Kelebihan mencari kerja di job fair

Kelebihan Mencari Kerja di Job Fair yang Mudah dan Cepat

Kelebihan mencari kerja di job fair saat ini sebenarnya sangat banyak. Apalagi adanya berbagai macam event Job fair yang diadakan di berbagai kota akan memudahkan Anda mendapatkan pekerjaan. 

Hanya dengan mendatangi job fair tentunya akan lebih efektif untuk mengenal suatu perusahaan dibandingkan datang langsung ke perusahaan bersangkutan. Informasi kali ini akan membahas beberapa hal tentang job fair.

Kelebihan Mencari Kerja di Job Fair

Ada beberapa kelebihan mencari kerja di job fair yang perlu diketahui. Berikut ini sudah ada penjelasan terkait kelebihan mencari kerja. 

1. Perusahaan yang hadir banyak

Keuntungan pertama ketika Anda ingin mencari kerja di job fair yaitu perusahaan yang ada pada acara ini akan langsung dihadiri oleh banyak perusahaan. Di sini Anda dapat langsung ekspor lebih jauh mengenai perusahaan.

Bahkan, Anda bisa mendapatkan berbagai macam referensi perusahaan yang sebelumnya belum pernah didengar. Melalui banyaknya perusahaan yang hadir tentu saja hal ini bisa menambah peluang untuk diterima kerja di sebuah perusahaan besar.

Apalagi jika yang dibutuhkan yaitu para fresh graduate seperti Anda. Dalam acara Job fair ini sebenarnya tidak hanya perusahaan swasta yang akan hadir, namun juga ada beberapa perusahaan BUMN yang sering bergabung.

Baca juga: Apa saja yang mesti dibawa saat ke job fair?

2. Dapat Meningkatkan rasa percaya diri

Kelebihan mencari kerja di job fair berikutnya yaitu hanya dengan mengikuti acara ini Anda turut meningkatkan rasa percaya diri. Bahkan, Anda juga bisa berbicara langsung dengan perwakilan dari perusahaan.

Hal ini tentunya akan menjadi salah satu keuntungan tersendiri bagi Anda. Apalagi jika Anda bisa belajar PD berbicara secara empat mata dengan para perekrut.

Anda juga bisa belajar berbicara langsung dengan para rekrutmen. Bahkan, bisa menanyakan informasi sebanyak-banyaknya terkait lowongan pekerjaan yang ada pada event job fair ini. 

Hal ini juga agar nantinya Anda bisa mendapatkan nilai plus dari mereka. Apalagi karena sudah berani berbicara secara langsung.

3. Dapat membandingkan perusahaan dan mencari yang terbaik

Kelebihan mencari kerja di job fair berikutnya yaitu bisa secara langsung membandingkan perusahaan mana yang menurut Anda terbaik untuk dilamar. Sebagai cara membandingkan perusahaan mana yang terbaik, Anda bisa langsung mendatangi satu persatu booth pada job fair tersebut.

Biasanya perusahaan yang terbaik bisa langsung memberikan kualifikasi tinggi. Bahkan, akan menjadikan proses untuk masuk pada perusahaan cukup sulit dibandingkan dengan perusahaan lain.

Hal ini juga biasanya seleksi yang akan dilakukan semakin ketat. Jadi bila Anda ingin mendaftar pada perusahaan tersebut maka harus menyiapkan diri sebaik mungkin. Bahkan, Anda juga harus tampil semaksimal mungkin pada saat proses seleksi.



4. Gratis Tidak dipungut biaya apapun

Kelebihan mencari kerja di job fair berikutnya yaitu ketika Anda mencari kerja pada job fair yang tidak akan dipungut biaya spesial alias gratis. Anda hanya perlu mencari informasi terkait Job fair di kota terdekat dengan tempat tinggal.

Berikutnya, Anda bisa daftar online dan datang ke lokasi saat acaranya sudah dimulai. Umumnya, untuk biaya yang dikeluarkan hanya sekedar uang transportasi, bahkan juga uang makan saat mengikuti acara ini.

Namun, untuk berjaga-jaga Anda juga dapat menyiapkan print CV berbentuk hardcopy. Jadi apabila Anda masih berpikir bahwa mengikuti serta mencari kerja di event joper menggunakan biaya yang tinggi hal ini salah.

Baca juga: Jadwal job fair terbaru

5. Jauh lebih praktis

Kelebihan mencari kerja di job fair yang terakhir, yaitu lebih praktis, dibandingkan Anda mencari lowongan pekerjaan pada sosial media. Hanya dengan mengikuti event job fair maka hal tersebut akan lebih praktis.

Anda juga hanya perlu datang ke lokasi dan langsung melamar pada perusahaan yang ingin dilamar. Beda halnya saat Anda mendaftarkan pekerjaan pada sosial media harus bisa melewati beberapa proses yang menyusahkan. 

Mulai dari mengisi data diri, mengkonfirmasi alamat email bahkan mengupload CV pada sosial media tersebut. Tidak hanya itu saja, ketika Anda melamar pekerjaan melalui sosial media maka tingkat persaingan juga semakin tampak tinggi.

Bagi Anda yang sedang mencari lowongan pekerjaan selain mengikuti job fair maka dapat melamar di website online. Kelebihan mencari kerja di job fair ini juga harus dipahami dengan baik.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!