptakan ruang bagi pemikiran dan gagasan baru. 

Cara meningkatkan moral karyawan dengan rehat sejenak bisa sesederhana mengambil cuti untuk berlatih meditasi, atau sekedar berjalan-jalan di sekitar gedung yang dapat membantu postur tubuh dan otot Anda lebih kuat. 

  1. Tidak ada toleransi terhadap intimidasi di tempat kerja

Kebijakan ini ditujukan untuk semua anggota staf, yang kemudian dapat diterapkan untuk memperlakukan satu sama lain secara adil. Setiap karyawan akan merasa aman dan bekerja dengan percaya diri sebagai hasilnya.

  1. Jadwalkan waktu untuk orang yang Anda cintai dan diri Anda sendiri

Meskipun pekerjaan Anda sangat penting, itu tidak boleh menyita seluruh waktu Anda. Sebelum menerima pekerjaan ini, Anda adalah orang yang unik, jadi utamakan minat atau pengejaran yang membuat Anda bahagia.

Buat kalender untuk menjadwalkan waktu bersama orang tersayang. Walaupun mungkin terdengar aneh, melakukan hal ini akan menjamin Anda dapat menghabiskan waktu berkualitas bersama mereka tanpa mengkhawatirkan pekerjaan atau kewajiban pribadi.

  1. Tentukan batasan dan jam kerja

Untuk mencegah kelelahan, cara meningkatkan moral karyawan berikutnya ialah menetapkan batasan untuk rekan kerja Anda. Hindari memikirkan proyek yang akan datang atau menanggapi email kantor saat Anda meninggalkan tempat kerja.

Pikirkan tentang penggunaan ponsel atau komputer kedua untuk bekerja sehingga Anda dapat mematikannya setelah giliran kerja selesai. Gunakan browser, email, atau filter yang berbeda jika itu tidak memungkinkan.

Moral karyawan adalah indikator langsung kesehatan budaya perusahaan, efektivitas manajer, dan seberapa baik Anda dan pemimpin lainnya berinteraksi dengan tim. Ini lebih dari sekadar mengukur seberapa senang karyawan Anda.

Moral mereka akan tinggi ketika ada perhatian oleh atasan. Selain itu, penting untuk memastikan karyawan Anda mendapatkan dukungan yang mereka butuhkan dengan memahami cara meningkatkan moral karyawan.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!