10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

CV untuk Job fair

Seperti Apakah CV untuk Job Fair Berikut Tips Membuatnya

Membuat CV untuk job fair sebenarnya sama dengan membuat lamaran atau CV untuk perusahaan seperti yang sudah umum dilakukan. Mulai dari melengkapi berkas-berkas membuat CV dan kelengkapan lainnya sesuai dengan persyaratan yang diberikan oleh perusahaan.

Event job fair sendiri merupakan event yang biasanya diadakan oleh perusahaan, pemerintah atau organisasi tertentu untuk para pelamar kerja. Dalam event tersebut Anda bisa langsung bertemu dengan perwakilan perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan untuk diskusi atau melamar kerja.

Membuat CV untuk Job Fair

Untuk membuat CV job fair maupun lamaran untuk lowongan pekerjaan lain Anda harus membuatnya dengan lengkap dan profesional. Kelengkapan CV Job fair sendiri tidak cukup berbeda CV pada umumnya, agar lebih jelas simak berikut ini beberapa hal yang harus dicantumkan dalam CV untuk Job fair.

  1. Data Diri Lengkap

Pertama yang harus Anda cantumkan dan lengkapi dalam CV Job fair adalah data diri yang harus tercantum secara lengkap tanpa adanya manipulasi apapun. Dari data diri yang Anda tulis nantinya perusahaan bisa menghubungi untuk memberikan informasi lanjutan mengenai lowongan kerja.

Maka dari itu penting untuk melengkapi profil pada CV agar perusahaan bisa menghubungi dan memberikan informasi dengan lebih mudah. Kelengkapan profil ini seperti nama lengkap, email dan nomor telepon, yang pastinya harus aktif khususnya untuk email sebaiknya merupakan nama lengkap agar terlihat profesional.

  1. Deskripsi Diri

Setelah menuliskan kelengkapan diri Anda juga harus melengkapi CV dengan membuat profil singkat atau deskripsi mengenai diri Anda. Pada bagian ini Anda bisa menuliskannya dengan paragraf singkat mengenai deskripsi diri dan tujuan karir yang ringkas tapi berkesan.

  1. Riwayat Pendidikan

Dalam selanjutnya yang harus dicantumkan dalam CV untuk Job fair adalah riwayat pendidikan, ini merupakan hal yang penting dan wajib ada. Pada bagian ini sebaiknya Anda menuliskan 2 sampai 3 pendidikan terakhir atau bisa juga membuat CV sederhana dengan mencantumkan 1 pendidikan terakhir saja.

Kenapa harus mencantumkan pendidikan karena biasanya perusahaan melihat kandidat dari instansi pendidikan tertentu atau jurusannya. Ketika menulis pendidikan ini jangan pernah berbohong karena perusahaan bisa saja mengecek kebenaran data yang diberikan.

  1. Pengalaman Sebelumnya Pengalaman Kerja

Mencantumkan pengalaman kerja bisa memberikan kesan bahwa kamu lebih unggul dan mempunyai poin berbeda pada CV untuk Job fair. Dengan begitu perusahaan bisa lebih mempertimbangkan lamaran kerja yang Anda buat karena mempunyai spesifikasi yang unggul dan dibutuhkan.

  1. Cantumkan Skill

Skill juga harus dituliskan dalam CV Job fair karena pada umumnya ini merupakan hal yang penting dan wajib ada. Anda bisa menyesuaikan skill yang Anda miliki dengan lowongan pekerjaan yang dibuat oleh perusahaan agar bisa menjadi bahan pertimbangan.

  1. Lengkapi Berkas Pendukung

Selain membuat CV Job fair Anda juga harus melengkapi CV dengan berkas-berkas pendukung lain sebagai persyaratan lamar kerja. Diantaranya dokumen pelengkap seperti NPWP, fotokopi KTP, transkip nilai, ijazah dan pas foto harus disiapkan bisa dalam bentuk hardcopy atau softcopy.

Tips Membuat CV untuk Job Fair

Untuk membuat CV Job fair sendiri Anda harus menyiapkan CV dan berkas-berkas pelengkap sebelum pergi ke event Job Fair yang sedang berlangsung. Anda bisa membuat berkas dalam bentuk softcopy atau hardcopy beberapa rangkap sekaligus.

Sementara untuk surat lamaran kerjanya bisa Anda buat secara langsung di lokasi atau bisa juga membuat berkas lamaran kerja siap edit. Dengan begitu Anda bisa langsung menuliskan alamat perusahaan dan lowongan pekerjaan yang akan diikuti hingga informasi lainnya menyesuaikan dengan loker yang ada.

Jangan lupa ketika berada di event Job fair ini Anda harus aktif untuk bertanya kepada setiap perusahaan agar bisa mengetahui informasi lebih lengkap mengenai perusahaan tersebut. Dengan begitu Anda juga bisa menyesuaikan CV yang Anda miliki dengan perusahaan agar bisa meningkatkan kemungkinan mendapat pekerjaan.

Untuk berkas melamar pekerjaan juga harus Anda buat terlebih dahulu sebelum pergi ke acara Job Fair misalnya seperti berkas NPWP, SKCK dan lainnya. Pastikan Anda membuat CV untuk Job fair yang lengkap dan menghindari typo agar terlihat profesional.

Bagikan Artikel: