10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Tips Mengikuti Job Fair, Sangat Ampuh untuk Pelamar Kerja!

Tips mengikuti job fair adalah pembahasan yang paling ramai diperbincangkan bagi para pencari kerja. Acara tersebut dapat mempermudah proses penerimaan karyawan baru untuk dipekerjakan di perusahaan. 

Banyak yang mengatakan bahwa mencari kerja zaman sekarang itu sangat sulit. Pernyataan tersebut dapat dibenarkan oleh sebagian orang. Karena pada saat ini teknologi sudah semakin berkembang. Sehingga pihak rekrutmen menggunakan media online.

Ada beberapa cara untuk melamar kerja di perusahaan. Mulai dari melalui media online, pos atau surat, hingga orang dalam. Tetapi itu semua harus diperjuangkan dengan serius.

Kebanyakan perusahaan zaman sekarang lebih memilih proses penerimaan karyawan baru melalui online. Karena untuk menghemat tempat dan waktu saat lamaran kerja dilakukan oleh para pelamar kerja.

Tips mengikuti job fair adalah cara untuk mempercepat peluang diterima kerja di perusahaan impian Anda. Maka dari itu, kami akan menyampaikan penjelasan secara lengkapnya.

Sebelum mengikuti job fair ada baiknya jika sudah mempersiapkan segala berkas untuk diserahkan pada pihak rekrutmen. Bentuknya bisa berupa soft file atau hard file dalam map coklat.

Berikut Tips Mengikuti Job Fair Supaya Diterima Kerja!

Secara umum job fair adalah sebuah wadah untuk menampung para pelamar kerja dan pihak perusahaan untuk mempermudah saat melamar kerja. Biasanya acara tersebut dilakukan di berbagai daerah.

Perlu diketahui, peserta job fair itu banyak sekali, sehingga Anda harus siap untuk desak-desakan di antara para pelamar kerja lainnya. Sehingga apabila perjuangan itu tidak membuahkan hasil, maka akan timbul rasa kecewa yang mendalam.

Tetapi permasalahan tersebut bisa diatasi dengan cara mengetahui tips mengikuti job fair supaya cepat diterima kerja. Berikut penjelasan secara lengkap pada artikel kami, simak dengan baik!. 

  1. Cari Tahu Terlebih Dahulu Mengenai Job Fair

Tips pertama adalah mencari informasi detail acaranya melalui media online atau forum diskusi pelamar kerja, seperti telegram. Namun, ketika Anda tidak melakukan itu dan hanya mendengar dari orang lain, ada kemungkinan beberapa permasalahan akan terjadi.

Kemungkinan permasalahan tersebut adalah pengunduran waktu yang sudah ditentukan pada poster sebelumnya. Semua itu bisa saja terjadi apabila terjadi beberapa sebabnya. Oleh karena itu, Anda harus mencari informasi secara resmi dan terbaru.

  1. Pelajari Perusahaan yang Mengikuti Acara Job Fair

Tips yang kedua adalah pelajari tentang perusahaan yang mengikuti acara job fair. Karena setiap pihak rekrutmen akan bertanya dan menguji pengetahuan para pelamar melalui pertanyaan identitas perusahaan.

Ada banyak informasi tentang berbagai perusahaan yang berada di negara Indonesia. Pahami semua penjelasannya, mulai dari kapan terbentuknya hingga perusahaan tersebut bergerak dalam bidang apa.

Sebelum itu Anda harus menentukan terlebih dahulu perusahaan mana yang ingin dilamar. Karena nantinya ketika sudah berada di sana, akan ada banyak stand perusahaan. Sehingga akan membuat kebingungan.

  1. Tentukan Perusahaan yang Diinginkan

Seperti yang diketahui sebelumnya, bahwa sebelum mempelajari tentang perusahaan, ada baiknya jika menentukan terlebih dahulu perusahaan yang ingin dilamar. Pilihlah beberapa perusahaan menguntungkan bagi karyawannya, seperti astra group.

Setelah memilih perusahaan yang ingin dilamar, maka selanjutnya pelajari beberapa informasi tentang perusahaan tersebut. Minimalnya Anda mengetahui perusahaan tersebut memproduksi apa. Poin nomor tiga ini adalah tips mengikuti job fair paling populer.

  1. Buatkan CV Menarik dan Sesuaikan Dengan Posisi yang Dilamar

Berikutnya adalah buatkan cv semenarik mungkin. Karena pada dasarnya pihak rekrutmen akan melihat cv nya terlebih dahulu. Kemudian akan dilanjut dengan proses seleksi berkas, apabila lengkap, maka Anda akan dipanggil untuk melakukan tes kerja.

Untuk membuat cv ini sendiri bisa melalui media online, seperti canva. Anda dapat memilih desain sesuai keinginan, mulai dari yang sederhana hingga elegan. 

  1. Sering Latihan untuk Wawancara

Tips berikutnya adalah sering melakukan latihan untuk wawancara kerja. Karena ada kemungkinan besar, Anda akan langsung masuk pada tahap interview awal oleh pihak rekrutmen di stand tersebut.

Untuk itu, ada baiknya jika Anda selalu mempersiapkan dan sering berlatih cara berbicara dihadapan HRD atau pihak rekrutmen. Karena pada tahap ini merupakan paling serius di antara tes kerja lainnya 

  1. Persiapkan Berkas Lamaran Kerja

Tips selanjutnya persiapkan segala berkas lamaran kerja dalam bentuk pdf dan fisik lalu dimasukan pada map coklat. Di antaranya adalah fotokopi KTP, fotokopi Ijazah yang sudah dilegalisir, transkrip nilai, surat lamaran kerja, dan CV.

Ketika berkas tersebut sudah dipersiapkan, maka tidak ada kata lagi untuk bingung apabila sudah masuk acara job fair.

Setelah mengetahui penjelasan diatas, ada baiknya Anda simak dengan baik dan jelas. Karena itu semua akan sangat berpengaruh pada proses lamaran kerja sehingga penting sekali mempelajari tips mengikuti job fair.

Bagikan Artikel: