apa yang mesti dibawa saat ke job fair

Apa yang Mesti Dibawa Saat Ke Job Fair dengan Benar

Apa yang mesti dibawa saat ke job fair? Job fair adalah salah satu tempat yang digunakan untuk mempertemukan perusahaan dan calon karyawan dalam satu tempat.

Hal ini tentunya agar keduanya dapat mencapai tujuan masing-masing. Agar Anda tidak penasaran, di bawah ini akan dijelaskan secara mendalam tentang job fair.

Apa yang Mesti dibawa Saat ke Job Fair

Mengikuti job fair sama seperti ketika interview, Anda harus membawa beberapa hal. Berikut ini sudah penjelasan terkait apa yang mesti dibawa saat ke job fair.

1. Surat Lamaran

Hal pertama yang harus dibawa sebelum ikut job fair yaitu surat lamaran. Pastikan Anda sudah membawa beberapa copy karena nantinya akan ada banyak perusahaan yang membuka lowongan.

Pastikan juga filenya merupakan yang terbaru sama seperti tanggal hari tersebut. Kemudian, periksa juga data domisili benar karena siapa tahu Anda menggunakan file yang digunakan di daerah asal.

Selain itu, Anda bisa memperhatikan juga kerapian penulisan seperti tanda baca dan ejaan. Surat lamaran yang baik harus bisa menarik minat perusahaan terhadap diri Anda.

Baca juga: Jadwal job fair terbaru

2. CV dan Resume Terupdate

Selain surat lamaran, apa yang mesti dibawa saat ke job fair berikutnya yaitu CV atau Resume terupdate. Oleh karena itu, pastikan kegiatan terakhir yang berhubungan dengan karir sudah dicantumkan pada CV atau resume.

Apabila Anda mempunyai dua tujuan posisi, maka bisa pastikan memiliki dua versi CV atau resume yang sesuai. Contohnya saja, untuk posisi content writer, maka Anda akan memberikan CV berisikan proyek-proyek kepenulisan.

Sementara itu, untuk posisi design graphic, Anda juga memberikan CV yang memuat proyek design. Jadi Anda harus bisa menyiapkan CV yang banyak.

3. Ijazah dan Transkrip Nilai

Apa yang mesti dibawa saat ke job fair selanjutnya, yaitu Ijazah dan Transkrip Nilai. Ijazah adalah sebuah file yang menunjukan bahwa Anda sudah berhasil menamatkan satu pendidikan.

Ijazah seperti identitas yang dapat membuat Anda masuk ke dalam kabin pesawat. Apabila ijazah belum dibagikan, maka biasanya sekolah akan mengeluarkan sebuah dokumen pengganti ijazah.

Hal ini tentunya untuk keperluan melamar kerja. Anda bisa memintanya ke bagian Tata Usaha Sekolah.



4. Identitas Diri

Apa yang mesti dibawa saat ke job fair berikutnya, yaitu Identitas Diri. Pastikan Anda mempunyai KTP, hal ini karena orang dewasa yang hanya diperbolehkan untuk bekerja.

Apabila Anda baru berusia 16 tahun namun sudah lulus sekolah dan tidak memiliki KTP, maka tidak bisa bekerja. Oleh karena itu, pastikan KTP sudah difotokopi. 

Memang saat ini sudah serba digital, namun syarat fotokopi KTP masih diberlakukan di beberapa kesempatan. Khususnya, ketika Anda ingin melamar kerja.

Baca juga: Cara melamar kerja di pt arta boga cemerlang

5. Sertifikat Penunjang

Apa yang mesti dibawa saat ke job fair terakhir yaitu sertifikat penunjang. Mulai dari sertifikat sebuah kompetensi atau prestasi, harus dipersiapkan semuanya. 

Dalam hal ini Anda harus memperbanyak mengcopy, karena bisa menjadi penunjang untuk membuat perusahaan melirik berkas Anda. Itu saja apa yang harus dibawa saat ke job fair.

Mulai dari surat lamaran sampai sertifikat penunjang, harus dibawa dalam satu tempat yang membuatnya rapi. Pastikan berkas Anda hanya membagikan copy-nya saja kepada perusahaan.

Pastikan juga Anda tahu tempat job fairnya agar tidak telat, bekal di tas, badan dan mental sehat, dan outfit yang digunakan tepat. Selain itu, siapkan uang untuk ongkos atau sekedar beli makanan.

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

6. Air Minum

Biasanya, job fair akan padat dan sangat pengap. Hal inilah yang membuat Anda berkeringat dan akhirnya merasa haus. Namun sayangnya, jarang ada yang menjual air minum di job fair. 

Sekalipun ada, pasti minuman yang dijual bukan air putih untuk melepas dahaga, namun minuman seperti kopi atau teh yang harganya sangat mahal. Oleh karena itu, Anda harus bisa membawa air minum sendiri untuk melepas dahaga. 

Jadi jangan sampai Anda kekurangan air dan tidak semangat menghadapi job fair. Diharapkan beberapa informasi diatas bisa Anda baca dengan jelas. Jadi apa yang mesti dibawa saat ke job fair tidak ada ketinggalan.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!