cara memilih SDM yang tepat untuk perusahaan atau bisnis

Cara Memilih SDM yang Tepat untuk Perusahaan Atau Bisnis

Cara memilih SDM yang tepat untuk perusahaan atau bisnis berkaitan dengan tim yang bertugas mengawasi segala sesuatunya. Ini tidak terbatas pada, perekrutan, manajemen manfaat, kebahagiaan karyawan, dan membangun budaya bisnis.

Dari definisi ini saja terlihat betapa sulitnya mengelola perusahaan tanpa dukungan SDM yang ditawarkan. Karena itu, bahkan perusahaan kecil dan menengah memiliki departemen SDM untuk mengelola keterlibatan dan pengembangan karyawan. 

Mengetahui cara memilih SDM yang tepat untuk perusahaan atau bisnis sangat penting bagi HRD karena memengaruhi kesuksesan perusahaan. Akan sulit bagi organisasi untuk berhasil tanpa staf ahli.

Pekerjaan dan proses perekrutan personel bisa memakan waktu dan menghabiskan biaya yang mahal. Anda dapat menggunakan beberapa taktik berikut untuk membuat proses perekrutan menjadi lebih sukses.

6 Strategi Memilih SDM yang Tepat

Intinya, setiap perusahaan mencari personel yang berkualitas untuk organisasinya. Dimulai dengan pelamar yang memiliki pengalaman bertahun-tahun atau pelamar yang berstatus freshgraduate tetapi ingin meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya.

Gunakan strategi berikut dalam memilih kandidat untuk kepentingan perusahaan atau bisnis Anda:

  1. Tinjau Pendidikan dan Riwayat Pekerjaan Pelamar

Hal pertama yang harus dipikirkan adalah latar belakang pendidikan dan pengalaman profesional pelamar untuk memastikan Anda merekrut kandidat terbaik.

Untuk beberapa posisi, cara memilih SDM yang tepat untuk perusahaan atau bisnis seperti ini sangat penting agar mereka dapat beroperasi sesuai dengan jobdesknya. Kandidat yang memenuhi persyaratan adalah yang terpilih.

Baca juga: Cara meningkatkan moral karyawan

  1. Periksa Kompetensi Bidang 

Ujian kompetensi mungkin diperlukan untuk beberapa posisi dalam bisnis, yang harus diambil oleh pelamar. Dengan melaksanakan uji kompetensi, Anda dapat menentukan apakah seorang pelamar mampu bekerja dalam kapasitas yang dilamarnya.

  1. Kembangkan Hubungan yang Positif dengan Sejumlah Bakal Calon

Lebih dari sekadar memastikan bahwa perusahaan akan memiliki orang yang tepat yang bekerja di sana saat Anda menjalin hubungan baik dengan sejumlah calon karyawan.

Tetapi juga memastikan orang tersebut memiliki akses ke materi dan perlengkapan yang mereka butuhkan untuk berhasil dalam perannya. Jika ada lebih banyak prospek, Anda dapat mengaturnya sesuai dengan kebutuhan bisnis.

  1. Tinjau resume dan surat lamaran Anda secara menyeluruh

Periksa apakah CV dan surat lamaran kandidat sesuai dengan pekerjaan yang dicari dan persyaratan yang tercantum. Jangan lupa untuk mengecualikan pelamar yang Anda yakini tidak layak untuk pekerjaan itu.

Baca juga: Cara menegur karyawan

  1. Wawancara pelamar terpilih

Resume dan surat lamaran tidak memastikan bahwa pelamar memenuhi syarat untuk posisi yang dicari. Wawancara dengan demikian merupakan cara memilih SDM yang tepat untuk perusahaan atau bisnis.

Anda dapat mengevaluasi pelamar secara langsung dan sebagai hasilnya mengenal mereka lebih baik. Selanjutnya ajukan pertanyaan tentang latar belakang pelamar, kemampuan, kekurangan, konflik pekerjaan, dan faktor lain yang relevan.

  1. Mempekerjakan Kembali Mantan Pekerja Bisnis

Pertimbangkan untuk mempekerjakan kembali mantan karyawan kantor Anda jika Anda merasa lelah atau tidak ingin menempuh jalan memutar. Tentunya dengan fasilitas yang lebih memikat dan penawaran keuntungan.

Mempekerjakan SDM yang berkualitas memiliki tujuan agar bisnis berjalan seefisien mungkin. Anda dapat menerapkan cara memilih SDM yang tepat untuk perusahaan atau bisnis dengan memproyeksikan roster untuk mencapai tujuan.

Sangat penting untuk memilih kandidat yang dapat mewakili perusahaan Anda secara efektif dan efisien dalam beradaptasi untuk maju ke pekerjaan. Selain metode di atas, menggunakan layanan pihak ketiga dapat diperbolehkan.

Jika menurut Anda ada potensi, Anda juga dapat memberikan kesempatan kepada pelamar untuk melanjutkan studi pascasarjana di bidang tersebut saat mereka mulai bekerja untuk bisnis Anda.

Kesuksesan perusahaan Anda bergantung pada kepemilikan tim sumber daya manusia terbaik. Hubungan karyawan, perekrutan, pelatihan, pengembangan karir, tunjangan, dan budaya bisnis semuanya dikelola oleh departemen SDM Anda. 

Untuk mengembangkan departemen SDM Anda dan memastikan bahwa perusahaan dapat terus berkembang, mulailah dengan mempertimbangkan cara memilih SDM yang tepat untuk perusahaan atau bisnis.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!